Keluarga

6 Cara Membuat Kulit Terasa Halus dari Dalam, Tidak Sulit!

6 Cara Membuat Kulit Terasa Halus dari Dalam, Tidak Sulit!

MOMSMONEY.ID - Kulit halus merupakan salah satu ciri kulit yang sehat. Sementara itu, kulit yang terasa kasar mengindikasikan kekeringan, dehidrasi, dan penumpukan sel kulit mati.

Sejatinya, kulit yang halus paripurna tidak bisa diciptakan dengan hanya mengandalkan penggunaan produk skincare atau perawatan di klinik kecantikan. Pasalnya, diperlukan gaya hidup sehat juga untuk mencapai tampilan kulit yang halus dari dalam.

Tidak boleh Anda lewatkan, inilah 6 cara membuat kulit terasa halus dari dalam yang patut Anda praktikkan sebagaimana dilansir dari Healthline, Ipsy, dan Dermstore.

Baca Juga: Pudarkan Flek Hitam! Ketahui 4 Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kecantikan

1. Minum cukup air

Tubuh terdiri dari sekitar 80% air. Dan, sel-sel tubuh membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik. Semakin banyak air yang Anda minum, maka semakin banyak pula sel-sel tubuh termasuk sel kulit yang bekerja secara efisien dan membuang racun.

Untuk membuat kulit ternutrisi, terhidrasi, sehat, dan senantiasa halus, pastikan untuk minum 8-10 gelas air per hari.

2. Jaga kualitas tidur

Tubuh akan memperbaiki dirinya sendiri dan pulih dari stres tatkala Anda tidur. Jika Anda kurang mendapatkan tidur yang berkualitas, maka kulit Anda akan rentan terhadap penuaan dini. Sebaliknya, kualitas tidur yang baik akan membuat Anda memiliki lebih sedikit kerutan dan cekungan di bawah mata.

Jadi, tidurlah selama 7-8 jam setiap malam apabila Anda menginginkah kulit yang tampak halus dan awet muda.

3. Konsumsi makanan kaya antioksidan dan probiotik

Makanan kaya antioksidan memiliki efek perlindungan bagi kulit. Makanan ini termasuk sayuran berdaun hijau, buah dan sayuran berwarna kuning dan oranye, serta ikan berlemak seperti salmon.

Anda juga bisa menambahkan probiotik ke dalam makanan Anda. Bagi kulit, probiotik mampu membantu mengobati sekaligus mencegah kondisi kulit seperti eksim dan jerawat serta kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar UV matahari.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Teh Pelangsing yang Efektif dan Sudah Terdaftar BPOM

4. Olahraga secara teratur

Olahraga akan menginduksi lebih banyak volume darah untuk dipompa melalui pembuluh-pembuluh wajah yang mengarah ke lebih banyak mikronutrien dan sifat penyembuhan kulit.

Tak sampai di situ, olahraga juga mampu membantu mengurangi peradangan, mengatur hormon penting pada kulit, serta mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Plus, keringat yang dihasilkan selama berolahraga akan menjadi cara yang bagus untuk membersihkan pori-pori kulit dari kotoran.

5. Kurangi minum alkohol

Konsumsi alkohol telah dikaitkan dengan photodamage kulit yang merupakan kerusakan kulit akibat sinar matahari. Saat Anda terbiasa minum alkohol terlalu banyak, itu dapat menyebabkan dehidrasi yang memicu kekeringan dan penuaan dini pada kulit.

Jika Anda tidak bisa lepas dari alkohol sama sekali, berusahalah untuk membatasi konsumsi alkohol Anda menjadi 1-2 kali saja sehari. Ini dilakukan untuk mengurangi efek alkohol yang berisiko merusak tubuh dan kulit Anda.

6. Hindari rokok

Paparan asap rokok baik secara internal maupun eksternal bisa menyebabkan penuaan dini dan kerutan pada kulit. Selain itu, kulit yang terlalu sering terpapar asap rokok juga berisiko lebih tinggi terhadap gangguan kulit termasuk jerawat dan psoriasis. Yang paling parah, kemampuan kulit untuk menyembuhkan dirinya sendiri bisa rusak akibat asap rokok.

Oleh sebab itu, hentikanlah kebiasaan merokok Anda secara perlahan jikalau Anda ingin menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit Anda. Apabila Anda kesulitan untuk berhenti merokok, jangan ragu meminta bantuan dokter untuk menyusun rencana berhenti merokok yang tepat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News