Keluarga

5 Trik Menggunakan Warna Gelap di Rumah Minimalis, Coba Yuk!

5 Trik Menggunakan Warna Gelap di Rumah Minimalis, Coba Yuk!

MOMSMONEY.ID - Warna gelap umumnya bukan warna yang populer digunakan pada dinding rumah, apalagi rumah yang mengusung gaya minimalis. Sebab, warna gelap rentan memberikan kesan ruangan yang sempit dan suram.

Namun, jika dilakukan dengan tepat, penggunaan warna gelap untuk dinding rumah dapat memberikan kesan yang unik dan berbeda dari biasanya.

Nah, bila Anda ingin mencoba menggunakan warna gelap untuk dinding rumah, ada beberapa tips dan trik yang bisa dicoba. Dilansir dari Vault DesignApartment Therapy, dan The Spruce, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam menggunakan warna gelap untuk dinding rumah.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Warna yang Cocok Dipadukan dengan Dusty Pink, Bikin Rumah Cantik!

Gunakan aksen warna

Untuk menghidupkan suasana ruangan, Anda bisa mencoba menggunakan warna aksen yang berbeda dengan penampilan ruangan yang gelap.

Contohnya, Anda dapat menggunakan warna pastel yang kalem seperti blush pink atau baby blue. Jika Anda menyukai warna yang bold, coba warna yang mencolok seperti mustard yellow atau gunakan tanaman hias untuk memberi tambahan warna hijau yang segar di ruangan.

Beri hiasan dinding

Jika Anda merasa warna dinding yang gelap akan memberi kesan ruangan yang kaku dan sempit, coba beri hiasan dinding seperti lukisan atau wall art dengan warna yang beragam untuk menghidupkan ruangan.

Selain itu, penggunaan hiasan dinding dapat mengurangi kesan ruangan yang gelap dan sempit karena warna dinding yang gelap.

Bereksperimen dengan warna gelap

Jika membicarakan warna-warna gelap, mungkin Anda membayangkan warna hitam yang pekat. Padahal, ada banyak sekali variasi warna gelap yang bisa Anda coba seperti abu-abu, hijau zamrud, atau navy blue.

Atau, coba gunakan warna gelap yang terkesan “kotor” atau dusty dengan campuran abu-abu atau coklat untuk kesan warna yang lebih kalem dan tidak menyolok, sehingga ruangan akan terlihat nyaman.

Baca Juga: Memahami Berbagai Masalah di Rumah Saat Musim Kemarau, Apa Saja?

Beri penyeimbang

Untuk menyeimbangkan warna gelap pada ruangan, salah satu langkah yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan furnitur berwarna terang. Melalui apartmenttherapy.com, Caroline Grant dan Dolores Suarez dari Dekar Design mengatakan bahwa penggunaan furnitur berwarna terang dapat memberi ilusi ruangan yang lebih besar dan terang.

Sementara itu, Crystal Sinclair dari Crystal Sinclair Designs menyarankan penggunaan warna-warna terang pada lantai atau langit-langit untuk menyeimbangkan warna gelap pada dinding ruangan. Atau, Anda dapat menggunakan cermin untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar.

Maksimalkan pencahayaan

Terakhir, Anda perlu memperhatikan pencahayaan di dalam ruangan dengan dinding gelap supaya ruangan tidak terkesan suram.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan pencahayaan di ruangan dengan dinding gelap, seperti menggunakan jendela besar untuk memasukkan cahaya alami, lampu ruangan, hingga furnitur dan pernak-pernik berwarna terang yang dapat membantu memantulkan cahaya.

Nah, itulah beberapa tips untuk menggunakan warna gelap di dinding rumah Anda. Bagaimana, siap mencoba sesuatu yang berbeda untuk dinding rumah?

Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News