HOME, Keluarga

5 Tips Mencegah Jamur di Lemari Pakaian, Mudah Dilakukan!

5 Tips Mencegah Jamur di Lemari Pakaian, Mudah Dilakukan!

MOMSMONEY.ID - Ketika membicarakan furnitur dasar yang penting dimiliki di suatu rumah, lemari pakaian mungkin akan termasuk di dalamnya.

Tak heran, sebab furnitur yang satu ini cukup multifungsi. Tidak hanya untuk menyimpan pakaian, tapi lemari ini juga kerap digunakan untuk menyimpan aksesoris, pernak-pernik, hingga barang-barang lainnya.

Karena merupakan tempat tertutup, otomatis lemari pakaian akan lebih rentan terkena jamur yang dapat merusak isi lemari Anda. Jadi, Anda perlu mengusahakan agar jamur tidak muncul di lemari pakaian.

Baca Juga: Tips Menyiapkan Dapur Menyambut Ramadan, Bikin Nyaman Memasak!

Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan berikut untuk mengetahui cara mencegah jamur di lemari pakaian.

Pastikan pakaian bersih dan kering saat disimpan

Dikutip dari Increase Your Space, salah satu penyebab utama munculnya jamur di lemari pakaian adalah kelembapan yang tinggi. Kelembapan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari pakaian yang kotor hingga pakaian yang belum kering sempurna saat disimpan di lemari.

Jadi, pastikan pakaian yang akan disimpan sudah bersih dan kering. Hal tersebut akan membantu meminimalisir risiko munculnya jamur.

Gunakan kapur barus atau silica gel

Untuk membantu mengurangi kelembapan di dalam lemari, Anda dapat meletakkan kapur barus di dalam lemari pakaian. Sebar ke beberapa titik supaya efeknya lebih merata.

Selain kapur barus, Anda juga bisa menggunakan silica gel untuk membantu menyerap kelembapan yang berlebih, sehingga jamur tidak mudah muncul.

Baca Juga: 4 Tips Menjaga Kebersihan Rumah di Bulan Ramadan, Tak Bikin Capek

Jangan menumpuk pakaian terlalu banyak

Pernahkah Anda menumpuk pakaian dalam jumlah banyak sehingga lemari pakaian terlalu penuh? Ternyata, hal ini bisa memicu pertumbuhan jamur di lemari pakaian, lo.

Dilansir dari Cleanipedia, menumpuk pakaian terlalu banyak dapat menghambat sirkulasi udara di dalam lemari, sehingga menimbulkan jamur. Jika tumpukan pakaian terlalu rapat, jamur tersebut dapat tumbuh di serat-serat pakaian dan menyebar dengan cepat.

Baca Juga: 7 Area Paling Kotor di Kamar Mandi, Yuk Rutin Bersihkan!

Bersihkan lemari pakaian secara rutin

Salah satu cara termudah untuk mencegah jamur di lemari pakaian adalah dengan membersihkan lemari secara rutin.

Melansir laman All Dry US, membersihkan lemari pakaian tidak hanya bertujuan untuk membuat lemari terlihat bersih. Namun, hal tersebut juga dapat membantu menyingkirkan bakteri yang menyebabkan jamur.

Perhatikan bila ada bau apek

Jika Anda mencium bau apek yang kurang sedap di dalam lemari pakaian, bisa jadi lemari pakaian Anda sudah ditumbuhi jamur.

Jadi, perhatikan aroma di dalam lemari pakaian Anda. Segera singkirkan pakaian dan bersihkan lemari secara menyeluruh jika Anda mencium bau apek supaya jamur tidak menyebar dengan cepat.

Itulah beberapa tips untuk mencegah keberadaan jamur di lemari pakaian. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News