HOME, Keluarga

5 Trik Memanfaatkan Plafon Tinggi di Rumah, Bikin Interior Makin Cantik

5 Trik Memanfaatkan Plafon Tinggi di Rumah, Bikin Interior Makin Cantik

MOMSMONEY.ID - Disadari atau tidak, memiliki rumah dengan plafon tinggi sebenarnya memiliki beberapa keuntungan. Salah satu keuntungan rumah berplafon tinggi adalah memberi ilusi rumah yang luas dan besar, sehingga akan cocok untuk rumah di lahan sempit.

Di sisi lain, rumah berplafon tinggi akan memberikan banyak area kosong pada dinding dan bagian atas rumah. Jika dibiarkan begitu saja, tentu rumah bisa terasa sepi dan membosankan.

Baca Juga: 4 Keuntungan Memiliki Plafon Rumah yang Tinggi, Salah Satunya Bikin Rumah Sejuk

Nah, berikut ini sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan ruang kosong akibat plafon tinggi di rumah.

Buat mezzanine

Dilansir dari Archdaily, salah satu cara yang paling umum untuk memanfaatkan plafon tinggi adalah dengan membuat mezzanine di bagian atas rumah.

Pada dasarnya, mezzanine adalah lantai tambahan dengan model seperti balkon yang dibangun di tengah ruangan. Mezzanine biasanya memiliki luas lantai antara sepertiga hingga setengah luas lantai di bawahnya.

Mezzanine biasanya dijumpai di bangunan industrial dan dimanfaatkan sebagai warehouse dan tambahan area di bangunan tersebut. Di rumah, mezzanine bisa digunakan sebagai area home office, penyimpanan barang, hingga kamar tidur.

Tambahkan rak penyimpanan

Plafon yang tinggi menyebabkan dinding di bawahnya menjadi lebih tinggi pula. Karena itu, Anda bisa memanfaatkan area dinding untuk menambahkan rak atau lemari yang tinggi dengan bentuk apapun yang Anda suka.

Menambahkan rak penyimpanan di dinding pada dasarnya tidak memakan space di lantai, sehingga rumah bisa terlihat lebih lapang. Selain itu, keberadaan rak juga membantu mengisi area kosong pada dinding sehingga tidak terlihat sepi.

Baca Juga: Tren Desain Rumah Mewah Ini Diprediksi Populer di Tahun 2022, Lo!

Buat dinding aksen

Anda malas menambahkan dekorasi pada dinding rumah berplafon tinggi, tapi tidak ingin interior rumah terlihat sepi dan kosong?

Mudah saja, cukup gunakan wallpaper bermotif atau cat dinding dengan warna mencolok pada satu sisi dinding sehingga menjadi dinding aksen. Menurut MyMove, menambahkan wallpaper atau cat dinding dapat membantu memberikan kesan yang unik dan berbeda di suatu ruangan.

Baca Juga: Bikin Rumah Suram, Ini Kesalahan Mengatur Pencahayaan yang Harus Dihindari

Tambahkan lampu gantung

Salah satu keuntungan memiliki rumah berplafon tinggi adalah Anda bisa menambahkan lampu gantung tanpa takut lampu tersebut akan “memakan” ruang di rumah.

Anda bisa memasangkan lampu gantung dengan desain apapun, seperti lampu chandelier bergaya klasik hingga lampu yang terlihat lebih modern dan kontemporer. Apapun itu, pilihlah lampu dengan desain yang sesuai dengan tema interior rumah Anda.

Pasang hiasan berukuran besar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, plafon yang tinggi menyebabkan dinding di bawahnya menjadi tinggi pula, sehingga rawan terlihat sepi dan kosong jika tidak didekorasi dengan baik.

Nah, untuk mengisi space yang kosong pada dinding, Anda bisa memasang hiasan atau dekorasi dinding berukuran besar. Supaya hiasannya masih tetap bisa dinikmati, pasanglah hiasan tersebut sehingga sejajar dengan pandangan mata.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan plafon tinggi di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News