HOME, Bugar

5 Tips Merawat Kulit Wajah di Musim Hujan

5 Tips Merawat Kulit Wajah di Musim Hujan

MOMSMONEY.ID - Musim hujan dan kemarau ternyata dapat mempengaruhi kondisi kulit wajah seseorang. Walaupun sudah terbiasa dengan musim-musim yang ada di Indonesia, ada baiknya Anda mencari tahu lebih tentang cara merawat kulit di musim tertentu. 

Pada musim hujan, misalnya, identik dengan udara yang dingin, lembab dan basah. Nah, ada tips tertentu yang bisa Anda terapkan dalam merawat kulit di musim hujan agar tetap selalu tampilan sehat dan lembab.

Melansir dari blog.avoskinbeauty.com, simak tips berikut ini:

1. Gunakan pelembab

Cara merawat kulit di musim hujan pertama adalah menggunakan pelembab. Walaupun udara terasa dingin, Anda tetap harus menggunakan produk pelembab bagi wajah. 

Pelembab akan melindungi kulit dari suhu udara yang seringkali berubah-ubah. Selain itu, pelembab akan mengontrol produksi minyak pada wajah agar tetap lembut dan berseri,  apapun cuacanya.

2. Gunakan sunscreen

Selain produk pelembab, Anda juga perlu menggunakan sunscreen. Meskipun cuaca mendung dan hujan terasa cukup lebat, sinar matahari akan tetap ada.

Gunakan sunscreen tipis-tipis sebagai perlindungan wajib untuk kulit. Anda boleh saja menggunakannya lebih tipis dibandingkan saat cuaca sedang panas.

Baca Juga: 3 Bahan Aktif yang Dapat Mencerahkan dan Bikin Kulit Glowing

3. Membersihkan wajah saat terkena air hujan

Cara merawat kulit di musim hujan selanjutnya adalah membersihkan wajah saat terkena air hujan. Air hujan mampu menyerap partikel debu dan kotoran yang ada di udara. Jika ini dibiarkan di wajah, tentunya bisa menimbulkan jerawat, produksi minyak berlebih serta pori-pori yang membesar.

Kemudian, keringkan wajah dengan benar jika wajah Anda terpapar air hujan. Keringkan dengan menggunakan lap atau handuk yang bersih. Hindari menggosok-gosokkan kain atau lap tersebut ke wajah, cukup menepukkannya secara perlahan hingga wajah Anda benar-benar kering.

Selain lap, Anda juga bisa membersihkannya dengan cleanser atau toner. Cara lain, Anda bisa membilasnya dengan air bersih

4. Hindari makanan penyebab jerawat

Seperti yang Anda tahu bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsi dapat mempengaruhi kondisi kulit. Anda harus menghindari makanan-makanan yang berpotensi menyebabkan jerawat dan kulit berminyak, seperti mie instant, gorengan, dan juga makanan kuah bersambal dan berlemak.

Jika tidak bisa menghindarinya, Anda dapat menguranginya sedikit demi sedikit.

5. Gunakan skincare yang cocok di segala musim

Cara merawat kulit di musim hujan terakhir yaitu memakai produk skincare yang cocok di segala musim. Indonesia memiliki dua musim, yaitu hujan dan kemarau.

Sebaiknya Anda memilih skincare yang bisa dipakai di segala musim agar produk yang dipakai tahan lama. Selain itu, Anda juga perlu memilih produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit agar hasil yang didapatkan optimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News