HOME, BisnisYuk

5 Tips Brand Usaha Bersaing di Pasar Digital

5 Tips Brand Usaha Bersaing di Pasar Digital

MOMSMONEY.ID - Di era seperti sekarang, jika Anda menjalankan sebuah bisnis namun tidak memiliki rekam digital, kemungkinan besar Anda kurang beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Memanfaatkan media sosial, pemasaran digital, dan e-commerce menawarkan peluang besar kepada pelaku bisnis di berbagai skala dan industri untuk memasarkan brand dan produk dengan mudah serta menjangkau dan memperluas cakupan pasar mereka.

Zilingo Indonesia sebagai platform B2B dengan solusi bisnis satu atapnya memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha untuk dapat mengembangkan usaha mereka, salah satunya melalui layanan pemasaran sehingga brand Anda tetap relevan dengan perkembangan zaman.

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat dari kehadiran brand secara virtual sehingga tak heran lagi mengapa para pelaku usaha berbondong-bondong melakukan promosi melalui media digital dengan menggunakan berbagai platform, termasuk e-commerce untuk mengembangkan merek usaha mereka.

Baca Juga: Banyak Diidamkan Orang, Ternyata Ini Kerugian Tinggal di Rumah Besar

Namun, banyaknya jumlah merek yang tengah bersaing untuk mendapatkan perhatian konsumen juga semakin meningkat sehingga persaingan penjualan menjadi semakin ketat dan susah.

Tut Wuri Handayani, Head of Services Zilingo mengatakan, di era yang serba modern ini, rekam digital menjadi sangat penting bagi keberlangsungan dan masa depan sebuah usaha. Kehadiran media sosial, pemasaran digital, dan e-commerce memberikan peluang besar dan wadah bagi para pemain bisnis untuk memperkenalkan dan mengembangkan usaha mereka.

Tut Wuri pun membeberkan beberapa tips jitu bagi pelaku usaha seperti Anda untuk dapat meningkatkan performa penjualan dan membangun strategi digital yang tepat,

Baca Juga: Simpel dan Minimalis, Ini Tips Dekorasi Rumah untuk Zodiak Virgo

1. Pentingnya kesan pertama

Dibutuhkan waktu kurang dari 50 milidetik bagi pelanggan untuk memutuskan apakah mereka menyukai halaman e-commerce Anda. Komunikasi yang menarik secara visual sangat penting karena 80% pelanggan akan mengingat apa yang mereka lihat, serta 20% di antaranya tidak pernah lupa apa yang mereka temukan di situs web.

Foto produk yang berkualitas tinggi, konten yang relevan, dan desain situs web yang bagus dan user-friendly menjadi perpaduan elemen yang sempurna untuk membangun sebuah toko e-commerce yang menarik di tahun 2022.

Baca Juga: Vaksin Merah Putih Mulai Masuk Tahap Uji Klinis Pertama

2. Target audiens yang tepat dengan rekomendasi yang sesuai

Jika Anda ingin memberikan pengalaman belanja yang baik dan lebih personal, maka pemberian rekomendasi produk yang relevan merupakan strategi yang tepat. Faktanya, 53% pelanggan suka melihat rekomendasi produk di situs web yang umumnya serupa dengan riwayat penelusuran mereka.

Jadi, sangat penting untuk memasukan daftar produk yang juga disesuaikan dengan target promosi Anda.

3. Bangunlah narasi yang tepat

Sebuah bisnis bukan hanya sekadar tentang produk dan layanan.  Anda harus memiliki kekuatan untuk menceritakan nilai-nilai yang dibawa oleh sebuah brand untuk dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan yang sesuai dengan target pasar Anda.

Pastikan konten yang dibagikan konsisten dengan pesan dan nilai yang dimiliki brand Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui pembuatan konten yang relevan seperti artikel blog dan video yang melibatkan audiens Anda secara langsung agar memberikan dampak yang lebih besar untuk perkembangan brand dan penjualan Anda.

Baca Juga: 4 Manfaat Masker Oatmeal untuk Perawatan Kulit Wajah, Cobain Yuk!

4. Manfaatkan pemasaran kreatif dan influencer

Setiap merek memiliki keunikan tersendiri, begitu juga dengan strategi pemasaran yang akan digunakan. Terus amati perkembangan platform serta media terbaru yang dapat digunakan untuk membangun strategi konten yang kuat dan kreatif.

Anda dapat meningkatkan performa strategi pemasaran Anda dengan melibatkan jaringan influencer yang relevan dengan brand Anda. Contohnya Poppy Theodorin, sebuah brand fashion di Indonesia yang memanfaatkan layanan manajemen media sosial bersama Zilingo dengan memperbaiki kualitas konten sosial media untuk dapat meningkatkan jumlah pengikut mereka.

Sebagai hasilnya, konten media sosial mereka mengalami peningkatan 145% dalam jumlah pengikut dan impression yang juga ikut meningkat hingga 27%.

Baca Juga: Inilah 3 Bahan Alami untuk Meredakan Jerawat Meradang, Coba Yuk!

5. Integrasikan bisnis Anda dengan sebuah tujuan

Brand yang modern tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan para konsumen, tetapi juga memberikan pengaruh dan dampak positif di lingkungan atau masyarakat sekitar.

Studi menunjukkan bahwa 87% pelanggan bersedia membeli produk dari brand yang mendukung tujuan & masalah sosial yang mereka pedulikan. Anda juga dapat memperkuat bisnis Anda dengan mendukung suatu tujuan sosial dan memenangkan banyak hati calon pelanggan Anda.

Inisiatif penggunaan bahan ramah lingkungan, kesadaran kesehatan, dukungan terhadap suatu LSM, keikutsertaan dalam perubahan sosial adalah beberapa strategi yang dapat Anda angkat untuk mengumpulkan banyak simpati dan perhatian demi pertumbuhan bisnis Anda di masa depan.

“Membenahi kualitas konten dalam saluran digital serta menyusun strategi komunikasi dan pemasaran yang tepat adalah proses yang krusial. Pastikan Anda menginvestasikan sumber daya yang cukup di dalamnya," tutup Tut Wuri Handayani.

Baca Juga: Cara Transfer Paket Data Tri, Bisa Kirim Kuota ke Orang Terdekat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News