Santai

6 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan Saat Nyepi, Turis Wajib Tahu

6 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan Saat Nyepi, Turis Wajib Tahu

MOMSMONEY.ID - Jika Anda merupakan turis yang sedang berlibur ke Bali saat Nyepi, catat, ya, beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat Hari Raya Nyepi berikut ini.

Nyepi merupakan salah satu hari raya besar yang dirayakan oleh umat Hindu. Hari Raya Nyepi masih dilakukan sesuai adat yang telah ditetapkan tepatnya di Pulau Bali.

Dikenal sebagai silence day atau hari tenang, ada beberapa larangan yang tidak boleh turis dilakukan saat sedang Nyepi.

Jika Anda adalah turis yang sedang menjalani liburan atau tinggal di Bali, berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat Hari Raya Nyepi di Bali:

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi 2023 Bahasa Bali untuk Dibagikan di Medsos

Menyalakan lampu kamar

Merupakan salah satu hal yang sulit untuk dilakukan, namun umat Hindu di Bali yang sedang merayakan Nyepi biasanya tidak akan menyalakan lampu ataupun tenaga listrik lainnya.

Hal tersebut wajib dilakukan bagi turis atau pendatang yang tinggal di daerah area yang melakukan ritual Nyepi.

Memutar musik dengan keras

Memutar musik dengan keras atau membuat keributan juga merupakan hal yang dilarang saat perayaan Hari Raya Nyepi di Bali.

Jika tidak ikut merayakan Hari Raya Nyepi, pastikan untuk selalu menggunakan headset atau earphone untuk menikmati musik yang ingin didengarkan.

Beraktivitas di luar area hotel

Bagi turis atau pendatang yang saat ini sedang berada di Bali, semua aktivitas wajib dilakukan di dalam area hotel saja.

Beraktivitas di luar hotel seperti jalan-jalan, berolahraga, bahkan menggunakan kendaraan untuk menikmati Bali yang sedang sepi dan tenang pun juga dilarang saat sedang merayakan Hari Raya Nyepi.

Baca Juga: Download Spanduk Hari Raya Nyepi 2023 Gratis dan Praktis, Cek Sekarang

Bergantung pada staf hotel

Pada saat perayaan Nyepi di Bali tentunya akan banyak staf hotel yang beragama Hindu sedang dalam melakukan ritual Nyepi.

Sehingga, tidak akan ada banyak staf hotel yang bisa membantu memenuhi keinginan karena terbatasnya jumlah staf hotel maupun kantor yang bekerja pada saat perayaan Hari Raya Nyepi.

Melakukan perjalanan jauh

Dalam ritual perayaan Hari Raya Nyepi biasanya bandara dan tempat transportasi umum lainnya juga akan berhenti beroperasi.

Kecil kemungkinan ada transportasi umum yang dapat digunakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh maupun dekat termasuk menggunakan transportasi udara seperti pesawat.

Mengakses internet

Selain listrik yang diputus, biasanya koneksi internet pun juga ikut diputus saat sedang Nyepi. Jadi, jika memiliki tanggungan pekerjaan online, sebaiknya selesaikanlah sebelum Nyepi tiba.

Namun, tak perlu khawatir, biasanya ada juga beberapa hotel yang masih memberikan akses listrik dan internet bagi pengunjungnya. Cobalah untuk memastikan hal tersebut pada staf hotel, ya.

Itulah tadi beberapa daftar kegiatan yang tidak boleh dilakukan saat Nyepi. Jangan lupa untuk mencatatnya, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News