Santai

5 Tips Menghadapi Resesi Global 2023, Lunasi Utang Salah Satunya

5 Tips Menghadapi Resesi Global 2023, Lunasi Utang Salah Satunya

MOMSMONEY.ID - Resesi yang semakin sering dibicarakan tentu membuat semua orang menjadi panik. Namun, ada beberapa tips menghadapi resesi yang bisa dipraktikkan.

Resesi adalah situasi yang terjadi ketika terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi secara tahunan dalam durasi dua kuartal berturut-turut.

Meski Indonesia berpeluang besar tidak mengalami resesi, tidak ada salahnya berjaga-jaga.

Lalu, adakah cara yang bisa digunakan untuk menghadapi resesi? Berikut adalah beberapa tips menghadapi resesi yang bisa dipraktikkan:

Baca Juga: Sebelum Daftar, Kenali Perbedaan PPPK dan CPNS Berikut Ini

Tingkatkan dana darurat

Untuk menghadapi resesi, tentu penting menyiapkan dana darurat. Sebaiknya, mulai untuk mencatat segala jenis pengeluaran dan pemasukan pribadi.

Sehingga, pengeluaran untuk hal-hal yang tidak perlu dapat dikurangi dan dipindahkan ke dalam tabungan maupun untuk berinvestasi.

Perluas jenis investasi

Tips penting menghadapi resesi, mengutip Forbes, adalah dengan memperluas jenis investasi yang dimiliki. Jika memungkinkan, perluas investasi hingga ke luar negeri dan tak hanya di dalam negeri saja.

Hindari jenis investasi dengan jenis stagflationary atau investasi yang memiliki gerak lambat. Coba untuk berinvestasi pada emas, komoditas, infrastruktur, maupun real-estate.

Baca Juga: 4 Manfaat Trauma Healing Pasca Tragedi, Mengurangi Risiko PTSD

Pertimbangkan karier

Bukan hanya dalam segi keuangan saja, dalam segi karier juga penting untuk diperhatikan dalam menghadapi resesi.

Cobalah untuk mempertimbangkan karir yang memiliki, stabilitas, jangka panjang baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Sehingga, kemungkinan terkena PHK menjadi semakin berkurang serta bisa membantu menjaga keuangan tetap dalam keadaan stabil.

Lunasi utang dan tagihan credit card

Utang yang ada pada credit card maupun jenis lainnya juga sebaiknya dilunasi sebelum resesi menghampiri. Biasanya, ketika resesi sedang bergerak, bunga utang pada kartu kredit pun juga ikut bergerak menjadi lebih tinggi.

Melansir Washington Post, sebaiknya, tetap membuat skor kartu kredit dalam kondisi baik dengan melunasi utang tepat waktu, yang bisa memperbesar kemungkinan permintaan pengurangan bunga.

Prioritaskan untuk membayar tagihan dari yang paling penting, ya.

Seimbangkan keuangan

Tips lain untuk menghadapi resesi adalah dengan menyeimbangkan keuangan. Pastikan pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan.

Cobalah juga untuk menahan diri dari keinginan impulsif yang bisa berujung pada keputusan buruk. Jika pemasukan di rasa kurang, maka mencoba mencari pekerjaan sampingan sembari berinvestasi juga bisa menjadi caranya.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips menghadapi resesi dan cara mudahnya yang bisa mulai disiapkan dari sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News