Keluarga

6 Cara Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat

6 Cara Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat

MOMSMONEY.ID - Inilah 6 cara menurunkan demam anak tanpa obat yang bisa Moms coba. Saat anak mengalami demam, jangan terlalu cemas dan buru-buru memberikan mereka obat penurun demam.

Sebaiknya, utamakan pengobatan secara alami terlebih dahulu untuk menurunkan demam anak sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh mereka.

Sebab, beberapa jenis obat penurun demam dapat menimbulkan sejumlah efek samping bagi anak di antaranya gangguan fungsi hati, asma, dan pendarahan saluran pencernaan jika dikonsumsi secara berlebihan atau tidak sesuai anjuran dokter.

Sebelum memutuskan untuk memberikan obat penurun demam, Anda bisa mencoba 6 cara alami menurunkan demam yang dirangkum dari laman Nutriclub dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat berikut ini:

1. Kompres hangat di ketiak dan selangkangan anak

Kompres hangat merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan demam anak tanpa obat.

Sebagai pertolongan pertama untuk menurunkan demam anak, letakkan kompres hangat pada bagian ketiak atau lipatan selangkangan anak. Pasalnya, bagian ketiak dan selangkangan memiliki banyak pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit.

Gunakanlah handuk kecil yang sudah direndam air biasa atau air hangat suam-suam kuku untuk mengompres bagian ketiak atau selangkangan anak. Hindari menggunakan air dingin untuk mengompres anak karena bisa membuat pembuluh darah mengecil dan meningkatkan suhu tubuh.

Letakkan kompres hangat pada bagian ketiak atau selangkangan anak selama 10-15 menit. Apabila tubuh anak masih terasa panas, ulangi lagi pemberian kompres hangat.

2. Mandikan atau basuh tubuh anak dengan air hangat

Cara lain untuk menurunkan demam anak tanpa obat selain kompres hangat yaitu memandikan mereka dengan air hangat. Atau, membasuh tubuh anak menggunakan handuk hangat jika mereka menolak untuk mandi.

Tak hanya bermanfaat untuk membantu meredakan demam, kedua cara tersebut juga bisa membuat tubuh anak menjadi lebih nyaman dan rileks.

Sebaliknya, hindari memandikan atau membasuh tubuh anak dengan air dingin karena dapat membuat tubuh menggigil sekaligus meningkatkan suhu tubuh si kecil.

3. Penuhi kebutuhan cairan anak

Saat demam melanda, tubuh anak rentan mengalami kekurangan cairan. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan kebutuhan cairan anak senantiasa terpenuhi guna mencegah dehidrasi dengan meminta mereka minum banyak air putih.

Apabila si kecil susah minum air putih, coba tawarkan mereka kaldu ayam hangat, jus buah encer, atau popsicle (es lilin dari buah-buahan yang dibekukan).

Dengan begitu, kebutuhan cairan tubuh anak tetap dapat tercukupi dan mereka akan terhindar dari dehidrasi selama mengalami demam.

Baca Juga: Luar Biasa! Ini Manfaat Buah Kesemek untuk Tumbuh Kembang Anak

4. Berikan air jahe

Air jahe bisa menjadi alternatif obat untuk membantu menurunkan demam anak dengan lebih cepat. Berkat senyawa antibakteri yang terkandung di dalamnya, jahe dianggap efektif untuk melawan demam.

Cara membuat air jahe pun terbilang mudah. Cukup potong-potong jahe segar secukupnya lalu masukkan ke dalam air dan rebus untuk dijadikan teh.

Namun, selalu ingat untuk tidak memberikan air jahe kepada anak terlalu banyak. Selain tidak semua anak menyukai rasa jahe, terlalu banyak jahe juga dapat menyebabkan nyeri ulu hati.

5. Pakaikan anak baju yang tipis

Hindari memakaikan anak baju yang berlapis-lapis saat mereka sedang demam ya, Moms. Mungkin, Anda berpikir bahwa memakaikan anak baju yang tebal selama demam akan membuat tubuhnya hangat dan tidak kedinginan setelah mandi.

Faktanya, baju yang tebal atau berlapis-lapis akan semakin memerangkap panas dalam tubuh anak. Sebagai gantinya, pakaikanlah anak baju yang tipis dan berbahan adem supaya panas dalam tubuh anak bisa cepat keluar.

Jika anak kedinginan, Anda bisa memberikan mereka selimut sampai tubuhnya terasa hangat kembali.

6. Pastikan anak cukup istirahat

Istirahat yang cukup dinilai ampuh untuk menurunkan demam pada anak bahkan tanpa obat.

Sering kali, anak-anak tidak bisa diam saat sedang demam. Padahal, anak harus banyak istirahat sampai demamnya mereda.

Apabila anak Anda tidak mau beristirahat, cobalah untuk membacakan mereka buku cerita yang menarik di atas kasur. Pastikan juga suhu kamar anak nyaman dan sirkulasi udaranya berjalan dengan baik agar mereka semakin mau beristirahat.

Itulah 6 cara menurunkan demam anak tanpa obat. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News