HOME, Keluarga

5 Tren Desain Eksterior Rumah di Tahun 2022, Apa Saja?

5 Tren Desain Eksterior Rumah di Tahun 2022, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Tak hanya interior rumah, eksterior atau bagian luar rumah juga perlu didesain supaya terlihat trendi dan kekinian.

Apalagi, eksterior merupakan bagian pertama yang dilihat seseorang dari suatu rumah. Jadi, untuk memberikan kesan pertama yang apik, bagian luar rumah tentu perlu ditata dengan baik pula.

Nah, untuk membantu Anda menata eksterior rumah dengan lebih mudah, berikut ada beberapa contoh tren desain eksterior rumah yang diprediksi akan populer di tahun 2022, mulai dari tren warna hingga penataan eksterior. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Ini Tren Interior Rumah yang Diprediksi Populer Pada Tahun 2022

Penggunaan warna natural

Tak hanya untuk interior rumah saja, tapi warna-warna natural dan earthy seperti coklat, abu-abu, dan hijau juga diprediksi akan banyak digunakan untuk eksterior rumah di tahun 2022.

Dikutip dari Allura USA, penggunaan warna-warna earthy bisa memberikan kesan kuat, tegas, dan stabil, sehingga rumah akan terasa nyaman dan menenangkan.

Untuk memperkuat kesan tersebut, Anda bisa menambahkan warna hitam sebagai aksen pelengkap pada kusen jendela, tiang, atau detail-detail eksterior rumah yang lainnya.

Penggunaan material dan tekstur alami

Selain warna-warna yang natural dan earthy, penggunaan material dan tekstur yang terlihat alami juga turut menjadi tren eksterior rumah pada tahun ini.

Dilansir dari mydecortrends.com, penggunaan material alami seperti kayu dan batu bisa membuat eksterior rumah terlihat membaur dengan halaman rumah dan lingkungan sekitarnya, sehingga keseluruhan penampilan rumah akan terlihat serasi dan harmonis.

Namun, Anda tidak harus memaksakan diri menggunakan material yang benar-benar alami. Contohnya, Anda bisa menggunakan keramik dengan motif yang menyerupai kayu dan batu untuk mendapatkan efek yang sama.

Baca Juga: Menurut Feng Shui, Ini Warna Rumah yang Bikin Hoki Pada Tahun 2022

Penggunaan material yang tahan lama

Di tahun 2022, penggunaan material dengan durabilitas tinggi dan tahan lama diprediksi akan semakin umum dijumpai pada eksterior rumah.

Penggunaan material bangunan yang berkualitas dan awet kemungkinan akan mulai menggantikan material yang murah, tapi berkualitas rendah sehingga harus lebih sering diperbaiki dan diganti seiring waktu

Jika dibandingkan, material yang berkualitas dan awet memang jauh lebih menguntungkan untuk jangka waktu yang panjang. Selain itu, material bangunan yang awet sekaligus butuh perawatan minim juga akan makin banyak disukai.

Baca Juga: Hati-Hati, Kesalahan Dekorasi Ini Bikin Rumah Anda Terlihat Tidak Mewah

Gaya minimalis

Jika selama ini Anda banyak menggunakan gaya minimalis untuk interior rumah, coba sesekali aplikasikan gaya ini pada eksterior rumah Anda.

Sama seperti pada interior rumah, penggunaan gaya minimalis pada eksterior rumah juga menekankan gaya yang simpel tanpa elemen dekoratif yang berlebihan. Selain itu, warna-warna yang digunakan pada eksterior rumah juga terkesan netral dan sederhana.

Walaupun begitu, tampilan eksterior rumah yang minimalis justru terlihat unik walaupun sederhana. Beberapa fitur yang umumnya ditemui pada eksterior rumah minimalis meliputi bentuk rumah yang tegas, jendela-jendela besar, lampu yang tersembunyi, dan penggunaan warna-warna terang.

Banyak jendela dan pencahayaan alami

Unsur natural pada eksterior rumah sebenarnya tidak hanya berkisar pada penggunaan warna dan material alami saja. Namun, ada juga aspek lainnya yang bisa Anda gunakan, seperti pencahayaan alami dari sinar matahari.

Untuk memaksimalkan pencahayaan alami tersebut, Anda bisa menambahkan banyak jendela besar pada eksterior rumah. Selain membuat interior rumah terasa cerah dan lapang, keberadaan jendela-jendela tersebut juga akan mempercantik tampilan rumah dari luar.

Itulah beberapa tren desain eksterior rumah yang diprediksi akan semakin populer di tahun 2022. Bagaimana, siap mempercantik tampilan luar rumah Anda dengan tren-tren di atas?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News