Keluarga

6 Cara Maksimalkan Manfaat Jalan Kaki untukmu yang Kurang Berolahraga

6 Cara Maksimalkan Manfaat Jalan Kaki untukmu yang Kurang Berolahraga

MOMSMONEY.ID - Jika Anda terlalu sibuk dan kurang berolahraga, waktunya maksimalkan manfaat jalan kaki yang bisa dilakukan kapanpun dan di manapun.

Tak cuma akan menyehatkan tubuh, memaksimalkan efek berjalan kaki juga sama halnya seperti sudah melakukan olahraga. Sebab tak semua aktivitas berjalan kaki bisa memiliki efek yang setara dengan berolahraga.

Inilah cara maksimalkan manfaat jalan kaki yang bisa Anda tiru!

Langkah kaki harus cepat

Supaya memaksimalkan manfaat jalan kaki, maka Anda harus melakukannya dengan kecepatan hingga 2x lipat daripada biasanya.

"Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jalan kaki, Anda harus mampu menempuh jarak 4,8 kilometer dalam waktu 45 menit, sebuah kecepatan yang cukup cepat,” kata Dr. Andrew Weil dalam Lambton Chiropractic Centre.

Dengan menggunakan kecepatan ini, Anda akan bernapas lebih cepat, dan jantung berdetak lebih sering. Dengan begitu, manfaat jalan kaki jadi lebih terasa untukmu yang memang jarang berolahraga.

Baca Juga: 7 Sayuran Murah untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi, Bisa Menurunkan Hipertensi

Perhatikan postur tubuh

Jalan kaki menjadi sia-sia dan hanya mendapatkan rasa pegal di badan, jika dilakukan dengan postur yang tak benar.

Postur tubuh saat berjalan kaki diharuskan dengan pandangan ke depan, tidak condong ke depan. Leher, bahu, dan punggung dalam keadaan rileks, serta lengan bisa terayun bebas di samping tubuh.

Setiap langkah kaki, pompa lengan & kencangkan sedikit otot perut Anda. Pertahankan juga langkah kaki yang lebar agar manfaat jalan kaki bisa didapat maksimal.

Maksimalkan manfaat jalan kaki

Peregangan sebelum & sesudah jalan kaki

Sebelum berjalan kaki lama dengan jarak tempuh yang jauh, maka disarankan ntuk selalu melakukan peregangan otot supaya tak cedera/kram.

Better Health menyarankan untuk melakukan peregangan otot kaki, terutama betis, paha depan, dan paha belakang, setidaknya selama 20 detik.

Baca Juga: 6 Makanan Buruk yang Bisa Merusak Organ Tubuh, Jangan Konsumsi Berlebihan!

Pilih alas kaki yang bikin nyaman

Jalan kaki merupakan bentuk olahraga yang murah, efektif, dan bisa dilakukan di tengah-tengah kesibukan. Namun supaya memaksimalkan manfaat jalan kaki, maka Anda harus memilih jenis sepatu yang pas dan bikin nyaman.

Pastikan sepatu yang digunakan memiliki penyangga tumit & lengkungan yang sesuai dengan bentuk kaki. Setiap langkah, pastikan tumit terlebih dahulu menyentuh tanah sebelum jari kaki.

Alas kaki yang keras malah akan menyebabkan nyeri pada tulang, lecet, bahkan cedera jaringan lunak.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Terbaik untuk Kesehatan Otak, Bisa Tingkatkan Daya Ingat!

Berjalan sebanyak yang Anda bisa

Dari sebuah studi yang dilakukan University of Warwick, ditemukan bahwa orang yang melakukan aktivitas gerak paling sedikit cenderung memiliki faktor risiko paling besar terhadap penyakit jantung.

Disarankan untuk melakukan minimal 15.000 langkah per hari, atau menyesuaikan dengan berat tubuhmu, melansir dari Consumer Reports.

Langkah 10.000 saja, menurut peneliti, dinilai kurang memberi efek maksimal dari manfaat jalan kaki.

Baca Juga: 6 Alasan Ilmiah Penyebab Perut Mudah Lapar, Begini Kata Ahli!

Berjalan di tingkat kemiringan

Salah satu cara maksimalkan manfaat jalan kaki ialah dengan berjalan di tengah kemiringan, seperti saat mendaki bukit, gunung, atau naik turun tangga.

Tentu berbeda saat jalan kaki di tanah datar dengan tanah yang miring. Manfaat maksimal akan diperoleh karena berjalan di tanah miring dapat meningkatkan detak jantung lebih banyak.

Jika jantung memompa lebih banyak, maka nutrisi & oksigen mengalir lebih banyak di dalam darah.

Itulah beberapa cara maksimalkan manfaat jalan kaki yang berpengaruh besar untukmu yang kurang berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News