Keluarga

6 Cara Merasa Kenyang Walau Makan Sedikit, Hindari Main Gadget Saat Makan!

6 Cara Merasa Kenyang Walau Makan Sedikit, Hindari Main Gadget Saat Makan!

MOMSMONEY.ID - Mau menurunkan berat badan? Simak 6 cara merasa kenyang walau makan sedikit yang patut Anda praktikkan.

Rasa lapar mungkin menjadi salah satu masalah yang kerap menggagalkan usaha dalam menurunkan berat badan. Jika Anda mudah tergoda, perut yang keroncongan akan mengarahkan Anda untuk mengambil sepiring penuh makanan demi merasa kenyang.

Padahal, ada cara untuk membantu mengekang nafsu makan tanpa membuat perut keroncongan.

Melansir laman Livestrong.com, seorang ahli diet di The NY Nutrition Group bernama Chelsea Oarr, RD, CDN, membagikan 6 cara merasa kenyang walau makan sedikit. Simak penjelasannya berikut ini!

1. Makan pelan-pelan

Saat Anda makan terlalu cepat, tubuh Anda tidak akan memiliki cukup waktu untuk menyadari bahwa Anda merasa kenyang.

Sementara itu, memperlambat dan mengunyah makanan dalam waktu yang lebih lama memungkinkan usus mengirimkan serangkaian sinyal ke otak yang menunjukkan rasa kenyang.

Baca Juga: Coba Berendam Air Hangat, Ini 5 Cara Alami Meredakan Gangguan Ambeien

Ketika perut terisi dengan cairan dan makanan, reseptor di perut akan diaktifkan dan hormon kenyang leptin akan dilepaskan. Kemudian, leptin akan berkomunikasi dengan neurotransmitter dan hormon lain seperti dopamin dan cholecysteteine untuk menimbulkan perasaan kenyang dan senang.

Proses tersebut tentu saja membutuhkan waktu. Jadi, alih-alih makan terlalu cepat, luangkanlah waktu setidaknya 20 menit untuk makan agar otak dan perut Anda mampu memahami hal yang sama.

2. Minum sebelum makan

Tidak sedikit orang yang mengartikan dehidrasi sebagai rasa lapar. Itulah sebabnya, sangat disarankan bagi Anda untuk meneguk segelas air terlebih dahulu alih-alih langsung makan saat rasa lapar melanda.

Ini dilakukan untuk memastikan Anda tidak mencampuradukkan rasa haus dengan nafsu makan.

Minum sebelum makan juga mampu membantu untuk merasa lebih kenyang tanpa makan terlalu banyak lho. Pasalnya, air dapat memenuhi perut yang kemudian memicu reseptor peregangan dan mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda sudah kenyang.

Pada akhirnya, Anda cenderung membutuhkan lebih sedikit makanan untuk merasa kenyang karena sebagian besar ruang di perut sudah ditempati oleh air.

3. Makan salad

Sayuran memiliki volume air yang tinggi. Jadi, pertimbangkanlah untuk memasukkan salad ke dalam diet karena salad bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan rasa kenyang sekaligus membantu mengontrol makan.

Plus, Anda tak perlu repot-repot mengurangi porsinya karena sayuran memiliki kalori yang rendah.

Penelitian menunjukkan bahwa memasangkan makanan dengan sisi padat nutrisi seperti salad bermanfaat untuk membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Tak sampai di situ, sayuran juga mengandung banyak serat yang dapat membuat perut merasa lebih kenyang walaupun makan sedikit. Hal ini karena serat dicerna dengan lambat. Sebagai tambahan serat, Anda bisa memasukkan kacang-kacangan, biji-bijian, atau polong-polongan ke dalam salad.

Baca Juga: 4 Manfaat Makan dalam Porsi Kecil yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Cari Tahu Yuk!

4. Perbanyak protein

Seperti serat, protein juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat olahan.

Itulah mengapa protein termasuk pilihan yang bagus untuk membuat perut kenyang walau makan sedikit sekaligus mencegah rasa lapar.

Agar kenyang lebih lama, usahakan untuk menyelipkan protein tanpa lemak ke dalam menu sarapan, makan siang, maupun makan malam ya, Moms.

5. Tidur yang cukup

Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk mengatur ulang dan mengembalikan energi.

Saat Anda tidak mendapatkan tidur berkualitas yang cukup, Anda akan mendambakan gula sederhana untuk merasa kembali berenergi. Akibatnya, kadar gula darah Anda akan melonjak dan kemudian turun dengan segera setelahnya.

Apabila terus dibiarkan, Anda akan selalu mendambakan makanan manis yang lebih padat kalori dan berakhir dengan kekurangan nutrisi.

Jika tidak bisa tidur sesuai anjuran kesehatan yaitu 7 jam per malam, usahakanlah untuk tidur siang selama 30 menit. Menurut sebuah studi pada Maret 2015 di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, tidur siang selama 30 menit mampu membantu membalikkan efek tidur malam yang gelisah.

6. Batasi gangguan saat makan

Makan dengan penuh perhatian atau mindful eating adalah kunci untuk membantu merasa kenyang walau makan sedikit.

Untuk menerapkannya, pastikan Anda menghindari gangguan seperti menonton televisi atau bermain smartphone tatkala makan. Pasalnya, gangguan-gangguan semacam ini dapat mendorong Anda untuk makan tanpa berpikir yang pada gilirannya mengakibatkan makan secara berlebihan.

Sebagai gantinya, berusahalah untuk memerhatikan rasa dan tekstur makanan serta nikmati setiap gigitannya. Dengan benar-benar menikmati setiap suapan, Anda akan merasa puas dan cenderung tidak berlebihan.

Demikian 6 cara merasa kenyang walau makan sedikit.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News