Bugar

5 Tips Skincare Agar Tetap Awet Muda Memasuki Usia 30 Tahun

5 Tips Skincare Agar Tetap Awet Muda Memasuki Usia 30 Tahun

MOMSMONEY.ID - Memasuki usia 30 tahunan, kondisi kulit tentu akan mengalami penurunan di mana tanda-tanda penuaan dini mulai muncul. Anda masih bisa memperlambat penuaan dengan merawat kulit wajah dengan tepat.

Jika Anda tertarik mencoba, berikut tips skincare agar tetap awet muda saat memasuki usia 30 tahun. Melansir dari blog.marthatilaarshop.com, simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Rutin membersihkan wajah

Tips pertama skincare agar kulit awet muda usia 30 tahun yaitu rutin membersihkan wajah. Hindari rasa malas saat membersihkan wajah jika ingin memiiki kulit wajah sehat dan lembab. Walaupun sedang  tidak beraktivitas yang berat, Anda tetap melakukan double cleansing untuk mengangkat segala kotoran atau sisa makeup di kulit.

Apalagi saat malam hari sebelum tidur, sangat dianjurkan buat membersihkan wajah. Metode double cleansing hanya memiliki dua tahap, yaitu menghilangkan debu atau make up dengan cleansing balm atau cleansing oil. Kemudian, Anda perlu melanjutkan pembersihan wajah dengan facial wash. 

2. Melakukan eksfoliasi

Selanjutnya, tips skincare agar kulit awet muda di usia 30 tahun adalah melakukan eksfoliasi. Pada usia 30 tahun, kulit akan cenderung lebih mudah menggelap karena proses regenerasi yang melambat mengakibatkan sel kulit mati menumpuk.

Jika ingin memiliki kulit tetap sehat, halus dan cerah, maka Anda perlu melakukan eksfoliasi. Produk eksfoliasi dapat berbentuk scrub, exfoliating toner, atau exfoliating serum. Tentunya, pilihlah produk yang cocok dengan jenis kulit Anda. 

Lakukan eksfoliasi secara rutin sebanyak 2-3 kali seminggu. Selain mencerahkan wajah, manfaat eksfoliasi juga dapat memudahkan penyerapan produk skincare yang digunakan setelahnya. Tekstur kulit juga jadi lebih merata, sehingga lebih halus. 

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Benar, Cobain Yuk!

3. Menggunakan produk antiaging

Produk antiaging sudah mulai digunakan saat memasuki usia 30 tahunan. Mulai memilih produk dengan kandungan tertentu yang dikhususkan untuk mencegah penuaan muncul. Beberapa bahan aktif pada produk antiaging, yaitu retinol, vitamin C, vitamin E dan AHA. Pastinya produk skincare antiaging disesuaikan dengan junis kulit wajah. 

4. Memakai sunscreen 

Tips skincare awet muda di usia 30 tahun berikutnya yaitu memakai sunscreen. Sebenarnya sejak usia remaja pemakiaan produk sunscreen udah harus dipakai karena dapat memperlambat penuaan dini akibat paparan sinar UV. 

Walaupun beraktivitas di dalam atau pun di luar, pemakaian sunscreen harus dipakai karena sinar UV dari matahari dapat menembus melalui celah jendela dan pintu. Terlalu sering terpapar sinar UV tanpa adanya perlindungan dapat berdampak buruk bagi kulit, seperti kulit kusam, muncul noda gelap, garis halus, bahkan kanker kulit.

Oleh karena itu, rutin pakai sunscreen sejak usia muda jadi tips skincare yang harus dibiasakan. Sebab menggunakan sunscreen setiap hari dapat membantu mengurangi dampak buruk tadi terjadi, serta melindungi sel kulit dan membuatnya lebih sehat.

5. Pilih pelembab yang menguatkan lapisan kulit

Terakhir, tips skincare saat memasuki usia 30 tahunan yaitu memilih pelembab yang menguatkan lapisan kulit. Lapisan pelindung kulit makin menipis dan melemah seiring bertambahnya usia.

Jika tidak diberi pelembap dengan benar, maka kulit akan lebih mudah mengalami dehidrasi, iritasi, kemerahan, atau maaslah kulit lainnya. Agar pelindung kulit tetap kuat, Anda bisa memilih pelembap dengan kandungan hyaluronic acid, squalane, ceramide, peptide, atau niacinamide.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News