HOME, Keluarga

5 Tips Supaya Tetap Fokus dan Produktif Saat Berpuasa

5 Tips Supaya Tetap Fokus dan Produktif Saat Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Pada saat berpuasa, tubuh cenderung kekurangan makanan, minuman, dan bahkan tidur. Akibatnya, energi rentan menurun terutama bagi orang-orang yang harus berpuasa sembari bekerja.

Tak sampai di situ, perubahan besar dalam kebiasaan makan dan tidur selama berpuasa juga dapat menyulitkan pikiran untuk tetap fokus sekaligus bisa mengurangi produktivitas.

Untuk membantu Anda tetap fokus dan produktif saat berpuasa di hari kerja, berikut MomsMoney bagikan 5 tips yang bisa dicoba, sebagaimana dilansir dari Emirates Lifestyle.

Baca Juga: 5 Manfaat Bermain di Luar Ruangan bagi Anak, Bikin Lebih Percaya Diri!

1. Susun rencana

Susun rencana

Tantangan utama yang harus dihadapi oleh hampir semua orang yang berpuasa adalah menjaga pikiran supaya tetap fokus. Sebagai solusinya, rencanakanlah apa saja yang akan Anda lakukan sepanjang hari guna memfokuskan waktu dan perhatian pada hal-hal yang memang harus diprioritaskan.

Cobalah untuk menjadwalkan aktivitas yang membutuhkan banyak energi di pagi hari seperti rapat, menghubungi klien, atau interaksi interpersonal lainnya. Intinya, tugas-tugas dengan prioritas tinggi harus diselesaikan terlebih dahulu. Sementara itu, tugas-tugas yang sekiranya tidak terlalu penting bisa Anda lakukan menjelang akhir hari.

2. Mulailah aktif sejak pagi hari

Membaca Buku

Rencanakanlah sebagian besar tugas di pagi hari. Pasalnya, pikiran dan tubuh cenderung bekerja paling tajam saat pagi hari terutama setelah makan. Alih-alih kembali tidur, cobalah untuk menjadwalkan tugas-tugas intensif setelah selesai sahur.

Anda juga bisa menggunakan waktu setelah sahur untuk menjawab email dan pesan yang masuk tanpa adanya gangguan.

3. Tidur siang

Tidur siang

Siang dan sore hari dapat menjadi waktu terberat bagi sebagian orang yang berpuasa. Faktanya, waktu-waktu ini merupakan titik di mana tubuh mengalami energi terendah.

Jadi, selagi sempat, habiskanlah waktu luang Anda di siang hari untuk tidur guna mengisi ulang energi yang dibutuhkan untuk kembali bersemangat. Tidur siang juga dapat mengisi ulang indra hingga waktu berbuka tiba lho, Moms.

4. Olahraga

Olahraga

Olahraga tidak hanya mampu memberikan tambahan energi, tetapi juga bermanfaat untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan produktivitas dan metabolisme sepanjang hari kerja.

Oleh sebab itu, rutinlah berolahraga setiap hari sebelum dan sesudah berbuka puasa. Dengan begini, Anda akan terbantu untuk tetap fokus selama bekerja dan sistem pencernaan pun akan menjadi jauh lebih baik meskipun sedang berpuasa.

5. Batasi gangguan

Bermain gadget

Untuk menjaga fokus dan konsentrasi tetap berada pada tempatnya, hindarilah aktivitas apapun yang dapat mendatangkan gangguan seperti scroll media sosial secara terus-menerus. Selain pada saat jam kerja, penggunaan media sosial juga harus dibatasi setelah jam kerja guna membantu Anda menyelesaikan tugas harian Anda yang lainnya.

Demikian 5 tips untuk tetap fokus dan produktif saat berpuasa. Selain menerapkan kelima tips di atas, jangan lupa juga menjaga menu sahur dan berbuka  tetap sehat, serta perbanyak minum air putih di antara waktu berbuka dan sahur guna menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News