Keluarga

6 Cara Dapatkan Daging Panggang yang Enak dan Berkualitas dengan Teknik Grill

6 Cara Dapatkan Daging Panggang yang Enak dan Berkualitas dengan Teknik Grill

MOMSMONEY.ID - Ingin memasak steak daging sapi yang berkualitas seperti di restoran, tapi tak tahu bagaimana caranya? Tenang, ada beberapa cara grill daging yang bisa Anda tiru di rumah.

Cara grill daging yang berikut ini digunakan oleh para professional agar bisa menghasilkan hidangan steak yang empuk, lezat, dan matang merata.

Langsung simak beberapa cara grill daging, dilansir dari Real Simple dan The Spruce Eats, selengkapnya:

Baca Juga: 6 Tips Masak Dada Ayam Agar Lebih Empuk dan Matang Merata

Beli daging yang tepat

Cara grill daging yang enak dan empuk, pertama-tama haruslah dengan memilih bagian daging yang tepat. Pilihlah bagian daging yang memang khusus untuk steak, seperti ribeye, tenderloin, T-Bone, hingga porterhouse.

Namun, apapun bagiannya, pilihlah steak daging sapi yang berwarna rata dan merah cerah. Ini menandakan daging sapi masih segar dan berkualitas tinggi. Tak lupa pastikan ketebalan daging steak seragam agar saat dimasak bisa matang merata.

Baca Juga: 4 Bagian Daging Terenak untuk Grill yang Empuk dan Juicy, Selezat Buatan Restoran

Keluarkan daging dari kulkas

Menyimpan Daging di Kulkas Agar Awet

Sebelum Anda mulai meng-grill daging, maka langkah yang harus dilakukan adalah mengeluarkan daging dari kulkas. Biarkan daging berada pada suhu normal sebelum memasaknya.

Hindari memasak steak daging sapi langsung dari kulkas, karena ini bisa membuat daging steak Anda jadi tak matang merata. Ini akan membuat bagian luar steak jadi garing, namun bagian dalamnya masih mentah.

Cara terbaik grill daging yang enak, empuk, dan matang merata adalah dengan membiarkan daging selama 1 jam setelah dikeluarkan dari kulkas.

Baca Juga: 3 Kunci Utama Perbedaan Grill, Barbeque, dan Roasting untuk Memasak Daging

Bersihkan peralatan grill

Pastikan grill grate yang akan Anda pakai bersih dan higienis. Alat ini tak boleh kotor ataupun berdebu karena akan dijadikan sebagai alas untuk memanggang daging.

Jadi, gosok alat ini sebelum memasaknya. Gunakan sikat kawat untuk membersihkannya.

Cara lainnya bisa dilakukan dengan menggosok alat menggunakan minyak sayur/kanola (atau jenis minyak lainnya yang punya rasa netral). Tuangkan sedikit minyak di atas tisu, lalu gosokkan ke atas alat pemanggang yang bersih dan bersuhu dingin.

Apabila peralatan memanggang telah beres dipakai, jangan lupa bersihkan kembali. Cara terbaik membersihkan peralatan grill ini adalah pada saat grill grate masih dalam suhu yang hangat agar segala residu mudah terangkat.

Baca Juga: Resep Steak Daging Sapi Saus Jamur yang Super Empuk dan Tebal

Tunggu arang hingga panas

Jika Anda memanggang steak daging sapi menggunakan arang, cara grill daging yang enak dan empuk bisa diperoleh dari arang yang telah benar-benar panas. Arang yang belum panas dapat membuat daging jadi sulit matang.

Biarkan arang menyala hingga mengeluarkan api dan panas yang stabil, barulah grill daging yang Anda inginkan. Dijamin, daging jadi lebih terasa smoky.

Baca Juga: Anti Gagal, Ikuti 6 Tips Masak Wagyu Agar Enak Seperti Buatan Koki

Bumbui daging

Steak Marinasi

Cara grill daging agar rasanya jadi luar biasa nikmat adalah dengan banyak membumbuinya. Jangan pelit bumbu saat sedang memasak daging.

Steak daging sapi paling nikmat dibumbui dengan garam & lada hitam bubuk. Ini membuat cita rasa alami daging jadi bersatu padu dengan kedua bumbu tadi.

Pastikan membumbui daging hingga benar-benar merata ke seluruh bagian agar tak ada bagian daging yang hambar.

Baca Juga: 4 Cara Memilih Daging Sapi yang Masih Segar

Jangan sembarangan membalik daging

Cara grill daging yang enak dan empuk adalah dengan tidak sembarangan membolak-balikkan daging.

Balikkan daging hanya jika Anda sudah merasa sisi daging tersebut sudah cukup matang. Hindari juga menusukkan daging menggunakan garpu, karena ini berisiko membuat steak jadi kering.

Itulah beberapa cara grill daging yang enak dan empuk. Anda bisa mengikuti beberapa tips di atas untuk bisa mendapatkan steak daging sapi yang berkualitas seperti di restoran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News