HOME, Santai

6 Fakta Menarik Hari Raya Idul Fitri yang Perlu Anda Tahu!

6 Fakta Menarik Hari Raya Idul Fitri yang Perlu Anda Tahu!

MOMSMONEY.ID - Mumpung sedang merayakan Hari Raya Idul Fitri, simak beberapa fakta menarik tentang Idul Fitri supaya menambah keimanan di hari kemenangan ini, yuk!

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang spesial bagi Umat Muslim di berbagai belahan dunia. Idul Fitri dilakukan setelah Umat Muslim melakukan puasa selama sebulan penuh.

Lantas, apa saja fakta-fakta menarik saat Hari Raya Idul Fitri tiba? Dirangkum dari The Culture Trip dan Fun Kids Live, yuk baca artikel di bawah ini!

Baca Juga: 4 Ide Masak Aneka Olahan Telur yang Bisa Dimasak Super Cepat

Perayaan setelah berpuasa

Fakta pertama, Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan atau perayaan setelah sebulan penuh berpuasa.

Puasa dilakukan oleh Umat Muslim yang dewasa yang telah mampu untuk berpuasa. Saat puasa, tak hanya menahan haus dan lapar saja, tapi juga menahan hawa nafsu.

Baca Juga: 3 Cara Bikin Adonan Roti ala Bakery yang Lembut dan Kalis

Penampakan hilal

PEMANTAUAN HILAL

Fakta kedua, Hari Raya Idul Fitri baru akan terjadi apabila telah muncul hilal. Hilal merupakan objek yang dapat diamati untuk menentukan awal bulan. Ini dilakukan menurut perhitungan Kalender Islam yang berkiblat pada peredaran bulan.

Baca Juga: Ingin Masakanmu Sedap? Intip 4 Bumbu Dapur yang Bikin Masakan Jadi Wangi

Mandi & berpakaian bersih

Tradisi Lebaran Idul Fitri

Fakta ketiga, pada hari pertama perayaan Idul Fitri, Umat Muslim di seluruh dunia berbondong-bondong menyucikan diri dengan mandi, keramas, hingga memakai pakaian bersih.

Mandi dan berpakaian bersih saat Hari Raya Idul Fitri merupakan simbol perlambangan gagasan pembaruan spiritual sekaligus sebuah bentuk penghormatan terhadap Allah SWT.

Baca Juga: Sering Masak Ikan Goreng? Intip 4 Cara Menggoreng Ikan Tanpa Takut Minyak Meletup

Zakat Fitrah

Fakta keempat, Umat Muslim yang mampu secara finansial wajib melakukan zakat fitrah terakhir sebelum Salat Ied pada Hari Raya Idul Fitri.

Zakat Fitrah sendiri memiliki ketentuan yakni sebesar 2,5% dari pendapatan.

Zakat Fitrah dimaksudkan supaya memungkinkan masyarakat yang lebih miskin untuk tetap bisa merayakan perayaan Hari Raya Idul Fitri yang mewah seperti yang lainnya.

Baca Juga: Suka Memasak Sayur? Ini 3 Cara Agar Nutrisi dalam Sayuran Tidak Hilang

Bukan hanya untuk Umat Muslim

Fakta kelima, di berbagai belahan dunia, khususnya di negara minoritas Muslim, perayaan Hari Raya Idul Fitri tak hanya dilakukan oleh Umat Muslim saja, tapi juga untuk non-Muslim.

Di negara minoritas Muslim, umat dari berbagai agama didorong untuk mengunjungi rumah-rumah Umat Muslim untuk bergabung dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri dengan menikmati makanan tradisional, hingga bertukar hadiah bersama.

Baca Juga: Resep Caramel Popcorn Spesial untuk Temani Waktu Santaimu

Berbagai nama “Idul Fitri”

Fakta keenam, perayaan Hari Raya Idul Fitri memiliki nama yang berbeda di setiap negara. Jika di Indonesia namanya adalah “Lebaran”, maka di Malaysia adalah “Aidil Fitri”.

Di Senegal, Hari Raya Idul Fitri dinamakan “Korite”. Sementara di Azerbaijan & Turki dinamakan “Ramazan Bayrami”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News