HOME, Keluarga

6 Cara Mengajarkan Anak Supaya Bisa Menghormati Orang Lain

6 Cara Mengajarkan Anak Supaya Bisa Menghormati Orang Lain

MOMSMONEY.ID - Dengan bersikap hormat dan rendah hati, anak Anda akan mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat dari orang lain di sekitarnya. Baik di sekolah maupun di tempat kerja kelak, anak Anda dapat bekerja dalam tim dengan baik hanya jika mereka bisa menghormati orang lain.

Nah, untuk menanamkan perilaku penuh hormat dan rendah hati dalam diri anak, alangkah baiknya Anda mengajarkan mereka tentang hal ini sedini mungkin.

Untuk membantu Anda mengajarkan anak supaya mereka bisa menghormati orang lain, inilah 6 cara yang dapat Anda praktikkan sebagaimana dilansir dari ParentCircle.

Baca Juga: 4 Tips Sederhana untuk Mengajarkan Anak Tentang Bersyukur, Moms Sudah Tahu?

1. Ingatkan anak untuk menghargai dirinya sendiri

Ingatkan anak Anda bahwa mereka penting bagi orang-orang di sekitarnya dan memiliki peran di dunia ini. Dengan mengingatkan anak tentang betapa pentingnya mereka, itu akan meningkatkan harga dirinya dan mencegahnya memilih lingkungan yang tidak diinginkan akibat tekanan dari teman-teman mereka yang negatif.

Begitu anak Anda sudah bisa menghargai dirinya sendiri, mereka pun akan mudah memahami dan menghormati kebutuhan orang lain.

Jadi, pastikan anak-anak Anda merawat dirinya sendiri secara fisik, mental, dan emosional dengan baik ya. Arahkan mereka untuk makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, tidur dengan cukup, dan menjauhi alkohol, tembakau, serta obat-obatan terlarang.

2. Ciptakan hubungan yang saling menghormati dengan anak Anda

Jika Anda ingin anak-anak Anda bisa menghormati orang lain, maka Anda juga harus bisa menghormati anak Anda terlebih dahulu. Saat terjadi perselisihan antara Anda dan anak, cobalah untuk mendengarkan sudut pandang mereka tanpa menghakiminya. Dan, jika Anda telah melakukan kesalahan kepada mereka, maka jangan ragu untuk meminta maaf.

Dengan bersikap demikian, Anda akan terbantu untuk membangun ikatan yang lebih baik dengan anak sekaligus menanamkan kebiasaan saling menghormati.

3. Beri anak kesempatan untuk mempraktikkan rasa hormat

Setiap individu tentu memiliki keinginan untuk dihormati termasuk anak-anak. Saat Anda membatu anak mengerjakan PR atau Anda menyajikan makanan untuknya namun mereka lupa untuk berterima kasih, maka tunjukkan pada anak tentang bagaimana seharusnya mereka bersikap.

Lalu, saat Anda sedang mendiskusikan masalah yang terjadi di rumah, berikanlah anak Anda kesempatan untuk berbicara dan menyampaikan pendapatnya. Dengarkan mereka dengan minat yang tulus dan pertimbangkan pendapatnya baik-baik. Cara ini akan membuat anak mengerti bahwa mereka begitu dihormati dan membuatnya berpikir bahwa mereka juga perlu melakukan hal yang sama dengan orang lain.

4. Bantu anak untuk membangun toleransi

Anak terutama yang sudah bersekolah pasti akan bertemu dengan guru, teman, dan orang baru setiap harinya. Terlepas dari perbedaan fisik, setiap orang yang ditemui anak tentulah memiliki jenis kelamin, agama, perilaku, nilai, budaya, etnis, dan gaya berpakaian yang beragam. Jadi, penting untuk membuat anak Anda memahami bahwa perbedaan itu normal dan setiap individu harus diterima serta dihormati.

Orang tua harus membuat anak-anak mereka mengerti bahwa keragaman adalah faktor yang indah dan bukan dasar untuk saling membenci atau mendiskriminasi. Maka dari itu, buatlah anak Anda mengerti dengan jelas bahwa intoleransi dapat menyebabkan kemarahan yang mana kemarahan rentan menciptakan perang kata-kata, kekerasan fisik, dan hubungan yang tidak dapat diperbaiki.

5. Bantu anak untuk bisa menerima masukan

Terbuka terhadap ide dan kritik yang membangun adalah cara untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang lain. Jika anak Anda mengeluh kepada Anda tentang masukan dari gurunya, bicaralah secara baik-baik kepada mereka alih-alih menyalahkannya.

Yakinkan anak remaja Anda bahwa masukan dari seseorang yang memiliki pengalaman hidup lebih banyak akan membantu mereka untuk tumbuh. Dengan cara ini, anak akan belajar untuk menghormati orang-orang yang memberikan ide atau masukan kepadanya daripada mengembangkan kebencian terhadap orang-orang tersebut.

Jika anak Anda menerima kritik yang tidak perlu, ajarkan mereka untuk mengabaikan komentar semacam itu daripada membalasnya atau berdebat.

6. Dorong anak untuk menjadi pembuat perubahan positif

Tingkatkanlah kemampuan anak Anda untuk menjadi pemikir etis yang memiliki keinginan untuk membuat dampak positif serta memikirkan apa yang terbaik untuk banyak orang. Latih mereka untuk bisa mendengarkan sudut pandang orang lain sebelum memutuskan atau menyimpulkan sesuatu.

Dengan menjadi pemikir etis, anak Anda akan belajar menghargai pendapat orang lain dan mendengarkan tanpa menghakimi atau menyela. Ini adalah pelajaran yang sangat berguna untuk dipelajari terutama jika anak Anda terpilih menjadi ketua kelas.

Berikan kesempatan kepada anak Anda untuk berpartisipasi dalam berbagai acara dan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu-isu penting. Anda bisa mengajak mereka untuk aktif dalam kegiatan olahraga atau menjadi sukarelawan. Tak hanya akan membantunya menjadi pembuat perubahan positif, aktif dalam berbagai kegiatan terutama kegiatan sosial juga akan membantu anak untuk menjadi pemikir yang beretika.

Moms, itulah 6 cara yang bisa Anda praktikkan untuk mengajarkan anak supaya bisa menghormati orang lain. Dengan mengikuti cara di atas, anak Anda akan belajar bagaimana bersikap hormat dan rendah hati serta memahami mengapa sikap yang positif ini penting untuk mereka miliki. Selain keenam cara di atas, Moms juga harus tetap ingat untuk menjadi role model yang baik dan mencontohkan kepada anak tentang perilaku hormat dari diri sendiri terlebih dahulu ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News