6 Cara untuk Membantu Menghilangkan Rasa Gatal Akibat Psoriasis

Reporter: Ana Risma
Senin, 15 Agustus 2022 | 20:10 WIB
6 Cara untuk Membantu Menghilangkan Rasa Gatal Akibat Psoriasis


MOMSMONEY.ID - Psoriasis sebagaimana dikutip dari National Psoriasis Foundation adalah penyakit disfungsi sistem kekebalan yang menyebabkan peradangan di dalam tubuh. Selain ditandai dengan ruam dan kulit bersisik, salah satu gejala psoriasis lainnya yang tak terhindarkan adalah rasa gatal pada kulit.

Umumnya, rasa gatal akibat psoriasis cenderung sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan rentan menimbulkan keinginan untuk menggaruknya. Namun, menggaruk kulit yang mengalami psoriasis wajib dihindari karena bisa memicu peradangan tambahan sekaligus memperkuat rasa gatal.

Untuk solusi terbaik, terapkanlah 6 cara yang dilansir dari Brentwood Dermatology berikut ini untuk membantu menghilangkan rasa gatal akibat psoriasis dengan tepat.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

1. Pakai moisturizer

Menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembab adalah salah satu hal paling efektif untuk mencegah rasa gatal yang mengganggu akibat psoriasis. Penggunaan moisturizer akan membantu mengurangi kemerahan, melembutkan kulit bersisik, mendorong penyembuhan yang optimal, dan meringankan rasa gatal.

Untuk memberikan sensasi yang menyejukkan pada kulit, Anda dapat menyimpan produk moisturizer atau lotion Anda di lemari es terlebih dahulu sebelum digunakan.

2. Hindari pemicu psoriasis

Guna mengurangi frekuensi kekambuhan sekaligus mengatasi gatal yang mengganggu secara langsung, disarankan bagi Anda untuk menghindari pemicu psoriasis itu sendiri. Kemungkinan, pemicu psoriasis pada setiap orang berbeda-beda. Bagi sebagian orang, kondisi psoriasis mereka akan bergejolak saat terpapar alkohol, sementara yang lain dipicu oleh cuaca panas.

Jika Anda tidak yakin dengan pemicu psoriasis Anda, kunjungilah dokter kulit bersertifikat.

3. Mandi air dingin

Air panas dan mendidih dapat mengiritasi kulit dan meningkatkan rasa gatal akibat psoriasis.

Alih-alih mandi air panas, mandilah menggunakan air dingin dalam waktu singkat guna menenangkan kulit serta tambalan psoriasis yang mungkin Anda miliki. Anda juga bisa berendam di dalam larutan garam epsom atau oatmeal untuk melegakan kulit.

Baca Juga: Punya Banyak Bintik Kecoklatan di Kulit? Bisa Jadi Ini Gejala Lentigo

4. Kurangi stres

Stres bisa menjadi pemicu kekambuhan psoriasis bagi banyak orang. Jika stres sering memicu kondisi psoriasis Anda, maka Anda patut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang bisa menekan stres.

Beberapa contoh kegiatan yang layak Anda biasakan untuk membantu mengelola stres dengan lebih baik sekaligus mengurangi rasa gatal akibat psoriasis adalah yoga, meditasi, dan latihan pernapasan.

5. Coba perawatan topikal

Krim anti-gatal tertentu seperti lotion calamine, aloe vera, dan steroid topikal telah terbukti mampu membantu meredakan gatal akibat psoriasis.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk mencoba perawatan topikal, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu guna menemukan produk mana yang aman dan sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

6. Kunjungi dokter kulit

Jika rasa gatal Anda akibat psoriasis tak kunjung mereda, pertimbangkanlah untuk segera mengunjungi dokter kulit bersertifikat di daerah Anda guna merencanakan perawatan psoriasis yang dipersonalisasi.

Dokter akan membantu mengungkap pemicu psoriasis Anda dengan jelas, menentukan perawatan topikal yang tepat, serta memberikan rekomendasi gaya hidup yang sesuai untuk mengurangi rasa gatal akibat psoriasis.

Nah, itulah 6 cara untuk membantu menghilangkan rasa gatal akibat psoriasis. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dipraktikkan ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER