HOME, Keluarga

6 Ide Memanfaatkan Ruang Kosong di Bawah Tangga, Bisa Dicoba!

6 Ide Memanfaatkan Ruang Kosong di Bawah Tangga, Bisa Dicoba!

MOMSMONEY.ID - Bila Anda tinggal di rumah dengan dua lantai, mungkin Anda pernah mendapati adanya ruang kosong di bawah tangga.

Bagi sebagian orang, keberadaan ruang kosong ini bisa terasa sedikit canggung dan mengganggu. Namun, pada kenyataannya ruang kosong ini bisa disulap menjadi berbagai area yang bermanfaat, lo. Mulai dari area kerja hingga bersantai, ruang kosong di bawah tangga pun akan berubah menjadi fungsional dalam waktu singkat.

Nah, jika Anda sedang mencari-cari ide untuk mengisi ruang kosong di bawah tangga, berikut beberapa ide yang bisa digunakan. Yuk, simak di bawah ini!

Baca Juga: Bikin Keren, Simak 4 Tips Memajang Benda Koleksi di Rumah

Tempat penyimpanan

Salah satu cara termudah untuk memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga adalah dengan menyulapnya menjadi tempat penyimpanan, misalnya menyimpan sepatu hingga buku. Dilansir dari Bobvila, Anda bisa menggunakan penyimpanan dengan gaya apapun, mulai dari rak built-in, rak ambalan, hingga laci tersembunyi.

Area bermain

Anda punya anak-anak kecil yang suka bermain di rumah? Jika tersedia cukup ruang, coba ubah area di bawah tangga menjadi rumah-rumahan kecil untuk mereka. Tambahkan karpet lembut dan mainan-mainan supaya mereka bisa bermain dengan leluasa di bawah tangga.

Area bersantai

Jika Anda butuh tempat khusus untuk membaca buku atau mendengarkan musik, tak ada salahnya mengubah ruang kosong di bawah tangga sebagai tampat bersantai. Tinggal tambahkan sofa empuk, bantal, dan pencahayaan yang lembut, Anda pun bisa bebas bersantai kapan saja.

Baca Juga: 4 Tips Bikin Perpustakaan di Rumah, Simpel dan Nyaman!

Area kerja

Walaupun saat ini sudah banyak kantor yang kembali menerapkan kebijakan work from office, nyatanya kebutuhan akan area kerja khusus di rumah masih tetap ada. Dikutip dari Country Living, coba manfaatkan area bawah tangga sebagai area kerja dengan menambahkan meja, kursi, dan lampu meja. Bahkan, Anda juga bisa menambahkan rak di bagian atas meja.

Baca Juga: Tips Membersihkan Gelas Kaca yang Pecah, Tak Perlu Khawatir Terluka!

Tempat pajangan

Butuh area khusus untuk memajang dekorasi dan benda-benda koleksi di rumah Anda? Mudah saja, cukup gunakan ruang kosong di bawah tangga dengan memasang rak, lalu letakkan dekorasi dan benda koleksi yang ingin dipamerkan. Anda bisa menggunakan rak built-in atau rak ambalan yang minimalis.

Rumah hewan peliharaan

Terakhir, area kosong di bawah tangga bisa dimanfaatkan sebagai rumah atau area bersantai bagi hewan peliharaan. Anda bisa membangun area khusus lengkap dengan pintu atau jeruji besi khusus, meletakkan kandang, hingga menempatkan tempat tidur khusus peliharaan di bawah tangga.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan area kosong di bawah tangga. Kira-kira, ide mana yang menurut Anda paling menarik?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News