Keluarga

6 Cara Hilangkan Bau Gosong Pada Makanan, Efektif dan Mudah Dilakukan

6 Cara Hilangkan Bau Gosong Pada Makanan, Efektif dan Mudah Dilakukan

MOMSMONEY.ID - Salah satu kecelakaan saat memasak yang paling sering terjadi adalah membakar makanan hingga gosong. Cukup sulit untuk menghindarinya, namun kini Anda bisa hilangkan bau gosong pada makanan dengan beberapa cara.

Cara hilangkan bau gosong bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari mengganti wajan hingga menambahkan beberapa bahan tertentu.

Untuk tahu apa saja cara hilangkan bau gosong pada makanan, intip artikel yang berikut ini, yuk! Melansir dari Times of India, Miss Vickie, dan Pro Family Chef, berikut selengkapnya!

Baca Juga: Tak Lagi Hambar dan Pahit, Ini 6 Tips Bikin Sayuran Jadi Masakan Lezat dan Disukai

Ganti wajan

Ketika tiba-tiba tercium bau gosong saat memasak, belum tentu yang terbakar adalah makananmu. Bisa jadi wajan/pancilah yang terbakar. Coba perhatikan terlebih dahulu.

Wajan Gosong

Jika memang wajan yang terbakar, cara hilangkan bau gosong yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengganti wajan. Segera juga pindahkan makanan dari wajan gosong ke wajan yang bersih.

Baca Juga: 5 Tips Rahasia Bikin Kentang Goreng Buatanmu Jadi Super Renyah ala Restoran

Apabila makanan menempel di wajan, jangan mengikisnya karena akan membuat lapisan wajan menempel pada makanan dan membahayakan tubuh jika termakan. Cukup beri minyak goreng hingga makanan tak lagi menempel.

Potong bagian yang terbakar

Cara hilangkan bau gosong pada makanan seperti daging ataupun sayuran yang terbakar selama proses memasak bisa dilakukan dengan memotongnya.

Potonglah bagian yang gosong untuk menyelamatkan bagian makanan yang masih utuh. Cara ini juga dapat hilangkan warna hitam dan bau gosong akibat terbakar.

Baca Juga: Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

Tambahkan rasa asam alami

Cara hilangkan bau gosong pada makanan selanjutnya bisa dilakukan dengan menambahkan rasa asam alami seperti jus lemon, cuka, ataupun tomat.

Rasa asam secara alami dapat menyeimbangkan bau gosong pada makanan. Namun jangan menambahkannya secara berlebihan agar tak terasa asam.

Tambahkan krim

Tambahkan beberapa bahan bertekstur krim bisa jadi salah satu cara hilangkan bau gosong yang cukup efektif.

Penambahan krim untuk hilangkan bau gosong paling cocok dilakukan untuk makanan yang mengandung saus, bergantung pada masakan apa yang dibuat. Coba tambahkan beberapa sendok krim seperti susu, plain yogurt, krim, ataupun butter ke dalam masakan.

Baca Juga: 4 Alasan Rasa Makanan di Restoran Terasa Lebih Lezat Dibandingkan Masakan Rumah

Kentang

Kentang merupakan raja penyelamat. Kentang dikenal dapat menyerap rasa dan bau gosong pada masakan.

Anda bisa mengupas dan memotong kentang lalu memasukkannya ke dalam makanan yang sedang dimasak. Jika makanan sudah matang, angkat dan buang kentang tadi, lalu sajikan masakan ke atas piring saji.

Baca Juga: 7 Tips Penting ala Koki yang Permudah Memasak Chinese Food di Rumah

Tambahkan saus

Aneka saus mulai dari saus manis hingga saus pedas adalah salah satu cara terbaik hilangkan bau gosong pada makanan. Namun, ini hanya berlaku apabila makanan yang Anda masak berupa daging bakar.

Bakso Kepiting Saus Singapore

Baca Juga: Bikin Hidangan Makin Beragam, Ini 5 Teknik Memasak Ala Prancis yang Bisa Ditiru

Dengan menambahkan saus, orang-orang tak akan tahu bahwa makanan tersebut gosong. Ini karena saus dapat menutupi rasa dan bau gosong pada makanan.

Beberapa bahan alternatif terbaik untuk hilangkan bau gosong adalah menggunakan saus jamur, krim bawang putih, saus lada hitam, saus BBQ, dan saus teriyaki.

Coba tiru beberapa cara di atas untuk dapat hilangkan bau gosong pada makanan yang telah terbakar, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News