Keluarga

6 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Minum Obat, Bisa Pakai Kacang Almond

6 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Minum Obat, Bisa Pakai Kacang Almond

MOMSMONEY.ID - Yuk, cari tahu 6 cara mengatasi sakit kepala tanpa minum obat di sini!

Ada banyak hal yang bisa mendatangkan sakit kepala di antaranya stres, ketegangan, kegelisahan, masalah sinus, migrain, kurang tidur, hingga dehidrasi.

Untuk menghilangkannya, obat sakit kepala memang sangat membantu. Namun, alangkah baiknya Anda mencoba pengobatan alami terlebih dahulu untuk menghilangkan sakit kepala sebelum mengonsumsi obat sakit kepala.

Aman dan efektif, berikut 6 cara mengatasi sakit kepala tanpa minum obat sebagaimana dilansir dari Lifehack.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Mengetahui Skin Tone Wajah dengan Mudah

1. Pakai peppermint

Peppermint memiliki sifat menenangkan dan menyejukkan yang dapat membantu pengobatan sakit kepala. Untuk menghilangkan sakit kepala, Anda bisa minum teh peppermint atau menggunakan minyak peppermint.

Jika Anda lebih memilih untuk menggunakan minyak peppermint, oles dan pijatkan secara lembut ke pelipis, rahang, dan bagian belakang leher.

Atau, hirup minyak peppermint untuk membantu mengatasi gejala yang sering menyertai sakit kepala seperti mual dan muntah.

2. Makan kacang almond

Almond mampu bertindak sebagai pereda nyeri karena mengandung salicin. Salicin sendiri adalah penghambat rasa sakit yang banyak ditemukan dalam obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas.

Almond efektif sebagai pengobatan sakit kepala dan bisa digunakan sebagai pencegahan juga.

Anda dapat mengonsumsi satu atau dua genggam almond tatkala sakit kepala mulai menyerang.

3. Minum air putih

Sering kali, sakit kepala disebabkan oleh dehidrasi. Jenis sakit kepala ini dapat diobati hanya dengan merehidrasi tubuh.

Minumlah segelas air saat Anda pertama kali mengalami gejala sakit kepala dan terus meminumnya sepanjang hari. Anda juga bisa mencoba minuman yang mengandung elektrolit untuk membantu meredakan ketegangan dan merehidrasi tubuh.

Ketika sakit kepala melanda, penting untuk menghindari alkohol dan kopi karena dapat membuat tubuh semakin dehidrasi.

Baca Juga: Bisa Melatih Kekuatan Otot, Ini Sederet Manfaat Lain Olahraga Plank saat Berpuasa

4. Konsumsi makanan tinggi vitamin B3

Makanan tinggi vitamin B3 efektif dalam pengobatan sakit kepala dan migrain. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Orthomolecular Medicine pada tahun 2003 menemukan bahwa vitamin B3 (niacin) memfasilitasi aliran darah ke kepala dengan melebarkan arteri yang tersumbat.

Menurut penelitian tersebut, nyeri akibat sakit kepala hilang beberapa menit setelah mengonsumsi makanan tinggi vitamin B3.

Beberapa contoh makanan tinggi vitamin B3 yang bisa Anda konsumsi ketika sakit kepala antara lain ayam, tuna, salmon, jamur, kacang tanah, barley, gandum utuh, biji bunga matahari, sayuran hijau, dan hati.

5. Tidur dengan cahaya redup

Biasanya, migrain dan sakit kepala disebabkan oleh rangsangan sensorik. Dan, cahaya termasuk salah satu rangsangan tersebut.

Tatkala sakit kepala datang, coba tutup tirai dan matikan beberapa lampu di kamar lalu tidurlah. Cara ini dapat memberikan kelegaan yang instan dan dramatis untuk membantu mengurangi rasa sakit kepala.

Apabila sakit kepala menyerang saat Anda berada di luar, pakailah kacamata hitam untuk melindungi Anda dari cahaya alami maupun buatan.

6. Gunakan kompres dingin atau hangat

Jika Anda mengalami sakit kepala akibat masalah sinus, maka kompres dingin adalah solusi yang tepat. Kompres dingin yang diletakkan di dahi akan membuat area tersebut mati rasa dan menghentikan rasa sakit. Anda bisa membuat kompres dingin dengan membungkus beberapa es batu menggunakan handuk tipis alih-alih mengoleskan es langsung ke kulit.

Apabila sakit kepala yang Anda derita disebabkan oleh stres, gunakanlah kompres hangat. Kompres hangat bermanfaat untuk membantu mengendurkan otot-otot yang tegang. Cukup tempelkan kantong atau botol berisi air hangat ke bagian belakang leher atau rendam tangan Anda ke dalam air hangat selama 10-15 menit.

Untuk meredakan sakit kepala kronis, biasakan untuk mencelupkan kaki ke dalam ember berisi air hangat selama 10 menit sebelum tidur. Merendamkan kaki ke dalam air hangat dapat meningkatkan sirkulasi dan menghilangkan sumbatan di saluran hidung.

Itulah 6 cara mengatasi sakit kepala tanpa minum obat. Semoga membantu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News