Keluarga

6 Cara Kucing Menunjukkan Rasa Sayang ke Manusia

6 Cara Kucing Menunjukkan Rasa Sayang ke Manusia

MOMSMONEY.ID - Berbeda dengan anjing yang umumnya lebih ekspresif, kucing cenderung sulit ditebak karena kerap menyembunyikan perasaan hatinya. Oleh karena itu, pemilik kucing pun kerap dibuat bingung dengan tingkah lakunya.

Karena tidak bisa berkomunikasi sejelas manusia, kucing terkadang terlihat jutek dan seakan-akan tidak peduli dengan pemiliknya. Padahal, jika diperhatikan, kucing bisa menunjukkan rasa sayangnya pada manusia dengan berbagai cara, lo.

Penasaran seperti apa caranya? Dikutip dari Purina dan The Spruce Pets, berikut beberapa cara kucing menunjukkan rasa sayang pada manusia.

Baca Juga: Tak Kalah Menggemaskan, Ini Dia Ras Kucing dengan Bulu Pendek

Mendengkur dan memijati manusia

Kucing yang tiba-tiba menempel dan mendengkur sambil memijati tubuh Anda biasanya sedang mengekspresikan rasa sayangnya. Dengkuran ini juga kerap muncul saat mereka sedang dielus oleh pemiliknya. Umumnya, dengkuran tersebut menandakan mereka merasa nyaman dan menikmati sesuatu.

Berguling di lantai

Selain mendengkur, kucing yang mendatangi dan menempel pada Anda terkadang menjatuhkan diri sambil berguling di lantai. Hal ini merupakan cara bagi si kucing untuk menyambut Anda dengan penuh kasih sayang, sambil meminta perhatian Anda.

Menggosokkan wajahnya ke tubuh manusia

Pernahkah si kucing menggosok-gosokkan kepalanya (terutama bagian wajah) pada tubuh Anda? Jika ya, biarkan mereka melakukannya karena hal itu termasuk cara kucing menandai teritorinya. Dengan menandai teritorinya, secara tidak langsung mereka “mengklaim” dan menunjukkan rasa sayangnya pada Anda.

Baca Juga: Dikenal Banyak Tingkah, Simak 5 Fakta Unik Seputar Kucing Oren!

Membawakan benda tertentu

Kucing peliharaan terkadang membawakan berbagai benda tertentu pada pemiliknya, mulai dari mainan, daun kering, hingga hewan mati. Kebiasaan kucing membawakan benda ini bisa dianggap sebagai cara mereka membawakan hadiah untuk pemiliknya, sehingga menjadi tanda sayang si kucing.

Menegakkan ekornya

Suasana hati kucing umumnya bisa diketahui lewat posisi ekornya. Contohnya, jika si kucing menegakkan ekornya saat Anda sedang mengelus mereka, artinya mereka ingin dielus di bagian pangkal ekornya. Selain itu, kucing yang mendatangi Anda sambil menegakkan ekornya biasanya sedang menyapa Anda dengan rasa sayang.

Memberi pandangan sambil mengedip pelan

Terkadang, kucing yang sedang memandangi Anda akan menutup matanya perlahan. Sekilas, hal tersebut memang terlihat biasa saja, tapi itu termasuk cara kucing mengekspresikan rasa sayangnya, lo. Anda juga bisa balik mengedip pelan pada si kucing untuk memberitahu mereka bahwa Anda menyayangi mereka.

Nah, itulah beberapa cara kucing menunjukkan rasa sayangnya pada manusia. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News