Keluarga

6 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Tinggi Badan Anak

6 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Tinggi Badan Anak

MOMSMONEY.ID - Ukuran tinggi badan anak menjadi salah satu tanda kesehatan yang baik. Selain gen, tinggi badan anak juga dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal seperti kondisi tempat tinggal dan pola makan yang sehat.

Oleh sebab itu, para orang tua dengan tinggi badan standar tetap bisa meningkatkan peluang bagi anak-anaknya untuk tumbuh lebih tinggi melalui cara-cara sederhana.

Dilansir dari FirstCry Parenting, inilah 6 cara sederhana untuk meningkatkan tinggi badan anak yang dapat orang tua praktikkan.

1. Pastikan anak mendapat nutrisi yang tepat

Memastikan anak mendapat nutrisi yang tepat merupakan aspek terpenting untuk meningkatkan tinggi badan mereka. Supaya anak tumbuh tinggi, berikan mereka diet seimbang yang mencakup protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin dalam proporsi yang benar.

Anda juga harus memastikan anak menjauhi junk food sepanjang waktu seperti burger, kentang goreng, dan minuman bersoda. Sebagai gantinya, berikan anak makanan kaya zinc seperti biji labu dan kacang tanah sebagai camilan.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Memperbaiki Makeup yang Terlihat Seperti Dempul

2. Ajak anak latihan stretching

Meskipun sederhana, faktanya latihan stretching atau peregangan dapat berdampak besar pada tinggi badan anak. Jika dibiasakan sedari dini, latihan stretching akan memudahkan proses pertumbuhan tinggi badan anak dengan membantu memanjangkan tulang belakang serta memperbaiki postur mereka setiap saat.

Pertama-tama, arahkan anak untuk berdiri dengan punggung menempel ke di dinding. Kemudian, minta anak untuk meregangkan otot-otot di kakinya sembari tangannya meraih ke atas secara bersamaan. Atau, ajarkan anak untuk duduk di lantai dengan kaki terbuka lebar dan lengan menjangkau jari-jari di kedua kaki mereka.

3. Ajarkan anak untuk olahraga skipping

Skipping merupakan salah satu latihan fisik yang tidak hanya bagus untuk jantung, tetapi juga bermanfaat untuk membantu anak tumbuh lebih tinggi.

Ketika anak melompat, tubuh mereka akan membentang sepenuhnya dan mendorong pertumbuhan vertikal. Termasuk latihan kardio yang luar biasa, skipping juga akan membuat tubuh anak tetap bugar dan aktif.

4. Latih anak untuk berenang

Renang adalah latihan seluruh tubuh yang mampu melatih semua otot di tubuh dengan efek yang luar biasa. Berenang untuk waktu yang lama dapat membantu anak menghilangkan kelebihan lemak sekaligus membuatnya lebih sehat secara keseluruhan.

Melibatkan banyak peregangan ke depan, latihan renang akan memperkuat tulang belakang dan meletakkan dasar untuk tubuh yang tinggi serta sehat.

5. Pastikan anak tidur dengan cukup setiap hari

Melewatkan tidur sesekali memang tidak akan memengaruhi pertumbuhan anak dalam jangka panjang. Namun, sebagai orang tua, Anda tetap harus memastikan anak mendapatkan tidur yang cukup selama 8 jam setiap malam agar mereka menjadi lebih tinggi dan kuat.

Pada saat tidur, hormon pertumbuhan pada anak-anak yaitu Human Growth Hormone (HGH) akan dilepaskan. Dikarenakan hormon ini memainkan peran langsung dalam membuat anak tumbuh lebih tinggi, jadi Anda wajib memastikan anak tidak melewatkan tidur secara terus-menerus ya Moms.

6. Biasakan anak untuk beraktivitas di luar ruangan

Sinar matahari adalah sumber vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan otot dan tulang anak yang mana pada gilirannya akan membantu meningkatkan tinggi badan mereka.

Vitamin D juga dapat membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan yang anak konsumsi. Oleh sebab itu, doronglah anak Anda untuk rutin berjemur setiap pagi dan bermain di bawah sinar matahari.

Saat matahari sedang terik-teriknya, jangan lupa untuk memakaikan tabir surya ke seluruh bagian tubuh anak yang terbuka guna melindungi kulit mereka dari sinar UV matahari yang berbahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News