HOME, Keluarga

5 Tips Dekorasi Kamar Kost yang Nyaman dan Estetik

5 Tips Dekorasi Kamar Kost yang Nyaman dan Estetik

MOMSMONEY.ID - Keberadaan kamar kost sudah menjadi rumah kedua bagi para perantau seperti mahasiswa dan pekerja.

Tak hanya digunakan untuk beristirahat atau bersantai, kamar kost juga kerap digunakan sebagai tempat belajar atau bekerja. Apalagi, di masa pandemi seperti sekarang, para mahasiswa atau pekerja perantau cenderung lebih sering menghabiskan waktunya di dalam kamar kost. Jadi, kenyamanan kamar kost tentu menjadi suatu keharusan.

Nah, untuk mendapatkan kenyamanan tersebut, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan dekorasi. Selain memberi suasana berbeda di kamar, mendekorasi kamar kost juga dapat menjadi kegiatan yang membantu mengusir kejenuhan.

Dalam mendekorasi kamar kost, ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan supaya dekorasi yang dipasang dapat melengkapi penampilan kamar kost. Dirangkum dari College Raptor dan Cappex, berikut tips mendekorasi kamar kost yang nyaman.

Baca Juga: Membersihkan dan Mendisinfeksi Tidak Sama, Ini Dia Perbedaannya

Tentukan tema dan warna

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan tema dekorasi kamar kost. Ada banyak sekali tema dekorasi yang bisa Anda pilih, mulai dari gaya retro, minimalis, hingga ala Korea. Menentukan tema akan membantu Anda menentukan apa saja barang-barang yang diperlukan untuk menghadirkan tema tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menentukan palet warna yang akan digunakan pada kamar kost. Sesuaikan warna dengan tema kamar yang Anda pilih. Misalnya, jika Anda suka gaya Korea, pilihlah warna-warna pastel. Jika suka gaya retro, pilihlah warna bold.

Fokus pada tekstil

Barang-barang yang berhubungan dengan tekstil seperti sprei, selimut, karpet, dan tirai kamar akan menjadi hal yang mendominasi penampilan kamar kost, jadi Anda dapat menggunakan area-area tersebut untuk menonjolkan tema kamar.

Anda bisa memilih sprei, selimut, dan karpet dengan warna atau pola yang simpel untuk memberi kesan minimalis. Atau, coba sesuatu yang berbeda dengan menggunakan pola meriah dan warna bold untuk kesan ceria.

Tata agar nyaman dan mengundang

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kamar kost tidak hanya berfungsi sebagai tempat beristirahat, namun juga sebagai tempat bersantai. Oleh karena itu, Anda dapat menata kamar kost sesuai dengan kebutuhan Anda saat bersantai.

Misalnya, jika Anda suka bersantai sambil membaca buku atau menonton film, tambahkan area duduk yang nyaman dengan karpet dan bantal duduk. Intinya, tatalah kamar kost Anda agar nyaman dan memberi kesan inviting sehingga Anda betah berlama-lama di kamar.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Warna Cat Kamar yang Menenangkan, Tidur Makin Rileks!

Perhatikan area untuk belajar atau bekerja

Kamar kost juga kerap digunakan sebagai tempat untuk belajar atau bekerja, sehingga Anda perlu memperhatikan tatanan area yang digunakan untuk belajar dan bekerja.

Jika kamar kost Anda dilengkapi dengan meja, pastikan permukaan meja tetap rapi dan terhindar dari tumpukan barang-barang tidak penting supaya produktivitas Anda tidak terganggu. Meja lipat yang ditempatkan di area kamar kost yang rapi juga dapat menjadi alternatif yang baik. Tambahkan tempat penyimpanan dan pencahayaan yang dapat mendukung kegiatan belajar atau bekerja di meja.

Jangan lupakan pernak-pernik lainnya

Sebagai sentuhan akhir, jangan lupa untuk menambahkan pernak-pernik lainnya yang dapat melengkapi penampilan kamar kost Anda.

Misalnya, Anda dapat menambahkan dekorasi dinding seperti stiker dinding dan wall art, jika diizinkan oleh pemilik kost. Atau, tambahkan pernak-pernik tempat tidur seperti bantal cushion yang unik. Anda juga dapat menambahkan pencahayaan seperti string lights atau lampu Tumblr yang membuat kamar kost makin estetik.

Itulah 5 tips yang bisa Anda terapkan untuk mendekorasi kamar kost yang nyaman dan estetik. Selamat mempraktikkan!

Selanjutnya: Inspirasi Tempat Tidur Besi untuk Kamar Tidur Bergaya Minimalis Hingga Vintage

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News