Keluarga

5 Tips Pedicure di Rumah yang Murah dan Cepat Dilakukan

5 Tips Pedicure di Rumah yang Murah dan Cepat Dilakukan

MOMSMONEY.ID - Ingin melakukan perawatan kuku kaki tapi tak mau keluar budget banyak? Tak ada salahnya melakukan pedicure sendiri di rumah. Mari simak tips-tipsnya berikut ini.

Pedicure merupakan proses perawatan khusus untuk kaki, meliputi tahapan seperti membersihkan kaki, memotong, hingga menghias kuku kaki agar terlihat lebih indah. Pedicure juga bertujuan agar kaki jadi lembut dan tak banyak kapalan.

Pedicure juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Mau tahu caranya? Simak tips pedicure di rumah yang cepat dan murah yang dilansir dari Real Simple dan Cosmopolitan, selengkapnya.

Baca Juga: 7 Tips Cepat Keringkan Jemuran Basah Saat Musim Hujan, Anti Bau Apek!

Pedicure setelah mandi

Mandi

Tips pedicure di rumah adalah melakukannya saat beres mandi. Sebab, kuku kaki beserta kutikula berada dalam kondisi paling bersih dan lembut saat setelah mandi.

Terutama kutikula, kutikula jadi lebih mudah dirapikan & Anda tak akan merasa sakit apabila pedicure dilakukan setelah mandi. Cara ini dapat membuat proses pedicure jadi lebih cepat diselesaikan.

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Paha Ayam Agar Lebih Berbumbu, Meresap, dan Super Empuk

Gosok sel kulit mati

Setelah mandi, jangan lupa menggosok sel kulit mati, terutama fokuskan pada tumit & bagian kaki lainnya yang mengeras karena kapalan.

Peralatan yang perlu Anda siapkan di antaranya ada kikir dan batu apung. Mulailah gosok bagian kaki hingga terasa halus. Tapi perlu diingat, jangan menggosoknya begitu saja karena untuk menghindari iritasi terjadi.

Cara yang paling mudah adalah dengan menggosok sel kulit mati setelah beres mandi, atau sesaat setelah merendamkan kaki pada air hangat.

Baca Juga: Jangan Buta Akan Cinta, Ketahui 6 Tanda Belum Siap Menikah yang Jarang Disadari

Lembabkan kuku

Tips pedicure murah dan cepat di rumah bisa dilakukan dengan rutin melembabkan kuku menggunakan cuticle oil atau minyak kutikula. Anda juga bisa rutin menggunakan lotion untuk melembabkan kaki sebelum tidur.

Fungsi pelembab & cuticle oil ini membuat pedicure jadi lebih bertahan lama.

"Kaki yang terhidrasi tidak terlalu rentan terhadap kapalan dan kutikula yang tumbuh berlebihan,” ucap Rita Mark, seorang seniman kuku yang dilansir dari Real Simple.

Baca Juga: 5 Makanan Sumber Antasida Alami yang Baik untuk Mencegah Asam Lambung Naik

Gunakan top coat

Ilustasi Kuku dan Kaki

Untuk mempercepat waktu, tips pedicure di rumah yang murah dan cepat dapat dilakukan dengan mengoleskan top coat atau kuteks bening ke atas kuku.

Kuku yang tak dioleskan apapun setelah proses pedicure akan rentan kotor kembali. Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan top coat sebagai pelapis kuku yang membuat kuku Anda terlihat bening secara alami.

Baca Juga: Lembut dan Bergizi, Ini 7 Jenis Makanan yang Mudah Dikonsumsi oleh Lansia Ompong

Lapisan kuteks yang tipis

Melakukan proses pedicure bisa memakan waktu yang tak sebentar. Terkadang ini yang membuat banyak orang malas melakukan perawatan kuku.

Tapi tak perlu khawatir, ada tips pedicure di rumah yang mudah dan cepat dilakukan, salah satunya mengoleskan cat kuku atau kuteks setipis mungkin.

Menurut Rachel Apfel Glass, seorang pendiri Glosslab, mengatakan bahwa lapisan cat yang sangat tipis merupakan rahasia para seniman kuku untuk menghindari gumpalan.

Itulah beberapa tips pedicure di rumah yang mudah dan cepat dilakukan. Jadi, Anda tak perlu keluar biaya banyak hanya untuk perawatan kuku, karena kini Anda bisa merawatnya sendiri dengan cara-cara di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News