Bugar

6 Ciri-Ciri Wajah Tidak Cocok dengan Produk Skincare

6 Ciri-Ciri Wajah Tidak Cocok dengan Produk Skincare

MOMSMONEY.ID - Jangan sembarangan menggunakan skincare, Anda perlu mengenali ciri-ciri wajah yang tidak cocok dengan skincare.

Setiap kandungan skincare akan bereaksi berbeda-beda pada kulit wajah tiap orang. Wajah yang tidak cocok dengan skincare memberikan efek tidak nyaman dan mengganggu penampilan. 

Berikut beberapa ciri-ciri wajah yang tidak cocok dengan skincare, dilansir dari jovee.id, yaitu: 

1. Muncul jerawat atau breakout

Ciri-ciri wajah tidak cocok dengan skincare adalah muncul jerawat atau breakout. 

Untuk menentukan apakah produk skincare yang Anda gunakan memang adalah sumber munculnya jerawat, sebaiknya beri waktu bagi kulit untuk menyesuaikan diri.

Perhatikan dengan cermat setiap perubahan yang terjadi. Sebaiknya, saat berganti ke produk skincare baru, cobalah satu per satu.

Tujuannya, agar Anda bisa mengidentifikasi reaksi dari masing-masing produk skincare selama beberapa saat.

Setidaknya, tunggu selama 2-3 minggu untuk melihat reaksi produk skincare baru terhadap kulit sebelum menggunakan produk skincare baru lainnya.

Baca Juga: Jarang Diketahui Orang, Ini Sederet Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan

2. Muncul ruam pada wajah

Ciri-ciri wajah tidak cocok dengan skincare selanjutnya adalah muncul ruam pada wajah. 

Jika Anda menggunakan skincare baru dan muncul ruam pada wajah, hal ini bisa menjadi indikator besar reaksi alergi sebagai respons terhadap penggunaan produk kosmetik tertentu.

Formula bahan-bahan yang terkandung dalam skincare bisa saja mengandung bahan non-alergi yang tidak aktif. Bahan yang seperti ini biasanya digunakan untuk memberi aroma dan memberi warna pada skincare.

Bahan-bahan ini relatif aman. Tetapi, pada sebagian orang sensitif, dapat menimbulkan iritasi yang ditandai dengan ruam pada kulit.

Baca Juga: 6 Manfaat Sea Salt untuk Perawatan Kulit, Menarik Dicoba

3. Kulit menjadi merah dan kering

Kemudian, kulit menjadi merah dan kering. Tanda ini merupakan indikasi iritasi dan harus segera dihentikan. Saat kulit meradang, hal ini dapat menyebabkan dispigmentasi atau berack yang tidak diinginkan.

Segera konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat untuk mengurangi rasa gatal dan kering.

4. Wajah terasa terbakar atau tersengat

Wajah terasa terbakar atau tersengat juga termasuk ciri-ciri wajah tidak cocok dengan skincare. 

Produk skincare yang mengandung bahan aktif seringkali (meskipun tidak selalu) memiliki efek sensasi kesemutan atau tingling sensation yang berlangsung sesaat.

Jika yang Anda rasakan berlangsung selama bermenit-menit, terasa perih atau terbakar setelah menggunakan produk, atau jika kulit menunjukkan perubahan warna menjadi kemerahan setelah lebih dari satu jam setelah aplikasi, segera bersihkan kulit dari produk skincare tersebut.

Bahan kimia tertentu dalam produk skincare yang Anda gunakan bisa jadi terlalu kuat untuk jenis kulit yang sensitif.

Bahkan untuk pemilik kulit normal sekalipun, dapat mengalami sensasi terbakar yang tidak diinginkan saat menggunakan beberapa produk skincare.

Baca Juga: Promo Superindo Hari Ini 22-25 Mei 2023, Diskon 50% di Superindo Terdekat

5. Kulit terasa gatal

Ciri-ciri wajah tidak cocok berikutnya adalah kulit terasa gatal. Wewangian adalah salah satu pemicu utama dalam beberapa produk kecantikan yang mengiritasi kulit.

Jika Anda merasakan gatal-gatal setelah menggunakan produk skincare tertentu, segera konsultasikan dengan dokter mengenal alergen potensial yang mungkin Anda alami.

Sebaiknya, hindari produk skincare yang mengandung tambahan wewangian untuk mencegah terjadinya reaksi alergi.

6. Muncul benjolan pada kulit wajah

Ciri wajah tidak cocok skincare lainnya adalah muncul benjolan pada kulit wajah. Timbulnya benjolan ini menunjukkan bahwa kulit Anda sedang meradang dan teriritasi.

Namun, sebagian besar benjolan tidak menunjukkan alergi terhadap suatu bahan skincare. Biasanya, timbulnya benjolan kecil pada kulit wajah lebih condong ke arah dermatitis.

Segera hentikan penggunaan produk skincare yang dicurigai tidak cocok. Biasanya, skincare yang mengandung vitamin A atau vitamin C yang berisiko lebih besar mengiritasi kulit.

Sekarang Anda sudah tahu ciri-ciri wajah yang tidak cocok dengan skincare. Jika mengalami reaksi di atas, segera hentikan pemakaian produk skincare.

Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi kulit wajah Anda agar mendapatkan perawatan dan pilihan produk skincare yang lebih cocok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News