Santai

6 Film Indonesia Bertema Guru, Cocok Ditonton Saat Hari Guru Nasional

6 Film Indonesia Bertema Guru, Cocok Ditonton Saat Hari Guru Nasional

MOMSMONEY.ID - Simak beberapa rekomendasi film Indonesia yang menceritakan tentang kehidupan guru dan sekolah, cocok ditonton saat peringatan Hari Guru Nasional.

Menyambut Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November mendatang, menonton film dengan tema tentang guru bisa menjadi pilihan.

Kisahnya yang menginspirasi dan hangat bisa menjadi tontonan untuk memperingati hari Guru sekaligus mengenang jasa para guru.

Baca Juga: Sinopsis Film The Menu, Ketika Makan Malam Mewah Berubah Jadi Menegangkan

Berikut adalah beberapa rekomendasi film Indonesia yang memiliki tema cerita tentang guru:

Sokola Rimba

Film yang terinspirasi dari kisah nyata ini mengungkap perjuangan seorang perempuan bernama Butet Manurung. Ia bekerja di sebuah lembaga konservasi namun memiliki keinginan kuat untuk mengajar.

Usahanya tersebut dimulai dengan perannya menjadi guru dan memberikan edukasi serta pendidikan pada kaum terpencil di desa Jambi yang belum tersentuh pendidikan sama sekali. Film ini dibintangi oleh Prisia Nasution.

Tanah Surga Katanya

Seorang guru dan dokter ditugaskan untuk mengabdi di daerah terpencil di Kalimantan. Saat sedang melakukan tugasnya, mereka kemudian menyadari bahwa di daerah tersebut sangat minim pendidikan dan rasa nasionalisme.

Mirisnya, para penduduk di daerah perbatasan Kalimantan malah lebih mengenal Malaysia dibanding negaranya sendiri. Dari situ, keduanya memulai perannya sebagai guru untuk memberikan edukasi tentang pendidikan dan nasionalisme pada penduduk di sana.

Baca Juga: 30 Poster Hari Guru Paling Kreatif 2022, Greeting Card Happy Teacher Day

Laskar Pelangi

Merupakan film yang laris dan diadaptasi dari buku berjudul sama karya Andrea Hirata, Laskar Pelangi juga menampilkan tentang bagaimana kehidupan para guru di pedalaman. Film ini mengambil latar kehidupan pendidikan di daerah Belitung.

Mengisahkan tentang perjuangan dua orang guru yang berusaha untuk mempertahankan sekolah agar tidak ditutup. Hingga kemudian, mereka mendapatkan sepuluh murid baru dengan kepribadian berbeda tapi tetap bersemangat untuk mengajar mereka.

Negeri 5 Menara

Film yang satu ini juga memiliki tema tentang kehidupan para guru. Kisahnya mengikuti seorang guru yang selalu menginspirasi dan memotivasi muridnya untuk mengejar impian dan cita-cita mereka.

Film yang berlatar di kehidupan pondok pesantren ini juga memberikan pesan untuk menjadi guru yang positif serta memiliki pemikiran terbuka untuk bisa mengenal muridnya di tengah perkembangan jaman.

Baca Juga: Sinopsis First Love, Serial Romantis Jepang Terinspirasi dari Lagu Utada Hikaru

Guru-guru Gokil

Merupakan film komedi yang memiliki tema kehidupan para guru, film ini bercerita tentang seorang guru bernama Taat yang memiliki ambisi tinggi untuk sukses dan mendapatkan banyak uang.

Suatu keadaan mengharuskan ia untuk bekerja menjadi guru di sebuah sekolah. Sebuah peristiwa pun terjadi di sekolah tersebut yang mengubah cara pandang Taat tentang uang, kesuksesan, dan dedikasi besar seorang guru.

Guru Besar Tjokroaminoto

Guru Besar Tjokroaminoto yang merupakan film biografi dibintangi oleh Reza Rahadian, Chritoffer Nelwan, dan Putri Ayudya.

Di tahun 1912, aktivis Jawa, Omar Said Tjokroaminoto, yang merupakan wakil pendiri Serikat Islam, berusaha untuk memperjuangkan ketidakadilan Belanda dalam menjajah Indonesia, terutama dalam pendidikan formal dan agama.

Film ini merupakan film biografi politik yang menceritakan banyak sejarah perjuangan pahlawan Tjokroaminoto.

Nah, itulah tadi sederet rekomendasi film Indonesia bertema guru yang bisa ditonton untuk memperingati Hari Guru Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News