Keluarga

5 Tips Makeup yang Wajib Dipraktikkan Pemilik Kulit Sensitif

5 Tips Makeup yang Wajib Dipraktikkan Pemilik Kulit Sensitif

MOMSMONEY.ID - Selain memerhatikan kandungan dalam setiap produk skincare yang akan digunakan, para pemilik kulit sensitif juga harus mempraktikkan cara ber-makeup yang sesuai dengan kebutuhan kulit mereka. Ini bertujuan untuk mencegah reaksi kemerahan, gatal-gatal, hingga iritasi pada kulit sensitif.

Kira-kira, bagaimana cara ber-makeup yang disarankan untuk pemilik kulit sensitif?

Melansir laman IT Cosmetics dan BeBeautiful, inilah 5 tips makeup yang wajib dipraktikkan oleh pemilik kulit sensitif. Yuk, catat!

Baca Juga: 4 Cara Alami Menghilangkan Bruntusan di Jidat, Cobain Yuk!

1. Hindari bahan makeup yang mengiritasi

Bahan-bahan tertentu dalam produk kosmetik dapat menyebabkan dermatitis kontak. Bahan-bahan ini termasuk solvent, rubbing alcohol, formaldehyde, sabun, dan aditif pewarna.

Adapun dermatitis kontak akibat paparan bahan-bahan tersebut dapat muncul sebagai iritasi ringan, ruam merah, gatal, dan bahkan lepuh yang menyakitkan. Jika Anda mengalami gejala-gejala demikian, pastikan untuk segera berhenti memakai produk makeup yang berkaitan dan hubungi dokter kulit apabila gejala berlanjut.

2. Singkirkan makeup kedaluwarsa

Semua produk kosmetik tentu memiliki tanggal kedaluwarsanya masing-masing. Siapa pun yang gemar ber-makeup terutama yang memiliki kulit sensitif, wajib untuk segera membuang produk makeup-nya yang telah melewati masa kedaluwarsa.

Berikut panduan umum untuk masa kedaluwarsa produk makeup:

  • Maskara: 3 bulan
  • Lipstick dan lip gloss: 6 bulan
  • Eyeliner: 6-12 bulan
  • Produk makeup berbasis krim: 9 bulan
  • Produk makeup berbasis bubuk: 9-12 bulan

3. Gunakan produk makeup yang padat

Para pemilik kulit sensitif patut mempertimbangkan untuk membeli produk makeup berbentuk padat alih-alih cair. Misalnya, stick atau powder foundation daripada liquid foundation.

Dibandingkan liquid foundation, stick atau powder foundation memiliki kadar air yang lebih sedikit untuk menampung bakteri serta kandungan pengawetnya pun cenderung minim.

4. Pilih base makeup lightweight

Menurut para profesional, produk makeup yang sangat berpigmen memiliki peluang lebih tinggi untuk membuat kulit menjadi kering. Oleh sebab itu, cobalah beralih ke produk makeup khususnya base makeup yang ringan seperti BB cream daripada foundation terutama untuk penggunaan sehari-hari. Ini karena BB cream mengandung lebih sedikit pigmen sehingga cenderung tidak mengeringkan kulit.

Penggunaan bedak yang berlebihan juga berisiko mengeringkan kulit dan menyebabkan iritasi, sehingga gunakan secukupnya saja. Jika Anda memiliki kulit sensitif dan tidak bisa lepas dari penggunan bedak, pastikan untuk menepuk-nepuk kelebihan bedak pada brush atau spons sebelum mengaplikasikannya pada wajah guna memastikan Anda menggunakan bedak secara minimal.

5. Jaga kebersihan alat makeup

Mengikuti keempat tips di atas rasanya akan sia-sia jika aplikator makeup yang Anda gunakan jauh dari kata bersih. Karena, kemungkinan besar kulit Anda akan teriritasi akibat mengaplikasikan makeup dengan alat yang kotor.

Idealnya, Anda harus membersihkan alat makeup Anda seperti brush dan spons seminggu sekali guna mencegah reaksi pada kulit sensitif Anda. Selain itu, selalu ingat untuk menggunakan alat makeup selembut mungkin tanpa menggosoknya terlalu keras pada kulit. Pasalnya, hal tersebut bisa menyebabkan iritasi dan peradangan kulit lebih lanjut.

Demikian 5 tips makeup yang wajib dipraktikkan oleh pemilik kulit sensitif. Selain mempraktikkan 5 tips ini, jangan lupa juga untuk selalu melakukan double cleansing setelah memakai makeup ya Moms. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News