Keluarga

5 Tips Makeup Awet dan Tak Mudah Luntur di Hari Kemerdekaan Indonesia

5 Tips Makeup Awet dan Tak Mudah Luntur di Hari Kemerdekaan Indonesia

MOMSMONEY.ID - Di Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 ini, kita sudah bisa melakukan banyak kegiatan mengingat kasus penyebaran Covid-19 di Indonesia sudah menurun. Semarak kemerdekaan dapat kita rasakan kembali layaknya tahun-tahun sebelum virus corona melanda.

Supaya makeup yang Anda kenakan senantiasa awet dan tidak mudah luntur saat mengikuti berbagai kegiatan 17 Agustus-an, ada trik khusus yang dapat diterapkan.  

Dilansir dari Allwomenstalk, inilah 5 tips makeup awet dan tidak mudah luntur di Hari Kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: 4 Seleb Ini Masih Aktif Mengenakan Kain Tradisional. Yuk, Intip Gayanya!

1. Gunakan primer

Salah satu kunci makeup yang tahan lama adalah menggunakan primer. Saat menggunakan primer, itu akan menciptakan kanvas yang halus pada kulit untuk dipoleskan berbagai macam produk makeup. Selain itu, primer juga akan menciptakan penghalang antara kulit dan makeup sehingga masalah pori-pori tersumbat dapat tercegah.

Pilihlah primer yang memiliki kemampuan untuk menyamarkan pori-pori, memiliki finish matte, dan sebisa mungkin mengandung tabir surya. Primer semacam ini akan membuat riasan menjadi tahan lama sekaligus membantu meratakan warna kulit.

Tak hanya menggunakannya pada wajah, pastikan Anda juga tidak melupakan primer mata sebelum mengaplikasikan eyeshadow ya.

2. Pilih produk waterproof

Jika area mata tergolong berminyak dan membuat makeup mata Anda terlihat licin, cobalah untuk menggunakan produk dengan formula waterproof atau tahan air khususnya maskara dan eyeliner.

Kendati sulit dihilangkan, namun patut untuk tetap menggunakannya jika menginginkan tampilan mata yang berani tanpa takut luntur.

Untuk memudahkan Anda saat membersihkan maskara atau eyeliner waterproof, gunakanlah eye makeup remover khusus untuk produk waterproof. Sebagai alternatif,  juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan area mata dengan lembut sembari melembabkan.

3. Hindari produk berbasis minyak

Untuk mencegah makeup memudar dengan cepat, hindarilah foundation yang mengandung minyak. Sebaliknya, foundation yang memiliki formula oil-free akan bertahan lebih lama dan membantu menjaga kulit tetap matte.

Jika kulit Anda kering, maka harus benar-benar menghidrasi kulit sebelum menggunakan foundation dengan tidak melewatkan skin preparation.

Nah, supaya foundation terkunci sempurna dan tidak bergeser-geser, taburkanlah bedak secukupnya ke seluruh wajah. Anda bisa menggunakan setting powder dengan warna translucent supaya warna asli foundation tidak berubah.

 4. Pertimbangkan produk stain

Apabila warna bibir atau pipi sering memudar, kemungkinan besar produk yang Anda gunakan memiliki formula yang kurang tepat.

Sebagai rekomendasi, Anda sangat disarankan untuk memilih produk makeup dengan formula stain guna mendapatkan warna yang menonjol dan tahan lama.

Jika biasanya menggunakan lipstick satin dan powder blush, maka Anda bisa menggantinya dengan lip stain dan cheek stain untuk menciptakan tampilan makeup yang lebih awet.

5. Jangan lupa setting spray

Langkah terakhir untuk menciptakan tampilan makeup yang awet dan tidak mudah luntur di Hari Kemerdekaan Indonesia adalah menggunakan setting spray. Anda bisa menyemprotkan produk setting spray setelah semua riasan beres. Hal ini dilakukan untuk menjaga makeup supaya tetap menempel secara paripurna pada wajah.

Jika kulit Anda berminyak, pilihlah setting spray yang difomulasi khusus untuk kulit berminyak. Pasalnya, setting spray jenis ini tidak hanya akan mencegah makeup luntur selama berjam-jam melainkan juga mampu membantu mengontrol minyak pada wajah.

Demikian 5 tips makeup awet dan tidak mudah luntur di Hari Kemerdekaan Indonesia. Apapun jenis kulit Anda, selalu ingat untuk mengaplikasikan produk secara tipis guna mencegah makeup terlihat cakey dan kurang flawless.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News