6 Cara Menghilangkan Kemerahan pada Kulit Wajah, Ternyata Sederhana!

Reporter: Ana Risma
Kamis, 24 November 2022 | 20:04 WIB
6 Cara Menghilangkan Kemerahan pada Kulit Wajah, Ternyata Sederhana!

ILUSTRASI. 6 Cara Menghilangkan Kemerahan pada Kulit Wajah.


MOMSMONEY.ID - Inilah 6 cara menghilangkan kemerahan pada kulit wajah.

Kulit kemerahan pada dasarnya merupakan hasil dari pembuluh darah di bawah kulit yang melebar. Saat pembuluh darah tersebut terisi dengan darah, itu dapat menyebabkan kulit terlihat merah.

Menurut ahli kecantikan wajah dan medis bernama Candace Marino, kemerahan pada wajah bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Di antaranya paparan sinar matahari, kondisi kulit seperti rosacea, faktor hormonal, genetika, stres, makanan pedas, penggunaan produk skincare non-hypoallergenic, olahraga, hingga konsumsi alkohol.

Nah, bagi Anda yang kulit wajahnya sedang mengalami kemerahan, tak perlu khawatir atau stres berlebihan. Karena kali ini, MomsMoney akan membagikan 6 cara menghilangkan kemerahan pada kulit wajah yang bisa Anda coba. Melansir Ipsy, berikut 6 cara tersebut:

Baca Juga: 5 Cara Cek Poin Livin Mandiri di Mobile Banking hingga Website

1. Kompres dingin

Secara umum, kompres dingin dapat membantu menghilangkan kemerahan akut dengan cara menenangkan peradangan yang kemungkinan berkaitan dengan kemerahan yang menyebabkan lebih banyak aliran darah ke wajah dan vasodilatasi.

Kendati demikian, kompres dingin mungkin tidak bekerja dengan baik untuk kemerahan wajah yang kronis.

Masukkan waslap basah ke dalam lemari es lalu diamkan hingga dingin selama 10-15 menit. Setelah itu, keluarkan waslap dan oleskan ke kulit yang kemerahan guna membantu menyempitkan pembuluh darah serta mengurangi kemerahan dan noda.

2. Mandi air dingin

Sama halnya dengan kompres dingin, mandi air dingin juga bisa membantu menghilangkan kulit yang kemerahan.

Apapun penyebabnya, sangat disarankan untuk selalu mandi menggunakan air dingin alih-alih air panas saat kulit mengalami kemerahan.

Ini dilakukan untuk menenangkan kulit sekaligus mencegah kemerahan semakin parah.

3. Pakai ice roller

Ice roller merupakan alat kecantikan berbentuk gulungan mini yang bisa digenggam. Alat ini memiliki kemampuan untuk membantu menenangkan, menghilangkan bengkak, membuat mata terlihat lebih terbuka, mengatasi mabuk, dan menenangkan migrain.

Jika Anda mencari solusi yang cepat untuk menenangkan kulit yang kemerahan dan iritasi, maka ice roller patut untuk dicoba.

Anda bisa memakai ice roller setelah mencuci muka atau setelah menggunakan serum wajah.

Baca Juga: 7 Kandungan Lipstik yang Sebaiknya Dihindari, Bisa Membahayakan Kesehatan!

4. Pakai skincare anti-inflamasi

Bahan-bahan skincare seperti hyaluronic acid, aloe vera, calendula, oatmeal, allantoin, chamomile, dan licorice memiliki sifat anti-inflamasi serta dapat membantu memperbaiki kemerahan.

Secara khusus, bahan-bahan tersebut juga bisa bekerja untuk melembabkan, memerangi kekeringan, menenangkan kulit yang kering atau sensitif, dan mengurangi peradangan.

Jadi, pertimbangkan untuk memilih produk skincare khususnya moisturizer yang mengandung salah satu bahan di atas agar kemerahan di kulit Anda dapat berkurang.

5. Coba perawatan topikal

Perawatan topikal bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengobati kemerahan lebih lanjut.

Anda bisa mencoba perawatan topikal menggunakan krim atau gel yang mengandung niacinamide dan ceramide untuk memerangi kemerahan dan peradangan pada kulit.

Niacinamide dan ceramide mampu bekerja sama untuk membantu memperbaiki tekstur kulit, meningkatkan hidrasi, membangun protein di kulit guna memperkuat skin barrier, hingga membuat kulit tampak bercahaya.

6. Laser

Perawatan laser bisa menjadi opsi yang lebih tahan lama untuk kulit kemerahan Anda. Laser dapat membantu mengobati pembuluh darah yang pecah di mana keadaan ini merupakan akar penyebab kemerahan pada wajah akibat rosacea, eksim, dan kondisi kulit lainnya.

Anda bisa melakukan laser seperti IPL guna memerangi kemerahan kronis. Perawatan laser ini dilakukan dengan menggunakan cahaya untuk meruntuhkan pembuluh darah yang terlihat.

Kelebihan lain dari laser IPL yaitu relatif tidak menimbulkan rasa sakit.

Demikian 6 cara menghilangkan kemerahan pada kulit wajah yang bisa Anda coba.

Selanjutnya: Anggaran BI 2023 Diramal Defisit , Ini Upaya yang Bisa Dilakukan untuk Jaga Rupiah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER