HOME, Keluarga

5 Tips Kecantikan ala Ayurveda yang Bagus untuk Tubuh dan Kulit, Yuk Coba!

5 Tips Kecantikan ala Ayurveda yang Bagus untuk Tubuh dan Kulit, Yuk Coba!

MOMSMONEY.ID - Ayurveda adalah salah satu sistem pengobatan tertua di dunia yang berasal dari India dan sudah ada sejak 5.000 tahun yang lalu.

Berakar dari keyakinan bahwa kesehatan yang baik berasal dari keseimbangan antara pikiran, tubuh, dan jiwa, tradisi ayurveda memperkirakan bahwa penyakit, ketidaknyamanan, dan masalah kesehatan memiliki keterkaitan dengan ketidakseimbangan dosha. Nah, guna memastikan bahwa dosha Anda seimbang, maka ayurveda merekomendasikan Anda untuk melakukan perubahan gaya hidup, diet, mengonsumsi herbal, dan melakukan pembersihan.

Untuk solusi sederhananya, inilah 5 tips ayurveda yang bisa Anda praktikkan dalam hidup demi menyeimbangkan dosha sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh dan kecantikan kulit sebagaimana dilansir dari Beautylish.

Baca Juga: Kenali 4 Kandungan Skincare yang Ampuh Menghilangkan Masalah Jerawat

1. Lakukan detoks

Ada dua ritual detoks harian ala ayurveda yang bisa Anda coba, yaitu minum segelas air lemon hangat di pagi hari saat perut masih kosong dan melakukan oil pulling. Oil pulling sendiri merupakan prosedur ayurveda yang melibatkan pembersihan mulut dengan cara berkumur menggunakan minyak kelapa murni atau minyak wijen.

Bermanfaat untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh, menghilangkan bau mulut, dan memutihkan gigi secara alami, lakukanlah ritual detoks oil puilling dengan berkumur selama sekitar 20 menit menggunakan 10ml minyak kelapa atau minyak wijen. Setelah selesai berkumur, pastikan Anda membilas mulut Anda dengan baik menggunakan air hangat ya Moms.

2. Ciptakan tidur yang berkualitas

Ayurveda sangat merekomendasikan Anda untuk tidur tepat pukul 10 malam dan bangun pada saat matahari terbit. Jika Anda kesulitan untuk tidur tepat waktu, cobalah untuk meminum secangkir susu panas yang dicampur dengan madu, kunyit, dan bubuk pistachio sebelum tidur. Apabila Anda tidak bisa mengonsumsi susu, maka teh chamomile dapat dijadikan sebagai alternatif untuk membantu Anda tidur dengan mudah.

Untuk semakin memudahkan tidur Anda, jangan lupa juga untuk memijat telapak kaki Anda dengan minyak wijen.

3. Lakukan diet dengan tepat

Dalam ayurveda, diet dan olahraga sangatlah penting untuk menumbuhkan keseimbangan. Diet paling sehat yang dapat Anda terapkan yaitu diet yang sesuai dengan dosha utama Anda.

Mengutip Yogapedia, dosha mengacu pada humor tubuh atau pusat bio-energi dalam pengobatan ayurveda. Dosha terbagi atas vata, pitta, dan kapha yang diyakini beredar dalam tubuh dan mengatur karakteristik fisik, mental, serta emosional.

Selain menyelaraskan diet dengan dosha, Anda juga bisa mencoba diet lain misalnya dengan mengonsumsi adas panggang yang dicampur dengan biji ketumbar dan sedikit garam. Hidangan ini bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan dan metabolisme. Atau, minumlah air rebusan jelai dan teh ketumbar untuk membantu mengurangi berat badan serta meredakan kembung.

4. Lakukan perawatan ayurveda secara topikal

Selain melakukan perawatan ayurveda dari dalam, Anda juga patut mencoba perawatan ayurveda secara topikal dengan memanfaatkan lidah buaya atau minyak kunyit. Jika Anda menginginkan kulit yang bercahaya secara instan, Anda dapat mencoba masker wajah yang terbuat dari campuran bubuk cendana, almond parut yang sudah direndam semalaman, serta madu.

Untuk membantu mengatasi jerawat, cobalah masker wajah yang terbuat dari fuller’s earth, madu, dan kunyit. Apabila Anda bermasalah dengan kulit yang bernoda, oleskanlah kulit Anda dengan campuran minyak pohon teh (tea tree oil), minyak cengkeh, dan minyak lemon (lemon essential oil) yang telah diencerkan dengan minyak biji anggur (grapeseed oil).

5. Pijat dan mandi herbal

Pijat dan mandi herbal akan menjaga kulit tetap dalam kondisi prima tatkala saraf mengendur. Anda dapat menambahkan 10-12 tetes essential oil favorit Anda ke dalam bak mandi untuk membuat ritual mandi Anda menjadi lebih menenangkan. Atau, gunakanlah rempah segar yang sudah dibungkus dengan tas muslin.

Selama ritual mandi berlangsung, pijat-pijat juga tubuh Anda menggunakan minyak yang tepat. Supaya kulit Anda menjadi lebih bercahaya, pijatlah dari bawah ke arah jantung guna membantu meningkatkan sirkulasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News