Keluarga

5 Tips Mengolah Paha Ayam Agar Lebih Berbumbu, Meresap, dan Super Empuk

5 Tips Mengolah Paha Ayam Agar Lebih Berbumbu, Meresap, dan Super Empuk

MOMSMONEY.ID - Ingin membuat paha ayam buatanmu jadi lebih gurih, meresap, matang merata, empuk, dan super juicy? Coba intip dulu tips mengolah paha ayam yang berikut ini.

Paha ayam berbeda dengan bagian ayam yang lainnya. Paha ayam termasuk ke dalam golongan daging merah, bukan daging putih.

Melansir dari Kompas, daging merah memiliki kadar lemak lebih tinggi daripada daging putih seperti bagian dada ayam. Ini yang membuat paha ayam lebih istimewa sehingga tips mengolah paha ayam jadi sedikit berbeda.

Baca Juga: Belanja di Matahari Dapat Gratis Tiket Mudik Idul Fitri 2023, Simak Syaratnya!

Nah agar paha ayam buatanmu jadi sepurna, MomsMoney telah merangkum tips mengolah paha ayam, mulai dari tahapan jenis daging yang dipilih, hingga tahapan memasaknya.

Melansir dari Southern living dan tasting table, berikut tips mengolah paha ayam agar lebih berbumbu, empuk, dan juicy, berikut ini.

Baca Juga: Promo Pizza Hut Delivery PHD 2023, Seloyang Fun Pizza Ukuran Personal Rp 20.000

Beli paha ayam yang ada kulitnya

Tips mengolah paha ayam agar lebih berbumbu tentunya pertama-tama harus dimulai dari jenis paha ayam yang dibeli. Belilah paha ayam yang masih utuh dengan kulitnya, bukan paha yang kulitnya sudah dibuang.

Paha ayam yang kulitnya masih utuh menempel mampu menambah rasa & nutrisi pada makanan. Kulit paha ayam mengandung lemak tak jenuh, protein, dan glisin.

Kulit pada paha ayam membantu ayam jadi tetap lembap & juicy karena ada bagian lemak yang menempel. Inilah sebabnya mengapa hidangan ayam dari paha ayam yang berkulit jadi jauh lebih gurih.

Baca Juga: Aneka Tips Bikin Ayam Ungkep Jadi Empuk dan Bumbunya Meresap Sempurna

Paha Ayam

Keringkan paha ayam

Sebelum memasak ayam, tips mengolah ayam yang harus diutamakan adalah memastikan bagian kulit paha ayam kering.

Cobalah keringkan paha ayam menggunakan paper towel. Tahap ini dilakukan agar saat menggorengnya, kulit paha ayam akan matang merata & jadi lebih krispi.

Baca Juga: Anti Gagal, Ikuti 6 Tips Masak Wagyu Agar Enak Seperti Buatan Koki

Marinasi

Marinasi adalah tahapan paling penting dalam mengolah paha ayam. Setelah mengeringkan paha ayam, berilah bumbu marinasi sesuai selera. Lumuri semua bumbu ke seluruh bagian paha ayam.

Jangan lupa tusuk-tusukkan garpu ke bagian paha ayam agar semua bumbu marinasinya dapat meresap sempurna hingga ke bagian dalam.

Marinasi paha ayam selama 15 menit pada suhu kamar sebelum Anda memasaknya.

Baca Juga: 7 Tips Cepat Keringkan Jemuran Basah Saat Musim Hujan, Anti Bau Apek!

Masak di api kecil

Tips mengolah paha ayam agar jadi super empuk & lembut luar-dalam adalah dengan memasaknya pada api kecil.

Paha ayam memiliki jaringan ikat & kolagen lebih tinggi daripada bagian lainnya. Saat dimasak dengan api kecil, maka jaringan ikat dapat terurai menjadi gelatin yang membantu menjaga ayam tetap juicy dan empuk.

Memasak paha ayam dalam api kecil juga membuat rasa gurihnya dapat keluar dengan sempurna.

Pastiakn suhu internal daging sekitar 73,9 derajat Celcius untuk memastikan bakteri berbahaya pada ayam benar-benar sudah musnah.

Namun jika Anda ingin kulit paha ayam jadi renyah, nyalakan api dengan suhu besar hanya saat beberapa menit sebelum ayam diangkat.

Baca Juga: Moms, Ikuti 5 Cara Menentukan Tingkat Kematangan Ayam Saat Dimasak

Wajan tak boleh terlalu penuh

Semur Paha Ayam Bakar

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Daging Ayam Segar Sebelum Membeli

Tips mengolah paha ayam agar dapat matang merata saat sedang digoreng adalah dengan tidak memasaknya sekaligus.

Memasak paha ayam sekaligus dalam wajan dapat membuat ayam jadi sulit untuk dibalikkan. Selain itu, paha ayam juga jadi sulit untuk matang merata oleh karena terlalu berdempetan.

Jadi jika Anda ingin memasak paha ayam dengan hasil yang lebih gurih, berbumbu meresap, matang merata, dan berdaging super empuk, cobalah mengikuti deretan tips mengolah paha ayam seperti di atas, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News