Santai

6 Efek Samping Terlalu Sering Minum Kopi, Bukan Cuma Bikin Ketagihan

6 Efek Samping Terlalu Sering Minum Kopi, Bukan Cuma Bikin Ketagihan

MOMSMONEY.ID - Tak selamanya baik, terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa memberikan dampak negatif juga, loh.

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang banyak digandrungi saat ini. Hingga tak jarang banyak orang mulai mengonsumsinya secara berlebihan.

Padahal ada beberapa dampak buruk yang bisa muncul karena terlalu sering mengonsumsi kopi.

Ini dia beberapa dampak buruk terlalu banyak mengonsumsi kopi bagi kesehatan.

Baca Juga: Deretan 6 Jenis Minuman untuk Mood Booster yang Mudah Dijumpai

Ketagihan

Dampak ini merupakan dampak paling umum yang banyak dirasakan para penikmat kopi. Secara tidak langsung, meminum kopi bisa menyebabkan ketagihan saat diminum secara rutin dengan tujuan apa pun.

Ketagihan kopi bisa memberikan dampak ketagihan psikologis dan fisik jika dikonsumsi dalam dosis tinggi. Semakin sering mengonsumsi kopi dengan rutin maka kemungkinan untuk ketagihan juga semakin tinggi.

Anxiety

Kecemasan bisa dengan mudah muncul karena terlalu banyak mengonsumsi kopi. Laman Health Line menyebutkan bahwa kafein bisa meningkatkan kewaspadaan tubuh.

Caranya dengan menekan cairan otak yang membuat tubuh merasa lelah dan meningkatkan adrenalin dan hormon “fight or flight” yang diasosiasikan dengan peningkatan energi. Dalam dosis yang tinggi, efek ini bisa memicu munculnya anxiety atau kecemasan dan panik.

Baca Juga: Habis Makan Malah Ngantuk? Kok Bisa, Ya? Ini Penyebab dan Penjelasannya

Insomnia

Minuman berkafein akan membuat orang menjadi terjaga dan jam tidur jadi terganggu. Akibatnya banyak orang yang ketagihan minum kopi mengalami gangguan tidur seperti insomnia.

Melansir dari laman Style Craze, terlalu banyak mengonsumsi kopi tak hanya bisa memberikan dampak insomnia saja. Melainkan juga efek samping lain seperti gemetar, kurang tidur, dan palpitasi.

Masalah perut

Gangguan umum yang juga sering dirasakan karena terlalu banyak mengonsumsi kopi adalah masalah perut. Rasa asam yang terkandung di dalam kopi bisa menstimulasi perut untuk memproduksi lebih banyak cairan asam.

Kafein pada kopi juga bisa meningkatkan kadar asam lambung serta masalah perut lainnya seperti mual, kram, diare, dan juga kembung.

Baca Juga: 5 Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah, Pelajari Cara Membuatnya

Darah tinggi

Siapa sangka jika terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa menyebabkan darah tinggi. Kafein yang terkandung dalam kopi bisa meningkatkan darah tinggi pada tubuh orang yang mengonsumsinya secara berlebihan, dibanding dengan yang jarang mengonsumsinya.

Walau tidak meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, namun kafein terbukti meningkatkan darah tinggi dalam beberapa studi. Karena efek stimulannya pada sistem saraf.

Kelelahan

Meski kafein memberikan efek untuk menambah energi, kafein bisa memicu kelelahan ketika efek tersebut menghilang dari tubuh.

Studi dari laman Health Line juga mengungkap bahwa minuman berkafein yang menambah energi biasanya meningkatkan kewaspadaan dan memperbaiki mood dalam beberapa jam saja.

Namun rasa lelah berlebihan akan didapatkan setelah efek tersebut mereda. Hal inilah yang kemudian memicu munculnya ketagihan.

Nah, itulah tadi dampak terlalu banyak mengonsumsi kopi. Mulai coba kurangi, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News