CLOSE [X]
ads

6 Cara Mencegah Saddle Sores, Luka Kulit Selangkangan Akibat Bersepeda

Reporter: Ana Risma
Rabu, 18 Mei 2022 | 20:15 WIB
6 Cara Mencegah Saddle Sores, Luka Kulit Selangkangan Akibat Bersepeda


MOMSMONEY.ID - Saddle sores dikutip dari Healthline adalah lesi kulit menyakitkan yang dapat terbentuk pada bagian tubuh yang bersentuhan dengan kursi atau sadel sepeda. Dalam hal ini, bagian tubuh tersebut tidak lain adalah area selangkangan.

Menurut Michael Schaefer, MD, selaku Direktur Cleveland Clinic, ada 3 akar masalah penyebab saddle sores yakni gesekan, kelembaban, dan tekanan. Adapun wujud saddle sores bisa berupa benjolan keras yang menyakitkan, benjolan berisi cairan, lecet, luka seperti luka bakar, hingga folikel rambut yang terinfeksi.

Lalu, apakah saddle sores dapat dicegah? Tentu saja bisa.

Baca Juga: 4 Kesalahan Skincare yang Bisa Bikin Pori-Pori Membesar, Yuk Hindari!

Melansir laman Cleveland Clinic dan Total Women’s Cycling, inilah 6 cara mencegah saddle sores yang perlu diterapkan sebelum, saat, dan sesudah bersepeda.

1. Pilih bentuk sadel sepeda yang pas

Cara mencegah saddle sores yang pertama adalah memilih sadel sepeda yang pas. Pada dasarnya, sadel sepeda memiliki bentuk dan kontur yang berbeda untuk mengakomodasi kebutuhan dari setiap pengendara yang berbeda pula.

Jadi, alangkah baiknya Anda memastikan terlebih dahulu bahwa bentuk sadel sepeda Anda telah sesuai dengan kebutuhan Anda sebelum mulai bersepeda.

2. Sesuaikan sadel sepeda untuk membantu mendistribusikan berat badan

Tekanan merupakan salah satu penyebab di balik munculnya saddle sores. Maka dari itu, Anda perlu menyesuaikan sadel sepeda Anda agar pas dengan cara Anda bersepeda.

Dikarenakan sadel sepeda dapat bergerak maju, mundur, dan miring, maka sangat disarankan bagi Anda untuk meluangkan waktu guna mencari tahu posisi bersepeda yang terbaik untuk Anda.

Pastikan sekitar sepertiga dari berat badan Anda berada di atas sadel dan posisikan sepertiga lainnya pada tangan. Kemudian, fokuskan berat badan Anda yang masih tersisa pada bagian kaki.

3. Kenakan pakaian yang tepat

Mengelola kelembaban dan kuman di area kulit yang bersentuhan dengan sadel sepeda sangatlah penting. Ini berguna untuk membantu menjaga pori-pori kulit tetap bersih dan menghindari infeksi.

Sebelum bersepeda, pastikan Anda mengenakan celana pendek sepeda yang bersih. Anda juga harus segera melepasnya setelah kegiatan bersepeda selesai. Selalu ingat untuk memakai pakaian dalam dan luar berventilasi baik setelah bersepeda guna memungkinkan tubuh khususnya area selangkangan mengering secara menyeluruh.

Editor: Ana Risma

Terbaru
TOPIK TERPOPULER