Bugar

6 Cara Menggunakan Body Lotion dengan Benar, Kulit Jadi Lembab!

6 Cara Menggunakan Body Lotion dengan Benar, Kulit Jadi Lembab!

MOMSMONEY.ID - Dapatkan kulit sehat dan lembab dengan mengetahui cara menggunakan body lotion dengan benar di sini. Body lotion termasuk body care yang perlu digunakan setiap hari. Body lotion bermanfaat untuk melembapkan kulit, mencerahkan kulit, dan lain-lain. 

Namun, ada cara tertentu saat menggunakan body lotion. Yuk, simak enam cara menggunakan body lotion untuk hasil maksimal dilansir dari cnfstore.com

Baca Juga: Simak Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Pasir Secara Alami

1. Pastikan Tubuh Bersih Sebelum Menggunakan Body Lotion

Cara pertama menggunakan body lotion adalah pastikan tubuh bersih sebelum menggunakan body lotion. Hal ini karena kotoran atau debu yang melekat pada kulit akan menghalangi pelembap untuk bersentuhan dengan kulit.

Akibatnya, kulit tubuh pun tidak bisa mendapatkan manfaat dari pelembap tersebut secara maksimal.

Selain itu, tubuh yang tidak bersih juga dapat menyumbat pori-pori. Apalagi, jika Anda menumpuknya dengan penggunaan body lotion.

Bukannya mendapatkan manfaat dari lotion, Anda hanya akan menyumbat pori-pori tubuh sehingga bisa memunculkan permasalahan kulit, seperti jerawat atau komedo.

2. Gunakan Body Lotion Secara Rutin

Selanjutnya, gunakan body lotion secara rutin minimal 2 kali sehari setiap pagi dan sore hari. Pemakaian yang rutin tentunya membuat produk ini bekerja maksimal dan kulit kamu bisa lembap seharian.

Lotion yang diaplikasikan secara rutin juga bisa menutrisi kulit lebih baik sehingga kulit menjadi cerah dan sehat.

Jika diperlukan, Anda juga bisa mengaplikasikannya secara rutin di luar waktu tersebut. Misalnya, pada malam hari sebelum tidur karena saat tidur adalah saat kulit beregenerasi, atau pada saat Anda berada di ruang ber-AC yang bisa menyebabkan kulit mudah menjadi kering.

Baca Juga: Promo Tiket.com hingga 4 Juni 2023, Nikmati Diskon To Do sampai Rp 300.000

3. Aplikasikan Setelah Mandi

Aplikasikan body lotion setelah mandi. Hal itu dikarenakan setelah mandi pori-pori kulit dalam keadaan terbuka sehingga penyerapannya lebih baik.

Walau begitu, pengaplikasian lotion tidak hanya berhenti setelah mandi. Sebaiknya, gunakan juga setelah kulit terkena air, seperti setelah cuci tangan karena kulit cenderung menjadi kering setelah cuci tangan.

Seperti yang dibahas sebelumnya, Anda juga bisa menggunakan lotion pada malam hari sebelum tidur. Apabila Anda membiarkan kulit dalam kondisi lembap pada malam hari, regenerasi sel di saat Anda tidur akan berjalan lebih lancar.

4. Gunakan Secara Menyeluruh ke Bagian Tubuh

Cara menggunakan body lotion berikutnya adalah oleskan secara menyeluruh ke bagian tubuh. Pada dasarnya, semua kulit di bagian tubuh Anda memerlukan nutrisi yang sama. Jadi, jangan hanya menggunakan body lotion di bagian tangan dan kaki, atau bagian yang kering saja.

Perlu Anda ingat, bagian tubuh yang tidak pernah terpapar lotion akan mudah timbul garis halus, lebih kusam, dan tampak kendur. Untuk terhindar dari masalah tersebut, Anda perlu mengoleskan lotion secara merata ke seluruh area tubuh agar hasilnya semakin optimal

Baca Juga: Catat! 5 Penyebab Sakit di Bagian Pelipis, Salah Satunya Karena Migrain

5. Aplikasikan Body Lotion dengan Gerakan Memijat Lembut

Anda harus memijat lembut tubuh saat menggunakan body lotion. Cara ini akan membuat kulit menyerap nutrisi dari lotion jauh lebih efektif. Hal itu juga berguna untuk melancarkan sirkulasi darah dan oksigen sehingga kulit bisa menjadi sehat, cerah, dan glowing.

6. Oleskan Body Lotion Secara Tipis dan Merata

Terlalu takut kulit menjadi kering, banyak orang yang akhirnya mengoleskan body lotion secara tebal sebagai solusinya. Padahal, itu bukan cara yang tepat.

Lotion yang diaplikasikan secara berlebih hanya akan membuatnya menumpuk di bagian lipatan tubuh, seperti bagian dalam siku dan leher.

Hal ini dapat mengakibatkan pori-pori tersumbat sehingga memunculkan komedo, hingga jerawat. Selain itu, kulit tubuh pun dapat terlihat kusam dan tidak sehat akibat penumpukan kotoran body lotion ini.

Jadi, oleskan body lotion secukupnya saja, secara tipis namun tetap merata ke seluruh area tubuh.

Sekarang Anda sudah tahu cara menggunakan body lotion dengan benar agar hasilnya maksimal. Cobain di rumah, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News