Santai

6 Cara Menghilangkan Notifikasi Memori Penuh di HP Android

6 Cara Menghilangkan Notifikasi Memori Penuh di HP Android

MOMSMONEY.ID - Pernahkah mendapatkan notifikasi memori penuh di HP Android? Notifikai memori penuh di HP Android membuat pengguna terganggu. Ada cara menghilangkan notifikasi memori penuh di HP Android. 

Artikel ini menyajikan 6 cara menghilangkan notifikasi memori penuh di HP Android. 

Banyak pengguna yang ingin mengetahui cara menghilangkan notifikasi memori penuh di HP Android dengan mudah. Sebab, menurut mereka notifikasi tersebut mengganggu. 

Anda tak perlu menghapus semua data untuk menghilangkan notifikasi memori penuh di HP Android. 

Baca Juga: 4 Cara Memulihkan Chat yang Sudah Terhapus di WhatsApp Android

Jadi untuk memperbaikinya, Anda perlu mengosongkan sebagian penyimpanan internal. Setelah Anda melakukannya, notifikasi akan hilang secara otomatis.

Mengutip Guldingtech, berikut cara menghilangkan notifikasi memori penuh di HP Android:

1. Hapus cache 

  • Buka Pengaturan perangkat di ponsel Anda dan arahkan ke Penyimpanan.
  • Di bawah Penyimpanan, cari data dalam cache. Ketuk di atasnya. Anda akan mendapatkan pop up konfirmasi. Ketuk Oke.
  • Google menghapus opsi untuk menghapus cache perangkat. Namun, Anda masih bisa melakukannya.
  • Anda bisa menghapus cache satu per satu untuk setiap aplikasi. Untuk melakukannya, di bawah Pengaturan, buka Aplikasi dan notifikasi. Kemudian ketuk setiap aplikasi dan tekan Penyimpanan. Di bawah Penyimpanan, ketuk Hapus Cache.

2. Nonaktifkan bloatware

Sebagian besar ponsel cerdas selain yang menjalankan stok Android sudah diinstal sebelumnya dengan banyak aplikasi tambahan yang biasa disebut bloatware.

Aplikasi seperti ini menempati ruang penyimpanan. Anda bisa menonatifkan bloatware. Berikut caranya:

  • Buka Pengaturan perangkat dan ketuk Aplikasi dan pemberitahuan > Manajer Aplikasi > Aplikasi Terpasang.
  • Ketuk nama aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan. Di layar berikutnya, Anda akan mendapatkan opsi untuk menonaktifkannya. Ketuk di atasnya.
  • Terkadang, Anda akan menemukan tombol uninstal pembaruan alih-alih Nonaktifkan. Jadi pertama-tama hapus instalan pembaruan dan kemudian nonaktifkan aplikasi.

Baca Juga: Cara Berbagi Kata Sandi Wi-Fi dari iPhone ke HP Orang Lain, Ikuti Tutorial Berikut

3. Hapus data yang tidak diinginkan

Jika Anda sering menggunakan WhatsApp, saya cukup yakin ponsel Anda pasti telah mengumpulkan banyak sekali video, foto, dan file lainnya.

Mungkin Anda lupa menonaktifkan opsi unduh otomatis untuk grup WhatsApp. Jadi, lebih baik menghapus file seperti itu secara teratur.

Untuk melakukan itu, Anda memerlukan aplikasi File Explorer. Setelah Anda memilikinya, luncurkan aplikasi dan arahkan ke folder yang memiliki jumlah data maksimum. Biasanya, Anda akan menemukannya di subfolder seperti media, audio, video, dan lain-lain. 

4. Gunakan aplikasi untuk mencari folder terbesar

Untuk menemukan folder tersebut, Anda perlu mengunduh aplikasi yang menunjukkan penggunaan penyimpanan Anda.

Salah satu aplikasi tersebut adalah DiskUsage, yang hanya membutuhkan 180KB. Aplikasi ini menampilkan folder yang menempati ruang maksimum.

Setelah Anda mengetahui folder terbesar, Anda dapat dengan mudah menghapus data darinya untuk mendapatkan kembali penyimpanan internal.

Baca Juga: Begini Cara Mematikan Reply Story Instagram biar Tidak Mendapat Komentar

5. Beralih ke aplikasi lite 

Jika Anda memiliki perangkat dengan penyimpanan internal 16GB atau kurang dari itu, Anda harus mencoba beralih ke aplikasi versi lite. 

Sebagian besar aplikasi populer sekarang memiliki versi lite yang menempati lebih sedikit ruang.

Anda dapat mencoba Facebook Lite, Messenger Lite, Maps Go, dll. Cukup cari nama aplikasi diikuti dengan Lite atau Go di Google Play Store. Tentu saja, aplikasi ini akan menghilangkan beberapa fitur.

6. Nonaktifkan pemberitahuan

Jika Anda baik-baik saja dengan perangkat Anda yang memiliki ruang kecil dan tidak ingin menghapus apa pun kecuali notifikasi itu sendiri, Anda juga dapat melakukannya dengan menyembunyikan notifikasi.

Untuk menonaktifkan notifikasi, tekan lama (tahan) di atasnya. Kemudian ketuk Info Aplikasi. Di layar berikutnya, Anda akan mendapatkan opsi Tampilkan notifikasi. Hapus centangnya.

Itulah beberapa cara terbaik untuk menghilangkan notifikasi memori penuh di HP Android. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News