HOME, Keluarga

5 Tips Kesehatan untuk Melindungi Bayi Anda Selama Musim Hujan

5 Tips Kesehatan untuk Melindungi Bayi Anda Selama Musim Hujan

MOMSMONEY.ID - Meskipun membawa berkah, hujan juga bisa membawa risiko infeksi, menciptakan kelembaban berlebih, dan mendatangkan serangan nyamuk yang berbahaya terutama bagi bayi.

Demam berdarah, malaria, infeksi, dan penyakit yang ditularkan melalui air menjadi hal yang lazim saat musim hujan tiba. Oleh sebab itu, perawatan khusus sangat perlu orang tua lakukan untuk melindungi bayi mereka dari berbagai penyakit selama musim hujan berlangsung.

Menurut dokter kandungan di Aurangabad sebagaimana dilansir dari Endoworld Hospital, inilah 5 tips kesehatan yang bisa Anda praktikkan untuk melindungi bayi Anda selama musim hujan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Jamur pada Kulit Kucing

1. Jaga bayi Anda tetap kering dan bersih

Saat kelembaban menyelimuti dan bayi menjadi lebih mudah berkeringat, sangat disarankan bagi Anda untuk lebih sering mengelap bayi Anda dengan kain bersih supaya kulitnya tetap kering. Jangan lupa juga untuk memandikan bayi Anda setiap hari setidaknya 1-2 kali dalam sehari. Selalu ingat untuk memberikan perhatian lebih pada bagian tubuh bayi seperti ketiak, leher, kemaluan, dan area lipatan lainnya karena bagian-bagian ini dapat memerangkap kelembaban dan lebih rentan terhadap infeksi maupun ruam.

Selama musim hujan, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan disinfektan ringan atau sabun dan cairan antiseptik untuk membantu membunuh kuman pada saat bayi Anda mandi. Pastikan kuku bayi Anda dipotong secara teratur dan perhatikan juga kebersihan Anda selama merawat bayi Anda. Anda atau pengasuh harus menjaga diri supaya tetap kering dan bersih guna menghindari pemindahan kuman pada bayi.

2. Berikan bayi Anda pakaian yang nyaman

Dengan adanya fluktuasi iklim dari sangat panas ke lembab hingga dingin, maka membalut bayi Anda secara memadai dan nyaman menjadi hal yang sangat penting untuk diterapkan. Saat musim penghujan tiba, usahakan untuk memakaikan bayi Anda pakaian katun yang longgar, kering, nyaman, dan sebaiknya berlengan penuh. Pakaian semacam ini akan melindungi bayi Anda dari kedinginan.

Dikarenakan mungkin ada perubahan suhu yang signifikan di musim hujan, maka Anda bisa menutupi tubuh bayi Anda dengan menggunakan selimut katun atau jaket jika memang diperlukan.

3. Jaga kebersihan air dan makanan

Air akan mudah terkontaminasi selama musim hujan. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati saat menggunakan air untuk bayi Anda. Sebaiknya, saring dan rebus terlebih dahulu air yang akan digunakan untuk keperluan bayi Anda.

Rebus air hingga mendidih lalu dinginkan untuk digunakan minum atau membuat susu formula. Oh iya Moms, apabila Anda memberikan ASI eksklusif kepada bayi Anda, Anda tidak perlu memberikan si kecil tambahan air meskipun ia berkeringat. Untuk menjaganya tetap terhidrasi, cukup susui bayi Anda dengan ASI sesering yang ia minta.

Selain itu, selalu ingat untuk memberikan bayi Anda makanan yang bersih dan segar tidak hanya pada musim hujan namun juga sepanjang musim ya. Jaga makanan bayi Anda agar tetap tertutup dan cuci bersih terlebih dahulu semua bahan makanan yang akan diolah menjadi makanan bayi. Ingat-ingat bahwa kelembaban akan merusak makanan dengan lebih cepat, jadi periksa seluruh makanan yang ada sebelum diberikan kepada bayi Anda dan usahakan untuk memberikan bayi Anda makanan yang baru dibuat saja.

4. Ciptakan perlindungan terhadap virus, pilek, dan flu

ASI serta makanan yang sehat dan seimbang adalah kunci untuk menjaga sistem kekebalan bayi supaya tetap kuat dan bisa melawan infeksi maupun penyakit. Selain itu, pastikan Anda tidak membawa bayi Anda ke tempat yang ramai guna mencegah ia tertular kuman dan infeksi dari orang lain. Anda juga harus rajin mencuci kedua tangan bayi Anda serta tangan Anda sendiri untuk menciptakan perlindungan ekstra.

Yang terpenting, jauhkan bayi Anda dari orang-orang yang menderita infeksi virus, pilek, dan flu. Berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk mendapatkan vaksin flu jika memang diperlukan.

5. Lindungi bayi Anda dari serangga

Bayi harus mengenakan pakaian berlengan penuh agar kulitnya tetap tertutup dan bisa terhindar dari gigitan serangga atau nyamuk. Apabila benar-benar dibutuhkan, Anda bisa menyemprot kamar bayi Anda dengan obat nyamuk dan mengoleskan krim pengusir nyamuk pada tubuh bayi Anda.

Terakhir, jangan lupa untuk menutupi tempat tidur bayi Anda dengan kelambu saat ia tidur ya Moms.

Saat diterapkan dengan baik, kelima tips di atas akan sangat bermanfaat untuk membantu bayi Anda tetap dapat menikmati musim hujan dengan aman, nyaman, menyenangkan, dan tentunya terlindungi dari berbagai penyakit umum yang dapat menyerangnya dengan mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News