CLOSE [X]
ads

5 Trik Menggunakan Warna di Kamar Mandi, Suasana Makin Hidup!

Reporter: Kania Paramahita
Rabu, 29 Juni 2022 | 13:52 WIB
5 Trik Menggunakan Warna di Kamar Mandi, Suasana Makin Hidup!

ILUSTRASI. Berikut cara-cara menggunakan warna di kamar mandi supaya terlihat cantik dan hidup.


MOMSMONEY.ID - Warna merupakan salah satu komponen yang dapat menghidupkan suasana di suatu hunian, termasuk di area kamar mandi. Sebab setiap warna memiliki kesan tersendiri, sehingga akan menghasilkan suasana yang berbeda pula.

Nah, karena kamar mandi tergolong area yang memerlukan suasana tenang dan nyaman, penggunaan warna di kamar mandi perlu diperhatikan supaya tidak terlihat berlebihan, tapi tetap menarik.

Bagaimana caranya menggunakan warna di kamar mandi supaya terlihat cantik? Merangkum penjelasan dari bhg.com dan My Moves, berikut trik-triknya.

Gunakan proporsi warna

Supaya kamar mandi terlihat menarik, Anda bisa menggabungkan beberapa warna sekaligus. Kuncinya, gunakan proporsi dan kombinasi warna yang tepat.

Sebagai acuan, bisa gunakan tiga warna sekaligus dengan rumus 70-20-10. Gunakan warna netral yang terang sebagai warna utama sebanyak 70%, warna kedua sebanyak 20%, dan warna yang lebih mencolok sebagai warna aksen sebanyak 10%. Hal ini akan membuat kamar mandi lebih nyaman dipandang.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Warna Keramik yang Tidak Gampang Terlihat Kotor

Gabungkan dua warna netral

Jika tidak ingin bereksperimen dengan warna-warna yang mencolok, tak ada salahnya menggunakan warna netral di kamar mandi. Malahan, kombinasi warna netral akan membuat kamar mandi terasa lebih simpel dan nyaman.

Hampir sama seperti poin sebelumnya, tetap perhatikan proporsi warna yang digunakan. Untuk dua warna, Anda bisa menggunakan rumus 70-30, yaitu 70% warna utama dan 30% warna kedua.

Jangan takut dengan warna gelap

Warna gelap kadang dihindari pemilik rumah karena identik dengan kesan suram dan sempit. Padahal, penggunaan warna gelap justru dapat menciptakan kesan dramatis yang menarik perhatian, lo.

Triknya, imbangi penggunaan warna gelap yang bold dan rich dengan warna yang lebih terang dan cerah, misalnya warna putih atau warna-warna pastel. Anda juga bisa mengoptimalkan pencahayaan dan menggunakan pernak-pernik metalik untuk meminimalisir kesan sempit.

Baca Juga: Ingin Menggunakan Wallpaper di Kamar Mandi? Simak Tipsnya Dulu, Yuk!

Sesuaikan dengan gaya rumah

Karena termasuk bagian dari suatu rumah, maka tak ada salahnya jika ingin mencocokkan warna kamar mandi dengan warna-warna yang sudah ada di rumah.

Untuk kesan yang sedikit berbeda, Anda bisa menggunakan warna aksen yang ada di suatu ruangan, lalu menggunakannya sebagai warna yang dominan di kamar mandi. Jadi, walaupun menggunakan warna yang berbeda, tampilan seluruh rumah akan tetap serasi.

Hadirkan warna dari berbagai komponen

Pada dasarnya, keberadaan warna di kamar mandi bisa dihadirkan dari berbagai komponen, seperti cat dinding, keramik lantai, keramik dinding, hingga pernak-pernik seperti wastafel, cermin, kabinet, dan lain-lain.

Jadi, jangan hanya terpaku pada satu komponen saja untuk menghadirkan warna di kamar mandi. Cobalah mengombinasikan warna cat dinding, keramik, hingga aksesoris kamar mandi untuk menghadirkan kesan yang unik.

Nah, itulah beberapa trik untuk menggunakan warna di kamar mandi. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER