HOME, Keluarga

6 Cara Mengatasi Bau Apek di Kamar Tidur, Mudah dan Cepat!

6 Cara Mengatasi Bau Apek di Kamar Tidur, Mudah dan Cepat!

MOMSMONEY.ID - Di dalam rumah, kamar tidur termasuk salah satu ruangan yang wajib ditata senyaman mungkin supaya Anda bisa beristirahat dan tidur dengan nyaman.

Namun, adakalanya Anda mengalami berbagai hal yang mengganggu kenyamanan di kamar tidur. Salah satu hal yang dapat mengganggu kenyamanan tersebut adalah bau apek yang tidak sedap. Bau apek ini umumnya disebabkan oleh beberapa hal, seperti udara di kamar yang lembap.

Jadi, jika kamar tidur Anda berbau apek, bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Memasak Makin Asyik, Ini 4 Tips Memilih Furnitur untuk Dapur Anda

Membuka jendela kamar

Salah satu cara termudah untuk mengatasi bau apek di kamar tidur adalah dengan membuka jendela dan pintu kamar lebar-lebar. Dikutip dari SF Gate, hal ini akan membuat sirkulasi udara di kamar lebih lancar dan membuat udara tidak terperangkap di kamar, sehingga mengurangi bau apek yang kurang sedap.

Mengganti dan mencuci sprei

Mengutip Molekule Science, sprei yang tidak segera diganti dan dicuci kerap menjadi sarang kotoran dan bakteri yang menimbulkan bau tidak sedap. Hal yang sama juga berlaku untuk tumpukan baju kotor di kamar Anda. Jadi, singkirkan tumpukan baju kotor dan ganti sprei di kamar Anda secara rutin.

Membersihkan kamar tidur

Selanjutnya, Anda dapat membersihkan kamar tidur secara menyeluruh untuk membantu mengurangi bau apek. Bersihkan setiap permukaan furnitur dengan kemoceng, lalu lap dengan kain yang dibasahi sedikit air. Jangan lupa untuk menyapu dan mengepel lantai kamar sebagai pelengkap.

Baca Juga: 5 Produk Pembersih Rumah yang Tidak Boleh Dicampur, Bahaya untuk Kesehatan!

Menggunakan pengharum udara

Jika Anda perlu solusi instan untuk mengatasi bau apek, tak ada salahnya menggunakan air freshener atau penyegar udara dengan wangi yang harum. Namun, sebaiknya air freshener hanya digunakan sebagai solusi sementara. Anda tetap perlu membersihkan dan melancarkan sirkulasi udara di dalam kamar supaya bau apek bisa hilang sempurna.

Baca Juga: Sebabkan Gangguan Kesehatan, Ini Trik Mengatasi Bau Cat Dinding yang Menyengat

Menyingkirkan sampah

Anda punya tong sampah di dalam kamar? Jika ya, jangan lupa untuk mengosongkan dan menyingkirkan tong sampah setiap kali sudah penuh. Selain itu, melansir Oh So Spotless, gunakan tong sampah di kamar tidur hanya untuk sampah kering, misalnya kertas atau kapas kecantikan.

Memandikan hewan peliharaan

Hewan peliharaan yang tidur di kamar kerap menjadi penyebab bau kurang sedap, apalagi jika mereka kotor dan jarang dimandikan. Selain memandikan mereka secara rutin, pastikan hewan peliharaan Anda tidak sembarangan buang air di dalam kamar supaya tidak menimbulkan bau.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau apek di kamar tidur. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News