Keluarga

6 Ide Sederhana untuk Quality Time Bersama Keluarga

6 Ide Sederhana untuk Quality Time Bersama Keluarga

MOMSMONEY.ID - Ada banyak alasan bagi orang tua untuk tidak melakukan quality time bersama keluarga. Mulai dari sibuk karena pekerjaan, macet, atau kelelahan, semua hal itu sangat mudah mendorong para orang tua untuk menolak berkumpul bersama keluarga.

Meskipun dapat dimaklumi, namun sebuah penelitian sebagaimana dikutip dari Greensprings School menunjukkan bahwa keluarga yang para anggotanya kerap melakukan berbagai hal bersama dan menghabiskan waktu berkualitas bersama akan menjadikan anak-anak yang ada di dalam keluarga tersebut menjalani kehidupan yang bahagia dan sukses.

Kesimpulannya, jika  ingin anak-anak Anda berprestasi di sekolah dan bisa membangun fondasi karir yang baik, maka Anda harus memerhatikan waktu bersama keluarga dengan serius.

Untuk mewujudkannya, berikut MomsMoney bagikan 6 ide sederhana untuk quality time bersama keluarga.

1. Makan bersama

Makan malam bersama mungkin tidak akan mudah untuk dilakukan setiap hari terutama jika Anda dan pasangan sama-sama bekerja. Kemungkinan besar, Anda dan pasangan tidak bisa pulang tepat waktu, sementara makan malam yang terlambat tidak baik untuk anak-anak. Kendati demikian, tetaplah mengusahakan untuk makan bersama keluarga setidaknya satu kali dalam sehari.

Jika makan siang dan makan malam bersama keluarga hampir tidak mungkin untuk dilakukan selama hari kerja, maka pastikan untuk tidak melewatkan sarapan bersama. Intinya, selama punya waktu, selalu ingat untuk bergabung dengan keluarga Anda di meja makan ya.

Baca Juga: 5 Kiat Mengatasi Tantrum pada Anak di Tempat Umum

2. Memasak bersama

Sesekali, ajaklah seluruh anggota keluarga di rumah untuk bergabung ke dapur dan mempersiapkan makanan yang lezat. Meski terbilang sederhana, namun kegiatan ini layak Anda coba untuk quality time bersama keluarga. Anda dan keluarga dapat mencoba hidangan baru atau memasak makanan yang biasa disajikan.

Setelah memasak dan makan bersama, jangan lantas pergi begitu saja. Lanjutkanlah dengan membereskan meja makan dan membersihkan peralatan makan yang sudah digunakan secara bersama-sama guna memperpanjang quality time Anda bersama keluarga sekaligus meningkatkan kekompakan satu sama lain.

3. Bersih-bersih rumah bersama

Menata ulang rumah dan memindahkan perabotan untuk merapikan atau menyingkirkan barang-barang yang berantakan bisa menjadi cara yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Dengan begini, tugas yang seharusnya melelahkan akan terasa begitu ringan dan menyenangkan ketika dilakukan bersama keluarga.

Untuk memudahkan proses bersih-bersih, Anda bisa membagi tugas yang tentunya sesuai dengan usia dan kemampuan anggota keluarga. Misalnya, arahkan anak yang masih kecil untuk membereskan mainannya dan minta anak yang lebih besar untuk menyapu atau mengepel lantai.

Baca Juga: Penting Diajarkan, Ini 6 Teknik Manajemen Stres untuk Anak Remaja

4. Pergi piknik bersama

Tidak hanya menyenangkan, bepergian terutama di alam terbuka juga dapat menjadi cara yang menarik bagi anak-anak untuk belajar tentang dunia sekaligus memperkuat ikatan antaranggota keluarga.

Jadi, ajaklah keluarga untuk piknik setidaknya sebulan sekali atau selama musim liburan berlangsung. Anda bisa mengajak keluarga untuk mengunjungi taman nasional, kebun binatang, atau tempat wisata lainnya yang sekiranya menarik dan cocok untuk anak-anak.

5. Membaca buku bersama

Sebagai sebuah keluarga, memilih buku dan membacanya bersama dapat menjadi cara yang baik untuk quality time. Dengan membaca buku bersama, Anda akan membantu anak-anak Anda untuk memperluas pengetahuan dan kreativitas mereka.

Bonus lain dari kegiatan positif yang satu ini yaitu anak akan cenderung menjadikan aktivitas membaca sebagai kebiasaan yang juga bermanfaat bagi kehidupan akademis mereka.

6. Berolahraga bersama

Sama halnya dengan membaca, berolahraga bersama juga memiliki bonus. Selain sebagai cara untuk quality time bersama keluarga, berolahraga juga dapat membantu menjaga keluarga tetap bugar dan sehat. Yang paling penting, kegiatan ini akan terasa jauh lebih menyenangkan ketika dilakukan bersama-sama.

Anda dan keluarga dapat bersepeda atau jogging di sekitar rumah, pergi ke gym, atau berolahraga di dalam rumah jika memiliki peralatannya. Jika membiasakan olahraga pada anak-anak sedini mungkin, maka tidak sulit bagi mereka untuk membawa kebiasaan positif ini hingga mereka dewasa.

Moms, tidak peduli seberapa sibuknya, Anda tetap harus berusaha untuk quality time bersama keluarga. Jadikanlah kesempatan bersama keluarga sebagai bagian dari jadwal. Karena, menyempatkan diri untuk menghabiskan waktu bersama keluarga adalah salah satu cara untuk menunjukkan betapa Anda mencintai keluarga.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News