5 Tips Makeup untuk Kulit Kering agar Wajah Terlihat Flawless

Reporter: Ana Risma
Rabu, 15 September 2021 | 14:16 WIB
5 Tips Makeup untuk Kulit Kering agar Wajah Terlihat Flawless

ILUSTRASI. Kulit Kering

MOMSMONEY.ID - Sama halnya dengan kulit berminyak, kulit kering atau dry skin juga memiliki tantangan tersendiri termasuk dalam hal makeup.

Jika kulit berminyak disarankan untuk menggunakan produk makeup dengan finish matte, maka kulit kering sebaliknya.

Selengkapnya, berikut 5 tips makeup untuk kulit kering sebagaimana dilansir dari Bebeautiful. Yuk, catat!

Baca Juga: 7 Tips Makeup untuk Kulit Berjerawat, Supaya Perfect dan Tidak Memperparah Jerawat

1. Skin preparation sebelum menggunakan makeup

Kunci utama untuk menciptakan makeup dengan hasil yang maksimal ialah skin preparation. Tidak hanya untuk kulit kering, skin preparation juga penting dilakukan pada semua jenis kulit.

Bagi Moms yang memiliki kulit ekstra kering, Moms wajib menyiapkan kulit dengan cara memberikan hidrasi. Hidrasilah kulit Moms dengan produk pelembab kemudian pijat-pijat hingga produk menyerap dan kulit menjadi lebih lembab. Selain membuat kulit siap untuk di-makeup, pelembab juga berguna sebagai layer yang memisahkan antara kulit dengan produk makeup yang dipakai.

Terakhir, jangan lupa untuk mengoleskan lip balm agar nantinya tampilan lipstick yang dihasilkan bisa mulus dan tidak menggumpal akibat kulit bibir yang kekeringan.

2. Pilih foundation dengan dewy finish

Foundation matte sebagus atau seterkenal apapun hanya akan membuat kulit Moms yang kering menjadi semakin kering lagi. Selain mengeringkan, foundation matte juga dapat mengakibatkan cakey sehingga wajah akan terlihat seolah penuh tambalan.

Jadi, pastikan Moms memilih foundation dengan finish dewy atau bisa juga menggunakan serum foundation. Foundation jenis ini tepat untuk Moms pilih dibandingkan foundation matte karena akan membuat kulit tampak bercahaya dan terhidrasi tanpa membuatnya semakin kering.

3. Hindari penggunaan powder yang terlalu banyak

Produk makeup berbentuk powder sangat tidak dianjurkan bagi para pemilik kulit kering. Hal ini dikarenakan powder dapat meredam minyak alami kulit. Powder yang dibaurkan ke bagian kulit yang kering akan membuat kulit terlihat semakin bersisik, cakey, dan gersang.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya bagi Moms untuk meminimalkan penggunaan produk makeup berbentuk powder dan beralihlah ke produk berbentuk liquid atau cream supaya kilau wajah tetap terlihat.

4. Gunakan complexion dengan coverage light

Produk complexion yang tebal dengan coverage full akan menjadikan wajah Moms terlihat cakey dan tidak mulus setelah diaplikasikan.

Oleh sebab itu, daripada penampilan makeup Moms tidak maksimal, sebaiknya Moms memilih foundation atau concealer yang memiliki coverage light to medium serta formula yang lightweight sehingga terasa nyaman di kulit.

5. Perhatikan rutinitas skincare

Tampilan makeup yang paripurna dapat diciptakan dengan mudah jika kulit Moms senantiasa terawat. Maka dari itu, Moms yang memiliki kulit kering wajib untuk skincare-an apabila Moms menginginkan penampilan makeup yang cantik dan flawless.

Pastikan untuk tidak malas mencuci muka 2 kali sehari, menggunakan pelembab, eksfoliasi seminggu sekali, menggunakan serum, dan tentunya minum air putih dengan cukup.

Moms, itulah 5 tips makeup yang bisa Moms praktikkan jika kulit Moms bertipe dry skin atau kering. Selain sederhana, tips tersebut juga akan meningkatkan penampilan makeup Moms jika konsisten diterapkan.

Yang paling penting, jangan lupa untuk membersihkan makeup hingga tuntas jika sudah tidak diperlukan guna mencegah datangnya jerawat, komedo, maupun kusam. Selamat ber-makeup ria, Moms!

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Setting Spray Harga Terjangkau untuk Mengunci Makeup Agar Tahan Lama

 

Editor: Ana Risma
Terbaru