Bugar

6 Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah beserta Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah beserta Penyebabnya

MOMSMONEY.ID. Intip penyebab bibir pecah-pecah dan cara mengatasinya. Kondisi bibir yang tidak sehat salah satunya adalah bibir terasa kering.

Bibir pecah-pecah dapat merujuk pada kondisi di mana bibir menjadi kering, retak-retak, dan terkadang juga terasa sakit.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya cairan dalam tubuh, paparan sinar matahari yang berlebihan, cuaca yang dingin dan kering, atau kebiasaan menggigit bibir.

Secara umum, bibir pecah-pecah dapat diatasi dengan menjaga kelembapan bibir dengan cara menggunakan lip balm atau pelembap bibir, minum cukup banyak air, dan hindari kebiasaan menggigit bibir.

Baca Juga: 5 Cara Menghidrasi Kulit Selama di Kantor, Rutin Minum Air Putih

Penyebab dan cara mengatasi bibir pecah-pecah

Penyebab bibir pecah-pecah

Adapun beberapa penyebab bibir pecah-pecah dapat berasal dari faktor berikut:

  1. Dehidrasi: Kurang minum air dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah.
  2. Paparan sinar matahari: Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah.
  3. Konsumsi alkohol: Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat bibir menjadi kering.
  4. Konsumsi makanan pedas: Makanan pedas dapat membuat bibir menjadi teriritasi dan kering.
  5. Cuaca yang dingin dan kering: Udara yang dingin dan kering dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah.
  6. Kelembaban rendah: Lingkungan dengan kelembaban rendah dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah.
  7. Menggigit bibir: Kebiasaan menggigit bibir dapat membuat bibir menjadi lecet dan pecah-pecah.
  8. Reaksi alergi: Beberapa bahan seperti kosmetik atau makanan tertentu dapat menyebabkan reaksi alergi pada bibir dan membuatnya pecah-pecah.
  9. Gangguan kesehatan: Beberapa kondisi kesehatan seperti diabetes, psoriasis, dan dermatitis atopik juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah.

Jika bibir pecah-pecah disertai dengan gejala lain seperti infeksi atau peradangan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Simak beberapa cara mengatasi bibir pecah-pecah dan kering dilansir dari laman Web MD.

Baca Juga: 5 Manfaat Murumuru Butter untuk Kecantikan Kulit dan Rambut, Bikin Kulit Lembab

Perawatan dan Pencegahan Bibir Pecah-pecah

Bibir yang tidak memiliki kelenjar minyak tentu perlu dirawat dan diatasi jika mengalami kondisi kering dan pecah-pecah.

1. Gunakan pelembab bibir

Pencegahan bibir kering

Cara mengatasi bibir pecah-pecah adalah dengan lipbalm. Produk ini dapat melindungi kulit bibir Anda yang halus dari unsur-unsurnya dan memilih salah satu yang mengandung emolien tinggi.

Periksa daftar bahan untuk petrolatum, yang mengunci kelembapan, dan dimethicone, yang menutup retakan dan pecah di bibir yang mengering.

Jangan membatasi diri Anda pada produk dengan kata balsem di dalamnya. Salep bibir juga merupakan pilihan yang bagus.

2. Lindungi bibir saat berada di luar

Anda bisa menutupi tangan dan kaki saat suhu turun maupun bantuan seperti masker. Tentunya hal ini bisa dilakukan untuk menghindari perubahan suhu.

Anda juga harus ingat untuk memilih lip balm dengan perlindungan dari sinar matahri yang bisa merusak jaringan kulit.

3. Lebih sering minum air

Minum air

Kemudian, cara mengatasi bibir pecah-pecah adalah rajin menghidrasi tubuh dengan air mineral. Anda tahu itu memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda.

Salah satunya adalah melawan dehidrasi yang menyebabkan bibir pecah-pecah. Dehidrasi dapat menyebabkan tubuh kekurangan mineral yang berdampak pada kesehatan kulit.

4. Jangan menjilat bibir

Meskipun mungkin tampak seperti ide yang bagus pada saat itu, lidah Anda di atas bibir adalah hal terburuk yang dapat Anda lakukan.

Saat air liur mengering, dibutuhkan lebih banyak kelembapan dari kulit. Pakai lip balm Anda sebagai gantinya. Kulit di bibir tipis dan halus sehingga rapuh saat kondisi tertentu.

Mencabutnya dapat menyebabkannya berdarah dan sakit, memperlambat proses penyembuhan, dan menyebabkan lebih banyak iritasi.

Ini dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada bibir pecah-pecah. Sebagai gantinya, oleskan banyak balsem atau salep dan nyalakan pelembab udara.

5. Jauhkan dari alergen

Cara mengatasi bibir pecah-pecah adalah menghindari alergen. Beberapa perawatan bisa lebih berbahaya daripada kebaikan.

Bahan-bahan seperti kayu putih hingga mentol diklaim dapat menyebabkan kondisi kulit mengeringkan atau mengiritasi bibir.

Jauhi bahan tersebut, terutama jika Anda memiliki kulit kering. Jika Anda alergi terhadap minyak nabati dan pelembap seperti lilin lebah, shea butter, biji jarak, dan minyak kedelai, beralihlah ke produk berbahan dasar petroleum jelly.

6. Konsumsi buah kaya vitamin

Makanan sehat

Buah Pisang dan Alpukar bisa menjadi jalan untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering. Pisang mengandung banyak vitamin B6 dan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit, termasuk bibir.

Pisang juga mengandung mineral kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Sementara, Alpukat kaya akan lemak sehat dan vitamin E, yang membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah bibir pecah-pecah. Alpukat juga mengandung vitamin C dan vitamin K yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

7. Hubungi dokter

Temui dokter kulit jika masalah Anda berlanjut. Pecah-pecah yang tidak sembuh-sembuh, meski sudah rutin menggunakan lip balm, bisa menjadi tanda infeksi atau masalah yang lebih serius, seperti kanker atau kondisi prakanker yang disebut actinic cheilitis.

Untuk itu, dari beberapa penyebab dan cara mengatasi bibir pecah-pecah dan kering dengan mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News