Keluarga

5 Tips Cepat Belajar Bahasa Korea, Dengarkan K-Pop atau Drakor

5 Tips Cepat Belajar Bahasa Korea, Dengarkan K-Pop atau Drakor

MOMSMONEY.ID - Simak tips cepat belajar bahasa Korea tanpa hambatan. Mewabahnya K-Pop dan drakor membuat sebagian masyarakat Indonesia memutuskan untuk belajar bahasa Korea.

Alasannya cukup simpel, agar mereka merasa dekat dan tak ada jarak bersama idol kesukaannya.

Dilansir dari EF dan Optilingo, berikut tips cepat belajar bahasa Korea agar lebih mengerti apa yang diucapkan artis K-pop kesukaan Anda tanpa perlu terjemahan.

Pelajari hangul

Tips belajar bahasa Korea secara cepat bisa diawali dengan mempelajari hangul atau alfabet Korea.

Hangul adalah alfabet dari Asia yang sangat mudah dipelajari jika dibandingkan dengan negara Asia lainnya seperti China dan Jepang, yang alfabetnya terbilang rumit.

Pelajari hangul mulai dari huruf vokalnya hingga huruf konsonan. Saat mempelajari huruf-huruf hangul, pelajari juga cara baca dan tulisnya secara langsung agar tak bingung.

Baca Juga: 8 Panduan Istilah Umum Makanan Korea yang Harus Anda Ketahui

Dengarkan lagu-lagu K-Pop

BTS

Gelombang musik K-Pop yang semakin mewabah di dunia dapat memudahkan Anda belajar bahasa Korea secara cepat.

Ada begitu banyak artis K-Pop yang menyuguhkan musik yang easy listening, mulai dari BTS, Blackpink, Red Velvet, dsb. Dari lagu-lagu tersebut, Anda tak hanya bisa menghafalkan nadanya saja, tapi juga bisa mempelajari beberapa macam kosakata dari lagu tersebut.

Lagu-lagu K-Pop juga terkadang menyelipkan beberapa kata slang yang dapat membuat Anda semakin terlihat gaul saat belajar bahasa Korea.

Baca Juga: 4 Perbedaan Gochujang dan Gochugaru, Bumbu Pedas yang Hadir di Setiap Masakan Korea

Tiru intonasi pengucapan dari drakor

Drakor The Golden Spoon

Drama Korea jadi salah satu tontonan wajib bagi K-popers yang ingin belajar bahasa Korea secara cepat tanpa hambatan.

Dari drama Korea, Anda bisa mendapatkan beberapa kosakata yang bisa dicatat dan pelajari beserta intonasinya. Dengan meniru pengucapan & intonasi dapat memudahkan belajar bahasa Korea.

Tapi perlu diingat, saat menonton drakor, jangan hanya berfokus pada jalan ceritanya saja. Anda juga harus berusaha untuk mendengarkan secara saksama sebagai salah satu cara belajar bahasa Korea dengan teknik listening.

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Teh Asli Indonesia yang Tak Ada di Negara Lain

Pakai prinsip pareto

Prinsip pareto dapat memudahkan Anda belajar bahasa Korea secara cepat. Caranya, cukup hanya berfokus pada 20% kata yang frekuensi pengulangannya tinggi.

Misalnya, jika Anda menguasai kata, frasa, dan ungkapan yang umum dan sering digunakan oleh orang Korea, maka akan lebih cepat fasih berbahasa Korea.

Pelajari hal tersebut karena 20% kata-kata umum ini dapat membentuk 80% ucapan sehari-hari sehingga memudahkan Anda berkomunikasi dalam bahasa Korea.

Baca Juga: 5 Perbedaan Istilah Yakiniku dan Teriyaki Pada Makanan Jepang

Praktik berbicara bersama native

Tingkat tertinggi belajar bahasa Korea adalah dengan praktik berbicara bersama orang Korea asli.

Jika punya tabungan, Anda bisa pergi ke luar negeri dan mempelajari bahasa, budaya, sejarah serta berbagi pengalaman bersama penduduk setempat. Anda akan semakin dihargai jika berbicara dan mempraktikkan apa yang sudah dipelajari kepada penduduk asli Korea.

Namun Anda juga tetap bisa belajar bahasa Korea dengan mempraktikkannya secara gratis bersama teman Koreamu yang bisa ditemui lewat online.

Itu dia beberapa tips cepat belajar bahasa Korea. Semoga tips-tips tersebut bisa membantumu lebih cepat belajar bahasa Korea, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News