Keluarga

6 Cara Menenangkan Bayi yang Rewel Saat Tumbuh Gigi

6 Cara Menenangkan Bayi yang Rewel Saat Tumbuh Gigi

MOMSMONEY.ID - Ketika bayi mulai tumbuh gigi atau teething, itu bisa menjadi waktu yang sangat menantang bagi orang tua. Adapun beberapa tanda bayi mengalami tumbuh gigi yang perlu orang tua perhatikan di antaranya sebagai berikut:

  • Gusi terasa sakit atau lunak
  • Mengiler
  • Lekas marah
  • Demam ringan sekitar 99 F
  • Mengunyah
  • Diare
  • Ruam air liur di sekitar mulut

Saat bayi tumbuh gigi, biasanya mereka cenderung rewel dan susah tidur akibat rasa sakit yang konstan pada gusi mereka. Meskipun begitu, Moms tidak perlu cemas berlebihan saat si kecil mengalami tumbuh gigi ya. Karena, kali ini MomsMoney akan membagikan 6 cara menenangkan bayi yang rewel karena tumbuh gigi sebagaimana dilansir dari Pediatric Dentistry of Burke dan Firstcry Parenting.

Baca Juga: Ingin Mengubah Gaya Kamar Tidur Anak, Simak Rekomendasi Warna Kamar Tidur Anak Ini!

1. Pijat gusi si kecil

Memberikan tekanan pada gusi bayi Anda dapat membantu meringankan rasa sakit mereka saat tumbuh gigi. Setelah membersihkan tangan Anda secara menyeluruh, baringkan bayi Anda di atas tempat tidur kemudia pijat-pijat gusinya dengan lembut menggunakan jari Anda.

Memijat gusi tidak hanya efektif untuk meringankan rasa sakit akibat tumbuh gigi, tetapi juga bisa membantu mereka merasa rileks dan tertidur. Jika si kecil terbangun di tengah malam karena kesakitan, Anda bisa kembali menggosok gusi mereka dengan gerakan lembut.

2. Pakai dot atau teething toy yang didinginkan

Apabila bayi Anda menggunakan dot, Anda bisa mendinginkannya terlebih dahulu ke dalam lemari es sebelum dipakai guna membantu menenangkan gusinya yang sakit akibat tumbuh gigi. Rasa dingin mampu membuat gusi mati rasa sekaligus mengurangi rasa sakitnya. Namun, pastikan dot yang akan digunakan benar-benar bersih sebelum dimasukkan ke dalam lemari es ya Moms.

Selain dot, Anda juga bisa melakukan hal yang sama dengan teething toy atau mainan tumbuh gigi. Dinginkan teething toy yang solid ke dalam lemari es dan hindari mainan cair atau berisi gel yang rentan bocor.

3. Berikan teh chamomile

Teh chamomile mampu membantu mengurangi peradangan, menenangkan sakit perut, meningkatkan kekebalan, meningkatkan relaksasi, dan menginduksi tidur. Memberikan teh chamomile kepada bayi yang sedang tumbuh gigi akan membantu meredakan rasa sakit dan bahkan menyebabkan tidur.

Teh chamomile dapat diberikan kepada bayi melalui botol susu dengan suhu kamar atau saat suhu agak hangat. Anda juga bisa merendam lap bersih ke dalam larutan teh chamomile dan membekukannya sebelum diberikan kepada bayi Anda untuk dikunyah.

Kendati demikian, perlu dicatat bahwa teh chamomile tidak boleh diberikan kepada bayi berusia kurang dari 6 bulan. Sebaiknya, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter anak Anda sebelum mempraktikkan metode ini.

Baca Juga: 7 Hal yang Bermanfaat untuk Memudahkan Persalinan, Ibu Hamil Wajib Tahu!

4. Gunakan buah dingin

Jika Anda telah memperkenalkan bayi Anda dengan makanan padat, maka Anda bisa mencoba membekukan beberapa jenis buah untuk membantu menenangkan gusinya yang teriritasi akibat tumbuh gigi. Adapun beberapa jenis buah yang bisa dipilih antara lain pisang, apel, pir, atau stroberi.

Supaya bayi Anda tidak tersedak, tumbuklah buah yang sudah didinginkan kemudian masukkan ke dalam mesh feeder. Jangan lupa untuk memantau bayi Anda setiap saat dan pastikan mereka sudah cukup besar untuk mencoba cara ini.

5. Berikan pelukan ekstra

Terkadang, cara terbaik untuk membantu bayi mengatasi ketidaknyamanan akibat tumbuh gigi adalah dengan memberikan mereka pelukan ekstra. Waktu berpelukan ekstra akan memberikan bayi Anda kesempatan untuk mendapatkan istirahat yang dibutuhkan.

Jika diperlukan, jangan ragu untuk memberikan bayi Anda sesi menyusui tambahan demi kenyamanan mereka. Terakhir, pastikan untuk menciptakan lingkungan yang tenang guna membantu si kecil merasa rileks dan tidur dengan lebih mudah.

6. Manfaatkan obat pereda nyeri

Cara ini bisa Anda tempuh jika kelima metode di atas tak kunjung membuahkan hasil positif. Obat pereda nyeri dapat membantu meringankan rasa sakit akibat tumbuh gigi pada bayi Anda sekaligus membantunya untuk tertidur.

Namun, selalu ingat untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda memberikan obat pereda nyeri apapun kepada si kecil. Jangan membeli produk farmasi yang dijual bebas dan pilihlah obat pereda nyeri seperti ibuprofen yang diformulasikan khusus untuk bayi maupun anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News