Keluarga

5 Tips Diet untuk Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap, Kurangi Makanan Pedas!

5 Tips Diet untuk Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap, Kurangi Makanan Pedas!

MOMSMONEY.ID - Patut Anda coba, ini 5 tips diet untuk menghilangkan bau badan tidak sedap.

Bau badan tidak sedap merupakan permasalahan bagi banyak orang. Apakah Anda juga mengalaminya, Moms?

Selain mandi secara teratur, diet yang tepat juga dapat membantu meningkatkan aroma tubuh sekaligus mengurangi bau badan tidak sedap lho.

Baca sampai akhir, berikut 5 tips diet untuk menghilangkan bau badan tidak sedap sebagaimana dilansir dari BeautyHub.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Mengatasi Mabuk Perjalanan Jauh Saat Mudik Lebaran

1. Kurangi makanan pedas

Tips diet untuk menghilangkan bau badan tidak sedap yang pertama yaitu mengurangi makanan pedas.

Mengonsumsi makanan pedas bisa menyebabkan bau badan. Rempah-rempah seperti cabai memiliki senyawa kimia capsaicin yang memicu saraf untuk membuat tubuh terasa lebih hangat dan menghasilkan lebih banyak keringat.

Semakin banyak keringat yang dihasilkan, maka semakin tinggi pula risiko timbulnya bau badan tidak sedap yang terjadi ketika keringat bersentuhan dengan bakteri di kulit.

2. Kurangi konsumsi daging

Tips diet untuk menghilangkan bau badan tidak sedap yang kedua yaitu mengurangi konsumsi daging.

Pola makan yang tepat untuk meminimalkan bau badan mencakup lebih banyak buah dan sayuran serta lebih sedikit daging. Sebuah jurnal oleh Oxford Academic mengungkapkan bahwa pria yang melakukan diet non-daging cenderung memiliki bau keringat yang lebih sedikit dibandingkan pria yang melakukan diet daging.

Para peneliti meyakini bahwa asam lemak pada daging dapat menyebabkan bau badan jika dikeluarkan melalui pori-pori.

3. Hindari alkohol

Tips diet untuk menghilangkan bau badan tidak sedap yang ketiga yaitu menghindari alkohol.

Aroma tubuh Anda di pagi hari setelah minum alkohol semalaman bukanlah hal yang baik. Dan, hal ini dapat bertahan lama jika Anda tidak mengurangi asupan alkohol.

Saat Anda minum tequila, tubuh Anda akan memetabolismenya menjadi asam asetat (zat pedas yang biasa ditemukan dalam cuka). Jadi, jika Anda sering minum alkohol, itu bisa meningkatkan konsentrasi asam asetat dalam keringat Anda, sehingga menghasilkan aroma seperti cuka yang kuat dan memperburuk bau badan.

Baca Juga: Skincare Enggak Ngefek? Ini 4 Tanda Harus Ganti Produk Skincare

4. Minum air putih dengan cukup

Tips diet untuk menghilangkan bau badan tidak sedap yang keempat yaitu minum air putih dengan cukup.

Bukan rahasia lagi kalau air putih baik untuk tubuh. Saat dehidrasi, tubuh Anda tidak dapat mengeluarkan racun melalui keringat, sehingga membuatnya terjebak di dalam. Adapun penumpukan ini bisa menimbulkan bau tidak sedap, terutama di area ketiak dan selangkangan.

Beberapa tanda dehidrasi antara lain buang air kecil berwarna gelap, pusing, dan kelelahan. Untuk mencegah dehidrasi, pastikan Anda minum air putih dengan cukup setiap hari. Selain minum air putih, Anda juga bisa mengonsumsi teh bebas kafein seperti teh chamomile dan teh peppermint serta mengonsumsi makanan tinggi air seperti mentimun, semangka, apel, persik, selada, dan seledri.

5. Perbanyak makan buah jeruk

Tips diet untuk menghilangkan bau badan tidak sedap yang kelima yaitu memperbanyak makan buah jeruk.

Buah jeruk tidak hanya mampu meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi juga sempurna untuk menghilangkan bau badan tidak sedap. Buah jeruk seperti jeruk, grapefruit, dan lemon mengandung asam sitrat yang membantu mengeluarkan racun penyebab bau badan tidak sedap.

Jika Anda terlalu kenyang untuk makan buah jeruk dalam kondisi utuh, Anda bisa memasukkan irisan lemon ke dalam air lalu meminumnya untuk mendapatkan manfaat yang sama.

Demikian 5 tips diet untuk menghilangkan bau badan tidak sedap yang patut Anda coba. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News