HOME, Keluarga

6 Hal yang Bikin Rumah Gampang Berdebu, Rutin Bersihkan Yuk!

6 Hal yang Bikin Rumah Gampang Berdebu, Rutin Bersihkan Yuk!

MOMSMONEY.ID - Rumah yang berdebu memang dapat mengganggu kenyamanan di dalam rumah. Selain membuat rumah terasa kotor, debu yang menumpuk juga dapat menimbulkan sederet masalah kesehatan bagi penghuni rumah tersebut.

Membersihkan rumah merupakan cara termudah untuk menyingkirkan debu yang menumpuk di rumah. Namun, adakalanya rumah tetap terasa berdebu, padahal sudah rajin dibersihkan.

Nah, untuk mengatasi debu tersebut, hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengidentifikasi apa saja penyebab kedatangan debu di rumah. Jadi, debu pun bisa berkurang secara signifikan dan membuat rumah terasa lebih bersih.

Apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan rumah mudah berdebu? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: 5 Kesalahan Umum Saat Menggunakan AC, Bikin Boros Listrik!

Filter AC

Dikutip dari Homedit, filter HVAC yang biasanya digunakan pada air conditioner atau AC dapat menjadi penyebab debu di dalam rumah. Jika tidak rutin dibersihkan, debu dan kotoran yang terperangkap di dalam filter dapat kembali masuk dan menyebar ke seluruh rumah, sehingga membuat rumah terasa berdebu dan kotor.

Karpet

Jika Anda menggunakan karpet di rumah, ada kemungkinan karpet tersebut menjadi tempat penumpukan debu sehingga turut menyebarkan debu di dalam rumah. Untuk meminimalisir rumah yang berdebu karena karpet, bersihkan dengan vacuum cleaner dan cuci secara rutin.

Tirai jendela

Selain karpet, tirai jendela juga dapat menjadi tempat penumpukan debu dari jendela, lantai, dan udara di sekitarnya. Supaya debu dari tirai tidak semakin menumpuk, cobalah untuk menggunakan tirai yang tidak “jatuh” ke lantai dan cuci tirai minimal setahun sekali.

Baca Juga: Berisiko, Ini 4 Kesalahan Saat Menggunakan Pemutih Pakaian

Furnitur

Melansir laman Home Air Guides, furnitur upholstery seperti sofa tergolong mudah mengumpulkan debu, terutama jika sofa tersebut dilapisi dengan kain.

Jika diduduki, debu yang terkumpul di sofa dapat beterbangan dan menempel ke seluruh penjuru rumah, sehingga memberikan kesan rumah yang berdebu. Sebaiknya, bersihkan sofa Anda dengan vacuum cleaner secara rutin untuk mengurangi penumpukan debu.

Baca Juga: Kloset Duduk vs Kloset Jongkok, Mana yang Sebaiknya Digunakan?

Jendela dan pintu

Jendela dan pintu rumah yang dibiarkan terbuka begitu saja dapat menjadi jalan bagi debu dan kotoran untuk memasuki rumah. Hal yang sama juga berlaku untuk celah di antara jendela dan pintu.

Untuk mengatasinya, hindari membuka jendela dan pintu rumah terlalu lama dan tutup celah-celah jendela dan pintu. Debu dan kotoran yang masuk ke rumah akan berkurang.

Hewan peliharaan

Mengutip Bobvila, hewan peliharaan kerap meninggalkan bulu dan ketombe yang mengotori rumah. Jika menumpuk, bulu dan ketombe pada hewan peliharaan juga dapat memberi kesan rumah yang kotor dan berdebu.

Oleh karena itu, pastikan Anda rutin memandikan dan menyisir bulu hewan peliharaan di rumah. Sebagai tambahan, lakukan vacuum pada area-area yang sering dilalui dan ditempati hewan peliharaan tersebut.

Itulah beberapa hal yang dapat membuat rumah mudah berdebu. Yuk, mulai perhatikan hal-hal tersebut untuk mewujudkan rumah yang bersih dan nyaman!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News