HOME, Keluarga

5 Tips Sederhana untuk Melindungi Kulit dari Paparan Radiasi Gadget

5 Tips Sederhana untuk Melindungi Kulit dari Paparan Radiasi Gadget

MOMSMONEY.ID - Semenjak pandemi Covid-19 melanda, intensitas bekerja di depan layar semakin meningkat. Meskipun praktis dan memudahkan bagi sebagian pekerja, nyatanya kebiasaan menatap layar gadget dalam waktu lama bisa berdampak negatif bagi kulit. Pasalnya, gadget dapat memancarkan radiasi penyebab penuaan dan risiko kanker kulit.

Kendati pekerjaan yang berbasis teknologi tidak dapat dihindari, namun Anda tetap bisa mengupayakan tindakan pencegahan untuk mengurangi efek buruk radiasi bagi kulit Anda.

Dilansir dari BeBeautiful, inilah 5 tips yang dapat Anda terapkan untuk melindungi kulit dari paparan sinar gadget yang berbahaya.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik, Cobain Yuk!

1. Makan makanan kaya antioksidan

Antioksidan sebagaimana dikutip dari Hello Sehat adalah senyawa yang memiliki fungsi untuk memerangi efek negatif radikal bebas. Paparan blue light dari gadget yang Anda gunakan dapat merangsang produksi radikal bebas pada kulit. Akibatnya, tanda-tanda penuaan akan muncul lebih cepat jika kulit terus terpapar blue light sementara Anda tidak melindunginya.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk makan makanan kaya antioksidan seperti alpukat, kenari, tomat, dan lain sebagainya. Saat Anda rajin makan makanan semacam itu, maka antioksidan yang terdapat di dalamnya akan membatasi produksi radikal bebas sekaligus mengurangi kerusakan dan penuaan pada kulit.

2. Pakai pelembab yang mengandung SPF

Sebelum pergi ke kantor, pastikan Anda tidak lupa untuk menggunakan sunscreen atau pelembab yang mengandung SPF. Hal ini penting untuk memberikan proteksi bagi kulit dari paparan radiasi yang dipancarkan oleh perangkat elektronik seperti laptop atau komputer yang Anda gunakan sehari-hari.

Selalu ingat untuk mengoleskan pelembab yang diinduksi SPF setiap 2 jam sekali, sebab radiasi dapat membahayakan kulit sama halnya dengan sinar UV dari matahari. Sangat direkomendasikan juga menggunakan produk yang mengandung formula anti-aging guna menjaga kulit dari penuaan dini akibat paparan radiasi yang terus-menerus.

3. Jangan lupa cuci muka

Partikel radikula dapat mencapai wajah dengan lebih cepat daripada bagian tubuh lainnya. Pasalnya, posisi wajah dinilai paling dekat dengan layar tatkala Anda membuka gadget.

Jadi, setelah menggunakan gadget, pastikan Anda tidak lupa untuk mencuci muka guna menghilangkan radikal bebas yang menempel pada kulit wajah. Yang tidak kalah penting, sering-seringlah beristirahat untuk mengurangi ketegangan pada mata saat Anda harus menggunakan komputer selama berjam-jam.

4. Gunakan pelindung laptop

Sebisa mungkin, gunakanlah pelindung reflektor terutama jika Anda harus menggunakan laptop dalam waktu yang lama.

Sesuai namanya, pelindung ini akan bertindak sebagai penghalang antara kulit Anda dan laptop untuk mengurangi dampak panas dan radiasi.

5. Aplikasikan pelembab berbasis air

Panas dari komputer bisa menyebabkan kulit menjadi kering sehingga Anda perlu mengisi kembali kadar kelembaban kulit  yang telah berkurang.

Selain rajin minum air putih setidaknya 2 liter per hari, Anda juga bisa menjaga kulit tetap terhidrasi dengan rutin mengoleskan pelembab pada wajah. Adapun pelembab terbaik yang bisa dipilih yakni pelembab berbahan dasar air. Tak hanya menutrisi, pelembab jenis ini juga akan menghidrasi kulit dengan lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News