HOME, Keluarga

5 Tips Mencegah Depresi pada Anak Remaja

5 Tips Mencegah Depresi pada Anak Remaja

MOMSMONEY.ID - Depresi sebagaimana dikutip dari Hello Sehat adalah gangguan suasana hati yang membuat seseorang terus merasa sedih.

Pada anak remaja, depresi dapat disebabkan oleh trauma terhadap pengalaman tidak menyenangkan, kebiasaan berpikir negatif, tekanan dari lingkungan sekitar, perubahan hormon, faktor genetik, hingga faktor biologis.

Melansir laman Paradigm Treatment, ada 5 tips mencegah depresi pada anak remaja yang bisa orang tua praktikkan. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Selalu ada untuk anak

Hubungan antara orang tua dan anak sangat penting selama masa remaja. Kendati anak remaja cenderung menarik diri dari orang tua, namun pastikan Anda menunjukkan bahwa Anda selalu ada untuk mereka.

Dengan menciptakan hubungan yang terbuka dan jujur dengan anak, itu dapat mendorong anak untuk datang kepada Anda ketika mereka membutuhkan bantuan dan dukungan. Sehingga, kemungkinan anak mengalami stres atau depresi pun akan semakin berkurang.

Baca Juga: Awas! 5 Kebiasaan Ini Bisa Meningkatkan Risiko Kematian Dini

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memelihara hubungan yang sehat antara Anda dan anak remaja adalah sebagai berikut:

  • Meluangkan waktu setiap hari untuk mengobrol bersama anak
  • Mencari tahu hal apa saja yang membuat anak remaja Anda bersemangat
  • Memuji prestasi dan pencapaian anak
  • Menawarkan umpan balik yang positif
  • Menanggapi kemarahan anak dengan tenang alih-alih menunjukkan agresi

2. Dukung anak untuk menjalin pertemanan yang positif

Bagi anak remaja, menghabiskan waktu bersama teman-teman termasuk hal yang sangat penting. Mengingat masa remaja merupakan tahapan kehidupan yang menuntut anak untuk mencari jati dirinya, maka bergaul dapat menjadi cara yang bagus untuk membantu mewujudkannya.

Jadi, bantulah anak remaja Anda untuk menjalin pertemanan yang positif. Selain bermanfaat untuk mengembangkan keterampilannya dalam bersosialisasi, pengalaman positif dengan teman-teman sebaya juga bisa membantu anak mencegah depresi.

3. Pantau penggunaan media sosial anak

Remaja cenderung berfokus pada kehidupan individu mereka. Biasanya, mereka gemar menenggelamkan diri dalam smartphone dan mengalihkan perhatiannya dari satu teknologi ke teknologi lainnya.

Faktanya, kebiasaan screen time atau scrolling media sosial terlalu lama rentan mendatangkan depresi dan bahkan memperburuknya. Ini karena sebagian besar media sosial sering menampilkan hal-hal negatif seperti kekerasan, gaya hidup negatif, atau standar kecantikan tertentu.

Sebagai orang tua, Anda perlu menetapkan batasan waktu bagi anak untuk berselancar di dunia maya. Nah, supaya anak remaja Anda tidak terlalu terpaku dengan gawainya, ajaklah mereka untuk melakukan kegiatan bersama seperti memasak, berdiskusi, atau mengembangkan hobi.

4. Dorong anak untuk berolahraga

Aktivitas fisik bisa melepaskan endorfin yang membantu meningkatkan perasaan positif.

Aktivitas fisik khususnya olahraga bahkan dapat membantu menjaga kesehatan mental jangka panjang termasuk membuat koneksi baru di otak yang dengan sendirinya akan memfasilitasi perubahan yang bertahan lama sekaligus mengurangi peluang depresi.

Untuk mendapatkan manfaat olahraga, Anda tak perlu mendorong anak untuk melakukan olahraga berat. Pasalnya, manfaat olahraga tetap bisa anak dapatkan dengan cara berjalan-jalan atau jogging ringan di sekitar rumah asalkan dilakukan secara rutin.

5. Tetapkan rutinitas tidur

Mungkin, akan terasa sulit bagi remaja untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Namun, jika rutinitas tidur yang demikian terus anak terapkan, akan ada perbedaan besar yang positif bagi kesehatan mental mereka.

Dengan memiliki jadwal tidur yang teratur, anak akan mendapatkan jumlah istirahat yang dibutuhkan oleh tubuhnya sekaligus menjauhkan mereka dari depresi yang bisa menyebabkan kurang tidur atau tidur berlebihan.

Apabila anak remaja Anda kesulitan untuk tidur tepat waktu, singkirkanlah benda-benda yang bisa menjadi gangguan seperti gadget.

Itulah 5 tips mencegah depresi pada anak remaja. Jika memiliki kekhawatiran terhadap kesehatan psikologis anak remaja Anda, jangan ragu untuk segera menghubungi profesional kesehatan mental ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News