6 Cara Meningkatkan Kolagen Alami Kulit Bantu Cegah Penuaan Dini

Reporter: Rizka Noveliana
Sabtu, 21 Agustus 2021 | 08:30 WIB
6 Cara Meningkatkan Kolagen Alami Kulit Bantu Cegah Penuaan Dini


MOMSMONEY.ID - Seiring bertambahnya usia, kolagen akan mengalami penurunan. Kolagen adalah protein penyusun tubuh yang terletak di bagian tulang, otot, tendon, sistem pencernaan dan juga pada kulit. Adanya kolagen berfungsi untuk merekatkan jaringan tubuh dan menambah elastisitas pada kulit. 

Penurunan kolagen dapat menyebabkan penuaan dini, kulit menjadi tidak sehat dan kenyal. Oleh karena itu, anda perlu mencegah penuaan dini dengan cara meningkatkan kolagen alami kulit. Untuk meningkatkan kolagen ada beberapa cara yang harus anda lakukan, yaitu:

1. Minum Air Putih

Seseorang sedang minum air putih

Minum air putih menjadi cara awal untuk meningkatkan kolagen alami kulit. Sebab, jika anda kekurangan cairan tubuh, maka tubuh akan hedirasi dan dapat menyebabkan kulit kering. Melansir dari herworld.co.id, Kandungan dalam air putih bisa bermanfaat untuk meningkatkan pembentukkan serat dan juga meremajakan sel kulit karena banyaknya produksi kolagen dalam tubuh. Selalu disarankan untuk minum air putih yang cukup sekitar 8-10 gelas air putih/ hari.

2. Mengonsumsi Vitamin C

Jeruk manis sunkist

Kandungan vitamin C dikenal mampu meningkatkan kolagen alami kulit. Mengutip dari beautyparty.id, Vitamin C membantu asam amino yang ada di dalam sel untuk membentuk protein kolagen. Mendapatkan vitamin C dari mengonsumsi jeruk, sayuran hijau, kiwi, tomat dan suplemen vitamin C. Selain itu, anda juga memilih produk skincare yang memiliki kandungan vitamin C.

3. Gaya Hidup Sehat

Ilustrasi kesehatan perempuan berolahraga

Cara meningkatkan kolagen alami kulit selanjutnya yaitu gaya hidup sehat. Bagi anda perokok aktif, dianjurkan untuk berhenti merokok. Merokok bisa memicu terbentuknya enzim yang disebut matrix metalloproteinases (MMPs), yang dapat merusak kolagen di dalam kulit, demikian menurut konsultan dermatologi, Dokter Nick Lowe dari drnicklowe.com kepada Mirror. Gaya hidup sehat tidaknya hanya baik untuk kulit tetapi kesehatan anda juga. Rutin berolahraga dapat menyehatkan tubuh dan membuat hormon endorfin meningkat.

Baca Juga: Ini 4 Rekomendasi Sunscreen di Bawah 50 Ribu, Terjangkau Tapi Bagus

4. Gunakan sunscreen

Berjemur

Menghindari paparan sinar matahari bisa digunakan dengan sunscreen. Sebab, sinar UV dari matahari dapat masuk ke dalam lapisan kulit dan merusak kolagen yang mengikat struktur kulit. Aplikasikan sunscreen ke wajah anda sebelum pergi beraktivitas ke luar rumah. Pilihlah produk suncreen yang cocok dengan jenis kulit. 

5. Atur Pola Makan

Ilustrasi diet makanan sehat

Selain mengonsumsi buah dan sayur, anda juga harus mengurangi makanan junkfood dan manis. Apalagi makanan dan minum manis makin banyak pilihannya sekarang. Ternyata kandungan gula bisa memicu premature aging. Dokter Patricia Farris, penulis buku “The Sugar Detox: Lose Weight, Feel great & Look Years Younger, menjelaskan bahwa gula di dalam darah bisa mengikat diri dengan lemak, asam nukleat, dan kolagen, sehingga mempercepat proses penuaan dan memicu kerutan pada kulit. Yuk, atur pola makan sehat.

6. Gunakan Produk Lidah Buaya

Lidah buaya

Cara meningkatkan kolagen alami wajah salah satunya menggunakan produk dari bahan lidah buaya. Lidah buaya dikenal memang memiliki segudang manfaat di dunia kecantikan. Lidah buaya memiliki kandungan aloe sterol yang diketahui dapat meningkatkan produksi kolagen dan asam hialuronat sampai dengan 2 kali lipat. Lidah buaya memang efektif untuk meningkatkan produksi kolagen alami.

Selanjutnya: Ini Cara Membuat Masker Daun Bidara untuk Perawatan Kulit Berjerawat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER