HOME, Keluarga

5 Tips Memanfaatkan Cahaya Matahari yang Berlimpah di Rumah, Coba Yuk!

 5 Tips Memanfaatkan Cahaya Matahari yang Berlimpah di Rumah, Coba Yuk!

MOMSMONEY.ID - Bagi sebagian besar pemilik rumah, interior rumah yang disirami cahaya matahari alami yang berlimpah merupakan suatu hal yang menyenangkan.

Sebab, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari cahaya matahari. Misalnya, interior rumah Anda akan terasa lebih cerah dan lapang di pagi dan siang hari. Selain itu, cahaya matahari dikenal bermanfaat bagi kesehatan Anda dan penghuni rumah lainnya.

Jadi, bagaimana cara yang tepat memanfaatkan cahaya matahari di rumah supaya dapat memberi keuntungan yang maksimal untuk penghuni rumah?

Baca Juga: Coba Yuk! Ini Cara Mudah Melakukan Decluttering di Dapur

Jika Anda memiliki kebingungan yang sama, jangan khawatir. Berikut ada beberapa tips dan cara mudah untuk memanfaatkan cahaya matahari yang hadir di rumah Anda. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Gunakan tirai atau penutup jendela lainnya

Cahaya matahari yang banyak terkadang membuat interior rumah terasa silau, panas, dan kurang nyaman. Namun, hal ini sebenarnya merupakan keuntungan karena Anda bisa mengatur intensitas cahaya matahari yang masuk ke rumah.

Mengutip Forbes Home, ada banyak sekali jenis penutup jendela yang bisa Anda gunakan untuk mengatur pencahayaan alami di rumah, seperti gorden, tirai gulung, vitrase, dan masih banyak lagi. Setiap jenis penutup jendela memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga Anda bisa memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan.

Tempatkan tanaman di dekat jendela

Jika Anda suka mengoleksi tanaman hias, manfaatkan area yang dipenuhi cahaya matahari sebagai tempat untuk memajang koleksi tanaman hias Anda, misalnya di dekat jendela.

Selain mempercantik jendela rumah, tanaman tersebut akan tumbuh sehat dengan cahaya matahari. Namun, pastikan Anda menempatkan jenis tanaman hias yang memang menyukai cahaya matahari langsung, seperti lidah mertua, kaktus, hingga sukulen.

Baca Juga: Kamar Tidur Berbau Tidak Sedap? Mungkin Hal-Hal Ini Penyebabnya

Buat tempat tidur kucing

Para pemilik kucing pasti sudah paham kebiasaan kucing untuk tidur dan bersantai di area yang terkena cahaya matahari. Jadi, Anda dapat membuatkan tempat tidur khusus supaya mereka bisa bersantai dengan lebih nyaman.

Melansir The Spruce, Anda bisa menggunakan keranjang bekas yang dilapisi dengan bantal atau kain dan menempatkannya di area yang banyak menerima cahaya matahari, misalnya di jendela atau dekat pintu masuk rumah.

Baca Juga: 4 Tips Mengurangi Limbah Rumah Tangga, Lingkungan Makin Lestari!

Tempatkan area kerja

Anda merasa suntuk dan bosan saat bekerja dari rumah? Coba pindahkan area kerja Anda ke lokasi yang dipenuhi cahaya matahari.

Menempatkan area kerja di dekat jendela yang disirami cahaya matahari dapat membuat Anda lebih fokus dan berenergi saat bekerja, lo. Selain itu, pemandangan dan udara segar dari jendela juga akan membuat Anda merasa rileks.

Bereksperimen dengan cat warna gelap

Cat dinding warna gelap biasanya tidak disarankan karena rentan membuat rumah terasa suram dan sempit. Namun, lain halnya jika Anda menggunakan cat berwarna gelap di ruangan yang penuh dengan cahaya matahari.

Karena sudah cukup terang, penggunaan cat berwarna gelap cenderung tidak akan membuat ruangan terkesan suram dan sempit. Cat berwarna gelap justru akan membantu mengurangi intensitas cahaya matahari sehingga tidak terasa silau.

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk memanfaatkan cahaya matahari di dalam rumah. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News